Hasil Kualifikasi MotoGP Doha 2021

Reportasee.com – MotoGP termasuk dari salah satu olahraga yang banyak diminati oleh banyak orang. Melewati masa pandemi covid-19, pertandingan motoGP akan segera kembali hadir menjawab minat dari setiap orang.

Pada Minggu 4 April 2021 kemarin sesi kualifikasi motoGP berlangsung dini hari. Seperti biasa, pada babak pertama ini terdapat dua belas pembalap mengikuti sesi kualifikasi. Pada babak ini hanya dua pembalap tercepat yang akan lolos menuju babak berikutnya.

Jorge Martin Raih Pole Position di MotoGP Doha 2021

Pada urutan pertama jatuh pada pembalap asal spanyol, Jorge Martin. Jorge Martin mencatat waktu tercepat 1 menit 53,106 detik. Hasil dari kualifikasi ini jelas memposisikan Jorge pada start terdepan pada MotoGP Doha 2021 nanti.

Jorge menjadi pertama kali memasuki tingkat MotoGP setelah pada musim lalu masih bertarung di ajang Moto2. Meskipun demikian, Pramac Racing tidak ada keyakinan memenangkan kualifikasi ini. Namun inilah hasil yang mereka dapatkan dari optimis mereka.

Pembalap asal Spanyol tersebut senang namun dia tidak mau terbuai, karena pertandingan belum selesai. Pada urutan kedua tercatat Johann Zarco, yang menyusul dibelakang Jorge Martin. Kecepatan Johann tercatat selisih 0,1 57 detik menyusul Jorge.

Peluang kemenangan yang dia dapat, Jorge Martin justru terlihat pesimis. Bahkan Jorge tidak menargetkan kemenangan podium pada MotoGp 2021 Doha nanti. Ia hanya berharap untuk dapat menyelesaikan belapan dan berakhir finish.

Hal itu karena terpengaruh dari hasil balapan MotoGp Qatar pekan lalu. Pada balapan itu, ia mengalamami sedikit problem yang memposisikan ia pada urutan ke 14. Dan berakhir pada akhir atau finish balapan ia menempati pada urutan 15.

“saya tidak tahu bagaimana saya dapat menjelaskan perasaan saya”, kata Martin. “awalnya saya berada dibelakang Joan, dan kepercayaan diri saya meningkat bahwa saya bisa mengejarnya. Jadi saya berkata, oke saya butuh motor yang lebih cepat”.

Johann Zarco top speed tembus 362,4km/jam

Sedangkan pada urutan kedua Johann Zarco dengan selisih 1 menit dengan Jorge. Pada ajalang latihan bebas 4 (FP4) MotoGP Qatar, Sabtu 27/3/2021. Zarco melaju dengan motor Ducati desmosedici dengan kecepatan 362,4 km/jam.

Menariknya usai tembus top speed ini, pembalap tim satelit pramac ducati itu harus mengalami tergelincir, yang membuat ia harus keluar lintasan pada tikungan 1. Namun, beruntung motornya tidak terjatuh dan ia bisa kembali melanjutkan FP4 Plus sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

Zarco akhirnya finish pada posisi kedua pada FP4 Qatar. Ia mencatat lap 1 terbaik 1menit 54,324 detik atau hanya berjarak 0,218 detik dari Maverrick Vinales.

Johann Zarco mengendarai Ducati Desmosedici menandakan memang terbilang spesialis top speed tinggi. Motor dari tim pabrikan asal Itali ini memang mempunyai karakteristik dalam power mesin besar. Hal inilah yang membuat pembalap dari Ducati selalu menjadi terbaik pada sektor lurus.

Valentino Rosi Start Paling Belakang

Sangat jauh berbeda dengan Valentino Rosi. Pembalap legendaris dengan sebutan The Doctor ini tidak asing lagi bagi pecinta MotoGP. Pembalap dari tim Petronas Yamaha SRT ini, akan memulai balapan MotoGP doha 2021 pada start paling belakang. Tepatnya pada posisi ke-21 pada balapan yang akan berlangsung di sirkuit Losail, Doha pada Seni 5 April 2021 dini hari WIB.

Pembalap dengan nomor punggung 46 ini mempunyai catatan buruk saat menjalani sesi kualifikasi. Hal itulah yang menjadi penyebab utama mengapa The Doctor berada pada posisi paling belakang. Tercatat Valentino Rosi hanya mampu memecahkan waktu 1menit 54,881 detik.

Perbedaan atau selisish Valentino Rosi dengan Jorge Martin yang meraih Pole Position hampir 2 detik. Hal itulah yang membuktikan begitu lambatnya Rosi saat melakukan putaran pada sirkuit Losail, Doha itu.

Lantas apa penyebab yang membuat Valentino Rosi begitu lambat?

Ternyata rider asal Italia ini, mengalami benyak kendala dari motor yang ia tunggangi. Namun, pada bagian ini kendala terbesarnya adalah ban yang membuat gangguan terhadap performa Rossi pada kualifikasi MotoGP Doha 2021 ini.

“hari yang sulit karena saya tidak pernah merasa kuat. Saya berusaha meningkatkan keyakinan dengan ban belakang, akan tetapi saya sangat merasa kesulitan. Saya tidak mendapat cengeraman yang kuat saat berakselerasi. Hingga akhirnya setelah beberapa putaran laju saya tidak memuaskan.” Kata Valentino Rosi, Minggu, 4/4/2021.

“Pada belapan kualifikasi saya tidak pempunyai keyakinan yang kuat. Setelah saya menggati ban belakang dengan ban lunak, yang akhirnya saya tidak dapat membuat tekanan lebih kuat. Karena terjadi suatu getaran.” Imbuhnya.

Sepertinya ban memanas dan saya tidak cukup kencang dalam melaju. Namun sebenarnya ban ini sama saja seperti yang digunakan oleh pembalap-pembalap lainnya. Hanya saja saya harus memahami situasinya. Dan kita lihat saja nanti.” Sambung dari rekan tim Petronas Yamaha tersebut.

Prediksi MotoGP Doha 2021

MotoGP Doha 2021 menjadi seri kedua pada musim ini dan kembali di sirkuit Losail, Doha 2021. Berikut prediksi MotoGP Doha 2021 melihat hasil dari kualifikasi kemarin.

Pembalap Ducati dan Yamaha kembali mendominasi pada papan atas kualifikasi MotoGP Doha 2021 ini. Dua pembalap, Jorge Martin dan Johann Zarco yang berasal dari tim satelit menduduki posisi yang berurutan pada start.

Sementara itu, juara dari MotoGP pekan lalu di Qatar, Maverick Vinales menduduki pad posisi ketiga, mengikuti belakang Jorge dan Zarco.

Dua pembalap dari dua tim ini, ducati dan Yamaha kembali mempunyai posisi start terdepan. Dalam sejarah tercatat Ducati dan Yamaha kerap kali memenangi balapan level elite di Sirkuit Losail.

Pada MotoGP 2015 empat dari pembalap Yamaha menjadi juara di MotoGP Qatar melalui Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales. Sedangkan dari tim Ducati dua kali memenangkan lewat Andrea Dovizioso.

Kini dari urutan pertama hingga urutan ke enam kembali di miliki oleh pembalap Yamaha dan Ducati. Dengan empat pembalap dari Ducati dan dua dari pembalap Yamaha.

 Persaingan yang spektakuler akan kembali hadir dari pembalap penunggap Ducati dan Yamaha. Prediksi-prediksi dari setelan pada MotoGP Doha 2021 ini, Miller akan menjadi pemenang. Yang akan pertama melewati garis finish mendahului Zarco serta Vinales.

Maverick Vinales akan memulai balapan dengan peosisi start baris ketiga. Posisi ini terbilang sangat ideal bagi Vinales untuk kembali meraih juara kemenangan MotoGP Doha 2021 ini.

Srategi dari pembalap bernama Maverick Vinales ini tentu membuat banyak orang penasaran. Yaitu mencoba melesat melaju kedepan atau memilih untuk menghemat ban dari awal balapan mulai.

Kebetulan dari itu, sirkuit Losail sangat ideal dengan motor Yamaha dan Vinales akan kembali membuktikan kepiawaiannya untuk memenangkan pada seri ini.

Akan tetapi, sekali lagi ini hanyalah sebuah prediksi. Dimana ketentuan terakhir yaitu tetap pada siapa yang akan melewati garis finish pertama pada akhir balapan MotoGP Doha 2021 ini.