DP2KBP3A Ciamis Laksanakan Program Dashat

Pemkab Ciamis melalui DP2KBP3A menggelar kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di Kampung KB, bertempat di Aula RM Linggarsari, Rabu (24/8/2022).

Kegiatan itu dilaksanakan berdasarkan Perpres No 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Adapun penyelenggara kegiatan yakni Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk DP2KBP3A Ciamis, Ir. Djafar Sidiq, menyebutkan, beberapa tujuan kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT).

Pertama, menyediakan Makanan Pangan Sehat dan bergizi tapi dengan mengutamakan menu makanan lokal yang memang banyak tersedia di masyarakat sekitar.

Kedua, masyarakat mampu memiliki keterampilan dalam mengolah aneka makanan sehat.

Ketiga, masyarakat mampu mengolah dan mendistribusikan makanan ke masyarakat yang berisiko Stunting (Ibu Hamil, BALITA dan BADUTA).

Keempat, mampu memberikan Konseling, Informatif dan Edukatif (KIE) kepada keluarga yang berisiko stunting.

Kelima, hasil olahan makanan tersebut diharapkan kedepannya mampu menghasilkan secara ekonomi bagi masyarakat sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Djafar menjelaskan, untuk pendistribusian makanan program DASHAT sendiri menggunakan beberapa model.

Pertama, menggunakan model pengelolaan sosial, yakni membagikan makanan Sehat gratis ke keluarga miskin risiko stunting.

Kedua, dengan model komersil, yakni menjual makanan sehat ke masyarakat dengan harga terjangkau.

Ketiga dengan model pendistribusian sosial komersial, yakni membagikan makanan sehat gratis ke keluarga yang berisiko stunting sekaligus menjualnya juga.

Djafar menegaskan, kegiatan Dashat adalah salah satu upaya pemerintah untuk mencegah stunting. 

Namun lokus pelaksanaannya di kampung KB yang ada di setiap Desa/ Kelurahan dengan memanfaatkan sumber daya alam lokal yang diolah menjadi makanan.

“Pada akhirnya kegiatan DASHAT ini merupakan kegiatan preventif untuk dapat menurunkan kasus stunting di Ciamis khususnya, dan di Indonesia pada umumnya,” kata Djafar.

Djafar menambahkan, adapun 10 pedoman gizi seimbang untuk mencegah stunting, antar alain meliputi makanan pokok, makanan manis, asin dan berlemak, lauk pauk berprotein tinggi.

Kemudian makan buah dan sayur, minum air cukup, melakukan aktivitas fisik, membiasakan sarapan dan cuci tangan di air mengalir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.