32 C
Indonesia
Senin, November 29, 2021
BerandaBeritaEksistensi DANA Dompet Digital Indonesia, Dulu dan Sekarang

Eksistensi DANA Dompet Digital Indonesia, Dulu dan Sekarang

Reportasee.com – Eksistensi DANA Dompet Digital Indonesia, dulu dan sekarang. Dewasa ini penggunaan e-wallet atau dompet digital sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat urban.

Selain praktis, cepat dan aman berbagai aplikasi e-wallet ini juga memberikan kenyamanan bagi para pengguna dalam melakukan berbagai transaksi keuangan.

Semua pembayaran dapat terintegrasi hanya melalui satu aplikasi di handphone. Salah satu layanan dompet digital atau e-wallet ini adalah DANA Dompet Digital Indonesia. Tentunya sudah tidak asing, kan?

Mengawali perjalanannya pada tahun 2018, DANA Dompet Digital Indonesia sempat menjadi salah satu sistem pembayaran yang masyarakat minati.

Khususnya buat pengguna setia dari TIX.ID yang anti antri lama untuk membeli tiket nonton bioskop, apalagi untuk film-film box office yang banyak peminatnya. Kehadirannya meramaikan dunia e-wallet Indonesia bersaing dengan GOPAY, OVO, dan Link Aja

Berdiri tahun 2017, perusahaan yang di bawah naungan PT. Espay Debit Indonesia Koe ini mendapat dukung dari PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) dan Ant Financial.

Perusahaan ini menawarkan kemudahan bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan berbagai transaksi dan pembayaran secara non-tunai dan non-kartu.

Jadi gak perlu deh ribet-ribet pake dompet, gak perlu lagi sibuk antri di ATM untuk Tarik tunai.

Cukup dengan menggunakan Handphone, buka aplikasi DANA lalu semua transaksi bisa user lakukan dengan mudah, cepat, dan aman tentunya. 

Mengusung konsep open-platform, DANA dapat anda gunakan sebagai salah satu metode pembayaran untuk berbagai platform berbeda tidak cuma TIX.ID.

Mulai dari membeli pulsa, listrik, membayar tagihan internet, tagihan air, tagihan telepon, sampai membayar tagihan BPJS Kesehatan.

DANA Dompet Digital Indonesia juga dapat untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant yang sudah bekerjasama, banyak lagi deh keuntungan dan kemudahan yang user dapatkan.

Hal ini, sesuai dengan konsep open-platform yang DANA Dompet Digital miliki. Pastinya, dengan promo yang tidak kalah menggiurkan. 

Gimana sih cara menggunakan DANA Dompet Digital Indonesia?

Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah instal aplikasi DANA Dompet Digital di handphone.

Aplikasi DANA Dompet Digital ini juga dapat anda instal di semua ponsel, baik iOS maupun Android.

Setelah sukses terinstall, Langkah selanjutnya adalah registrasi, aplikasi DANA ini sudah terintegrasi dengan informasi perbankan dan juga informasi dari Dukcapil.

Jadi anda bisa langsung menghubungkan akun DANA Dompet Digital anda dengan kartu debit bank yang anda miliki. 

Layanan DANA Dompet Digital Indonesia 

Sebagai dompet digital yang terintegrasi, DANA juga memiliki berbagai layanan yang terbagi dalam beberapa kategori.

Antaralin Daily, Transfer, Bills, Entertainment, Keuangan, Asuransi Pribadi, Charity, Transportasi, Belanja dan Health.

Ekstensi DANA Dompet Digital Indonesia

Di awal kehadirannya, DANA Dompet Digital berhasil mencuri perhatian masyarakat melalui cara pembayarannya yang sangat praktis.

Anda cuma perlu scan QR code yang ada di aplikasi DANA Dompet Digital di alat khusus yang ada di merchant. Dulu ini happening banget sih.

Kemudian DANA Dompet Digital Indonesia meluncurkan sistem pembayaran terintegrasi dengan aplikasi TIX.ID. 

Pada 2019 lalu, Snapcart yang merupakan Lembaga riset yang mengkhususkan diri pada berbagai penelitian yang berbasis aplikasi melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen dan interaksinya dalam melakukan pembayaran digital dengan menggunakan aplikasi. 

Menurut Eko Wicaksono, 28 persen transaksi retail dilakukan dengan e-money atau uang elektronik dalam dompet digital.

Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa sebesar 6% responden memilih DANA Dompet Digital untuk digunakan sebagai platform pembayaran transaksi digital favorit mereka. 

11 persen dari responden juga memilih DANA Dompet Digital untuk bertransaksi di berbagai e-commerce. Aplikasi DANA Dompet Digital banyak responden gunakan untuk bertransaksi di bukalapak.

Sedangkan, sebanyak 10% responden memilih menggunakan DANA Dompet Digital untuk membayar transaksi tagihan rutin seperti listrik, telepon, air, dan internet. 

Baru berusia 2 tahun, DANA Dompet Digital berhasil menempati posisi ketiga dengan pengguna aktif terbanyak setelah Ovo dan Gopay.

Selain pengguna terbanyak, DANA juga meraih posisi ketiga sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh. 

DANA Dompet Digital yang merupakan produk dari PT. Espay Debit Indonesia ini berhasil meraih penghargaan di ajang Bank Indonesia Award 2020.

Penghargaan ini bentuk penghargaan atas kontribusi yang DANA Dompet Digital sebagai salah satu mitra strategis Bank Indonesia yang dapat memberikan makna dalam kehidupan masyarakat.

Kalau aku, apakah bisa juga memberikan makna dalam hidupmu? 

DANA ini mendapatkan penghargaan sebagai Penyelenggara Sistem Pembayaran (PJSP) dengan program QRIS untuk merchant terbaik non-bank.

DANA Dompet Digital juga berhasil mendapatkan penghargaan dalam Marketing Awards 2020 di kategori ‘The Best in Social Marketing’ dengan program ‘DANA Sahabat UMKM’.

Satu lagi nih, DANA Dompet Digital Indonesia juga berhasil mendapatkan penghargaan di category ‘The Best Marketing Driving Company’. Keren ya ?

Di akhir tahun 2020 lalu, DANA Dompet Digital Indonesia bergabung menjadi salah satu penyaluran insentif dari program prakerja milik BPJS Ketenagakerjaan.

DANA juga berhasil menambahkan berbagai fitur yang semakin lengkap. Salah satunya adalah transfer antar bank, eMas, DANA Bisnis, DANA Goals, Kartu Kredit dan juga ada e-Samsat.

Fitur ini ditunjang oleh fitur Card Binding dan fitur DANA Protect.

Jumlah pengguna yang mencapai angka kurang lebih 2 juta dan 3 juta nilai transaksi per hari dengan kurang lebih 500, karyawan membuat DANA Dompet Digital semangat untuk terus berkembang.

DANA juga mempertahankan eksistensinya dengan mengembangkan berbagai fitur untuk mendukung berbagai kebutuhan masyarakat akan transaksi dan pembayaran digital.

Selain faktor jumlah pengguna dan karyawan, anda juga tidak bisa mengabaikan kekuatan DANA Dompet Digital yang didukung oleh investor yang bukan kaleng-kaleng. 

Keberadaan DANA Dompet Digital sebagai salah satu platform dompet digital Indonesia memang belum bisa menggeser dominasi dari dompet digital pendahulunya seperti OVO dan GOPAY.

Tapi, dengan jumlah pengguna dan karyawan yang terus berkembang DANA Dompet Digital terus berusaha menjadi terdepan sebagai penyedia layanan dompet digital terdepan di tanah air.

Tentunya bukan bukan hal mudah, mengingat persaingan di dunia digital ini kian lama kian bertambah sulit.

Apakah DANA Dompet Digital Indonesia ini akan berhasil menempati urutan pertama mengalahkan OVO dan GOPAY?  

TERKAIT
- Advertisment -

TERBARU

Video Mahasiswa KKN UNJA Menghina Desa, Ini Fakta Sebenarnya!

Reportasee.com - Mahasiswa KKN asal Universitas Jambi (UNJA) beberapa waktu lalu sempat...

Bens Leo Meninggal Dunia Akibat Terpapar Covid-19

Reportasee.com - Bens Leo yang terkenal sebagai pengamat musik sekaligus wartawan meninggal...

Mengetahui Lambang Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Reportasee.com - Lambang Pancasila menjadi salah satu informasi penting yang wajib generasi...

Film Rentang Kisah Menjadi Film Terfavorit Penghargaan IMA Awards 2021

Reportasee.com - Film Rentang Kisah merupakan salah satu tayangan populer yang rilis...

Virgil Abloh Direktur Artistik Louis Vuitton Meninggal Dunia Karena Kanker

Reportasee.com - Virgil Abloh meninggal dunia pada hari Minggu tanggal 28 November...