Hari Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD)

Advertisement

Reportasee.com – Masyarakat Indonesia akan segera merayakan peringatan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember mendatang. 22 Desember juga merupakan peringatan Hari Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD).

Seperti lagu yang biasa kita nyanyikan, kasih Ibu memang sepanjang masa.

Semua jasa dan pengorbanannya tidak akan pernah dapat terbalaskan meski dengan seluruh isi dunia.

Namun, selain Hari Ibu yang selalu kita peringati setiap tahun.

Sejarah Hari Korps Wanita Angkatan Darat

Kehadiran kaum hawa dalam dunia militer bukanlah hal yang baru, bahkan sejak zaman Mataram, wanita sudah aktif dan memberikan sumbangsih dalam dunia kemiliteran.

Advertisement

Pun dalam masa revolusi. Wanita kembali hadir melalui gerakan kelaskaran.

Terinspirasi dari besarnya jasa dari para Pahlawan Wanita yang turut serta berjuang menegakkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Kasad Kolonel Dr. Soemarno Sosroatmodjo menggagas penggunaan tenaga militer wanita yang kemudian menjadi cikal bakal dari Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD).

Penggunaan tenaga militer wanita tersebut juga tidak sembarangan.

Para tenaga militer wanita akan mendapatkan penugasan untuk bidang yang membutuhkan ketelitian, kesabaran, ketekunan.

Advertisement

Serta berbagai sifat keibuan yang secara alami ada dalam diri wanita untuk mencapai afiliasi organisasi.

Sempat mendapatkan banyak keraguan, gagasan ini nyatanya berbuah sambutan manis dari dari Ahmad Yani dan Gatot Subroto yang kala itu menjabat sebagai petinggi KSAD.

Terlebih lagi, Soekarno presiden saat itu sangat mendukung adanya emansipasi perempuan dalam segala bidang.

Gagasan ini kemudian terealisasi melalui Surat Keputusan Pangad No. 1056/12/1960 tanggal 21 Desemb3r 1960 sehingga lahirlah Korps Wanita Angkatan Darat yang kini kita kenal.

Jika Korps Wanita Angkatan Darat terbentuk pada tanggal 21 Desember, lalu mengapa kini peringatan Hari KOWAD jatuh pada 22 Desember?

Penetapan tanggal 22 Desember ini, bertepatan dengan Kongres Wanita Pertama yang berlangsung pada 22 Desember 1938 serta bertepatan dengan peringatan Hari Ibu.

Peran Korps Wanita Angkatan Darat

Sebagai bagian dari kekuatan militer Indonesia, KOWAD bersama dengan TNI Angkatan Darat berperan dalam Pertahanan Negara.

Berbeda dengan TNI Angkatan Darat, KOWAD menggunakan keahlian dan keterampilan dalam tugas tertentu bersifat non-tempur sesuai dengan kodrat dan sifat kewanitaan setaraf dengan emansipasi wanita.

Selamat memperingati hari jadi pada KOWAD yang tahun ini genap berusia 61 tahun.

Menjelang peringatan Hari KOWAD tentunya seluruh warga Indonesia berharap KOWAD senantiasa menjadi perempuan kebanggaan negara.

Menjadi prajurit kuat tanpa melupakan hakikat utamanya sebagai wanita.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *