32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaEtika Curhat Masalah Rumah Tangga, Ketahui Batasannya!

Etika Curhat Masalah Rumah Tangga, Ketahui Batasannya!

Etika Curhat Masalah Rumah Tangga dalam Islam. Islam memang agama yang mengajarkan kebaikan dan berbasis pada pengetahuan tentang keagamaan yang tujuannya agar ummat muslim bisa selamat di akhirat nanti. Namun tidak hanya itu saja, di dalam Islam permasalahan dunia pun juga telah masuk dalam pengajaran Nabi. Termasuk juga dalam mengatasi problematika rumah tangga maupun pengasuhan anak.

Dalam mengatur problematika rumah tangga, di dalam Islam juga terdapat ayat Al-Qur’an dan juga hadits yang khusus mengupas tentang hal tersebut. Oleh karena itu, kita sebagai ummat muslim hendaknya bersyukur dan mencontoh sikap Nabi ketika menghadapi permasalahan dunia. Salah satu contohnya yaitu ketika terjadi permasalahan rumah tangga dalam sebuah keluarga.

Memang tidak ada gading yang tak akan retak, pun juga tak ada sebuah rumah tangga yang memang tak bermasalah. Adalah sangat normal jika setiap pasangan suami istri mempunya sebuah pendapat yang sangat berbeda. Bahkan jika telah memunculkan akan rasa marah serta juga kecewa yang biasanya akan berujung timbulnya sebuah masalah rumah tangga.

Contoh kecilnya, akan kebiasaan salah satu dari pihak yang selalu meletakkan akan handuk basah yang ada di atas kasur. Atau konflik lainnya yang memang lebih besar seperti halnya masalah keuangan ataupun orang ketiga yang memang bisa menyulut akan pertengkaran serta juga berujung pada sebuah perceraian.

Pada saat menghadapi sebuah masalah dalam rumah tangga, maka tidak sedikit yang pada akhirnya yang akan memutuskan untuk bisa bercerita. Berkeluh kesah atas semua apa yang Anda rasakan pada seorang terdekat dan juga yang percaya pada dirinya.

Istri atau suami terkadang begitu tergesa-gesa untuk menyelesaikan persoalan sehingga dengan mudahnya mempercayai orang lain dan menceritakan permasalahan rumah tangga mereka. Hal itu tentu bukanlah cara yang tepat. Dalam islam sudah ada tentang etika curhat masalah rumah tangga dan bagaimana sebaiknya mengatasinya. Yuk simak ulasan tentang etika curhat ini:

Pasangan yang Mampu Memperbaiki Permasalahan Dengan Baik Akan Mendapatkan Pahala

Di dalam setiap rumah tangga pasti ada saja permasalahan yang terjadi. Jika Anda dan pasangan mampu mengatasi masalah tersebut maka akan ada pahala yang besar. Jika dengan permasalahan tersebut justru saling menjelekkan dan bahkan berkata kasar serta menyakiti, maka pihak yang menyakiti akan berdosa dan dzolim terhadap pasangannya.

Baca:  Sejarah Asuransi di Indonesia

Curhat Kepada Orang yang Tepat dan Dapat di Percaya

Poin nomer dua ini merupakan pokok dari etika curhat permasalahan rumah tangga. Kebanyakan dari kita mudah saja menceritakan permasalahan rumah tangga kepada orang lain tanpa memfilter dengan ketat orang yang kita jadikan tempat curhat. Hal ini sudah ada jelas dalam Islam bahwasannya Anda hendaknya curhat mengenai permasalahan rumah tangga hanya kepada orang yang tepat dan dapat Anda percaya saja. Misalkan, murobbiah atau guru spiritual kita.

Baca:  Resep Es Buah dan Manfaat Berbuka dengan Es Buah
etika curhat masalah rumah tangga
Foto : mommyasia

Boleh saja curhat kepada teman atau saudara yang kita percayai, namun Anda harus hati-hati dalam menyampaikannya. Karena bisa saja mereka akan berpihak pada kita saja atau bahkan mereka justru berpihak pada pasangan kita yang akibatnya bisa saja fatal. Curhatlah pada orang yang tepat yang menggap kita atau pasangan secara netral dan tidak memihak. Saran dari mereka inilah yang benar-benar kita butuhkan untuk mengatasi masalah.

Jangan Menjelek-jelekkan Pasangan di Hadapan Orang Lain

Etika curhat masalah rumah tangga selanjutnya yaitu jangan menjelek-jelekkan pasangan di hadapan orang lain. Berusahalah untuk menceritakan permasalahan tanpa menjelekkan pasangan. Karena bagaimanapun, aib pasangan kita adalah aib kita juga. Membuka aib pasangan sama halnya dengan kita membuka aib diri sendiri.

Hendaknya curhat pada Alloh saja

Poin terakhir yaitu hendaknya curhat pada Alloh saja. Jika permasalahan yang anda hadapi masih tidak terlalu berat, sebaiknya kita curhat pada Alloh, Tuhan kita saja. Karena Tuhan kita jauh lebih tau apa solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan rumah tangga yang sedang kita hadapi. Jangan ragu untuk menunaikan sholat tahajjud dan sholat hajad di sepertiga malam serta meminta petunjuk dari-Nya.

Demikian artikel tentang etika curhat masalah rumah tangga dalam Islam. Ada baiknya sebelum menceritakan permasalahan rumah itatangga kepada orang lain, Anda berpikir dulu berulang kali. Pastikan orang yang menjadi tempat curhat Anda merupakan orang yang tepat yang bisa menjaga amanah dengan baik. Jangan sampai curhat kepada sembarang orang ya!

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer