Ide dan Tips Sukses Jualan Makanan Online

Advertisement

Ide dan tips sukses jualan makanan online. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membuka usaha online, sebaiknya memilih usaha dengan produk yang memiliki demand atau permintaan yang tinggi.

Salah satu produk tersebut adalah makanan, baik makanan berat, makanan beku atau frozen food, hingga makanan ringan.

Makanan pasti akan laku setiap saat, karena setiap orang membutuhkan makanan baik untuk dijadikan santapan sehari-hari di rumah ataupun dijadikan camilan saja.

Agar kualitas makanan tetap terjamin hingga tiba di tangan konsumen, Anda perlu memilih jasa ekspedisi terbaik, salah satunya adalah JNT.

Anda bisa cek tarif JNT untuk memilih layanan yang sesuai. Cek ongkir JNT bisa dilakukan dengan mudah, kok.

Advertisement

Berikut ini 5 tips sukses berjualan makanan secara online.

Bagaimana Cara Jualan Makanan Online?

Foto Produk Sebaik Mungkin

Karena pelanggan hanya dapat melihat dan menilai produk Anda secara online, jangan lupa untuk membuat foto usaha makanan Anda sebaik dan seunik mungkin.

Tampilan foto yang menggugah selera tentu saja dapat meningkatkan keinginan pelanggan untuk membeli produk Anda.

Tidak perlu menggunakan kamera mahal, Anda bisa menggunakan kamera smartphone Anda dan memilih latar yang polos dengan warna netral, misal warna putih.

Letakkan produk makanan di tengah frame dan lengkapi dengan hiasan seperti sendok ataupun bahan dari makanan itu sendiri.

Promosi di Sosial Media

Sosial media merupakan platform terbaik untuk melakukan promosi usaha makanan Anda.

Selain dapat dilakukan secara gratis, melalui sosial media Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan karena memanfaatkan sistem online.

Buatlah nama akun sosial media Anda semenarik mungkin.

Namun, jangan memilih username yang rumit, karena pelanggan bisa saja lupa atau tidak bisa mencari Anda di media sosial.

Pilih Kemasan Menarik

Mengemas produk makanan Anda perlu dilakukan dengan baik, agar memberikan kesan higienis dan juga rapi saat produk sudah sampai di tangan pelanggan.

Pilih kemasan dengan bahan terbaik dan premium agar dapat menaikkan nilai jual usaha Anda.

Kemas produk Anda secara rapi dan higienis, serta pilih desain kemasan yang sesuai dengan ciri khas toko Anda.

Bisa dengan warna tersendiri ataupun gambar yang menggambarkan toko atau produk Anda.

Berikan Promo

Siapa yang tidak suka promo? Agar produk Anda lebih menarik untuk pelanggan, tidak ada salahnya memberikan promo seperti promo buy 1 get 1 untuk pelanggan yang pertama kali membeli produk Anda.

Selain itu, promo lain seperti cashback juga dapat menjadi pilihan yang menarik agar pelanggan dapat membeli produk Anda.

Promo berupa potongan harga juga dapat Anda pilih, mengingat aplikasinya yang mudah serta memiliki daya tarik yang cukup besar untuk pelanggan.

Berikan Layanan Terbaik

Saat pelanggan sudah mulai tertarik mengunjungi atau bahkan membeli produk Anda, jangan lupa untuk memberikan layanan terbaik untuk pelanggan Anda.

Melayani pelanggan dengan ramah dan sabar perlu Anda lakukan, agar pelanggan merasa diterima dan dibimbing saat membeli produk Anda.

Walaupun berjualan secara online, membalas chat dengan sopan dan cepat adalah trik sukses yang perlu Anda lakukan.

Stand by melayani pelanggan selama 24 jam juga bisa menjadi opsi agar pelanggan merasa toko Anda siap melayani mereka kapanpun dan dimanapun.

Selain itu, memilih jasa ekspedisi terbaik seperti JNT juga dapat Anda lakukan agar produk Anda tetap berkualitas dan lezat hingga ke tangan pelanggan.

Anda dapat menggunakan platform BukaSend dari Bukalapak yang memiliki fitur cek ongkir ke seluruh daerah di Indonesia.

Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan ongkos kirim dan membuat pelanggan tidak perlu ragu lagi untuk berbelanja makanan di tempat Anda.

Perhatikan Stok

Ingat, produk Anda adalah makanan. Makanan memiliki tanggal kadaluarsa atau expired tergantung dengan bahan-bahan serta cara penyimpanan.

Jika Anda menjual produk frozen food, perhatikan cara menyimpan produk, seperti memilih freezer yang berkualitas agar mutu produk tetap terjaga.

Sedangkan jika Anda menjual produk makanan ringan, perhatikan tanggal expired atau jika perlu tanyakan ke pihak distributor untuk mengetahui kapan makanan akan kadaluarsa.

Tentu Anda tidak ingin mendapatkan penilaian buruk jika tidak sengaja memberikan makanan dengan kualitas yang tidak baik kepada pelanggan.

Nah, itu dia beberapa tips sukses untuk membuka dan menjalankan usaha makanan online.

Selalu berikan layanan terbaik seperti membalas chat pelanggan dengan cepat dan memilih ekspedisi yang terbaik agar kualitas makanan bisa terjaga.

Jangan lupa, gunakan platform BukaSend karena terdapat fitur cek ongkir ke seluruh wilayah  di Indonesia.

Dengan begitu, Anda dapat memberikan harga terbaik dan membuat pelanggan merasa senang.

Tidak hanya  itu, nikmati  juga promo 1 Rupiah saja untuk pengiriman pertama. Yuk, gunakan BukaSend dari BukaLapak!

Show More
Advertisement