32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaGejala Kurang Darah atau Anemia yang Harus Dikenali

Gejala Kurang Darah atau Anemia yang Harus Dikenali

Kurang darah atau anemia menjadi hal yang sering dialami oleh banyak orang. Mengalami anemia memang bukan hal yang mengenakkan karena dapat menganggu Anda dalam beraktivitas. Anda harus mengenali gejala kurang darah atau anemia agar dapat segera mengatasinya ketika dialami.

Untuk mengetahui Anda mengalami anemia atau bukan, ada beberapa gejala yang mungkin timbul dari hal tersebut. Gejala anemia dapat Anda kenali dengan mudah sehingga dapat Anda ketahui sendiri sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter.

Pengertian Kurang Darah atau Anemia

Beberapa dari Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan anemia, bukan? Anemia atau kurang darah merupakan suatu kondisi tubuh yang kekurangan banyak sel darah merah atau hemoglibin yang berperan penting dalam tubuh Anda.

Sel darah merah memiliki fungsi untuk membawa oksigen serta nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, apabila Anda kekurangan sel darah merah maka dapat mengalami anemia.

Gejala yang Ditimbulkan Akibat Kurang Darah

Pada umumnya, gejala kurang darah hampir sama dengan darah rendah. Meskipun demikian, tetap ada beberapa perbedaan yang membuat Anda mudah mengenali apa yang sedang Anda alami. Berikut ini merupakan gejala kurang darah yang sering dialami oleh banyak orang.

Pusing

Salah satu gejala yang sering terjadi pada penderita anemia adalah pusing. Gejala tersebut biasanya muncul secara tiba-tiba dan membuat kepala Anda seolah berputar tak menentu. Rasa pusing yang timbul ini karena kurangnya hemoglobin dalam tubuh Anda.

Kekurangan kadar hemoglobin dapat mempengaruhi aliran oksigen yang tidak bisa sampai ke bagian otak. Hal tersebut yang menjadikan pembuluh darah di otak menjadi bengkak sehingga membuat Anda merasakan pusing.

Merasa Kelelahan

Merasa kelelahan juga menjadi gejala yang timbul ketika Anda mengalami kurang darah.  Rasa lelah yang timbul juga berbeda dari kelelahan yang biasanya, sehingga Anda dapat dengan mudah membedakan rasa lelah yang penyebabnya adalah anemia.

Kelelahan yang merupakan akibat anemia terjadi ketika tubuh Anda memiliki kadar hemoglobin yang kurang, sehingga oksigen tidak dapat terangkut ke seluruh tubuh melalui sel darah merah.

Nafas Terasa Sesak

Nafas yang terasa sesak juga dapat menjadi gejala Anda mengalami anemia. Sebagaimana Anda ketahui bahwa kadar hemoglobin berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Ketika anemia, kadar hemoglobin menjadi berkurang sehingga oksigen tidak mengalir secara maksimal.

Hal tersebut yang menjadikan Anda mengalami sesak nafas ketika terserang anemia. Anda tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik karena laju pernapasan yang semakin tidak terkontrol.  

Baca:  Tanaman Hias Berdaun Pink Unik untuk Mempercantik Rumah

Kulit Pucat

Gejala kurang darah atau anemia selanjutnya yang mungkin Anda alami adalah kulit menjadi pucat. Anda perlu mengetahui bahwa jaringan kulit tubuh terdiri dari beberapa pembuluh darah kecil, sehingga rona kulit dapat terpengaruh oleh aliran darah pada tubuh.

Baca:  Tanaman Hias Berdaun Pink Unik untuk Mempercantik Rumah

Ketika hemoglobin yang berperan sebagai pemberi warna merah pada darah kadarnya berkurang, maka dapat membuat kulit berwarna pucat karen sirkulasi darah yang tidak normal. Tidak hanya kulit, beberapa tubuh lainnya seperti bibir, kelopak mata, hingga punggung kuku juga menjadi pucat ketika anemia.

Jantung Berdebar Lebih Cepat

Jantung sebagai organ tubuh yang vital memiliki peran yang tidak boleh Anda anggap remeh pada tubuh. Ketika Anda mengalami anemia dan kadar hemoglobin berkurang, jantung harus bekerja lebih keras agar dapat memompa darah ke seluruh tubuh.

Jantung yang bekerja lebih keras ketika anemia dapat menjadikannya berdetak lebih cepat dari biasanya. Gejala tersebut biasanya akan terjadi pada Anda yang sudah menderita anemia dalam jangka waktu lama.

Kemampuan Konsentrasi Menurun

Gejala anemia yang juga dapat menganggu aktivitas Anda adalah kurangnya kemampuan dalam berkonsentrasi. Biasanya hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya kadar hemoglobin yang mengalir ke bagian kepala khusunya otak sehingga kemampuan untuk fokus menjadi berkurang.

Kulit dan Rambut Kering

Kondisi kulit dan rambut yang kering ternyata dapat menjadi salah satu gejala bahwa Anda mengalami anemia. Kulit dan rabut kering dapat terjadi karena tubuh Anda kekurangan zat besi karena kurangnya oksigen dan nutrisi yang mengalir pada tubuh.

Terasa Dingin pada Bagian Tangan dan Kaki

Bagian tangan dan kaki yang terasa dingin juga dapat menjadi gejala kurang darah atau anemia yang mungkin Anda alami. Penyebab tangan dan kaki terasa dingin yaitu minimnya jumlah oksigen yang diterima oleh kedua bagian tersebut.

Penyebab Terjadinya Anemia

Kurang darah atau anemia dapat terjadi karena beberapa hal sama seperti gejalanya. Jika Anda telah mengetahui apa saja gejala kurang darah atau anemia yang mungkin dialami, maka penyebab terjadinya pun harus Anda pahami dengan baik agar mudah mengenalinya ketika terserang anemia.

Penyebab terjadinya anemia sangat beragam, mulai dari faktor diri sendiri hingga faktor keturunan. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan Anda mengalami anemia adalah kekurangan zat besi, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, hingga karena penyakit keturunan.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer