32 C
Indonesia
Senin, November 29, 2021
BerandaBeritaDestinasi Taman Wisata Air Panas Guci Jateng

Destinasi Taman Wisata Air Panas Guci Jateng

Reportasee.com – Tegal, Jawa Tengah menjadi salah satu Kota dengan tempat wisata menarik. Salah satunya objek wisata air panas Guci, tempat wisata tersebut menawarkan pemandangan alam yang alami. Khususnya di area pemandian air panas.

Banyak wisatawan lokal maupun luar kota yang mengunjungi objek wisata ini. Apalagi fasilitasnya lengkap dan terjamin, pasti Anda betah menjelahi objek wisata. Di balik pesona alamnya, Guci memiliki sejarah yang hingga kini masih menjadi kenangan.

Sejarah Taman Wisata Air Panas Guci

Dahulu, sebelum ajaran agama Islam tersebar di Tegal, ada seorang ulama yang berdakwah menyiarkan agama Islam. Setiap sang ulama berdakwah, ia menyampaikan Guci berisi air panas kepada masyarakat Tegal.

Masyarakat Tegal percaya pada khasiat air yang sang wali dakwahkan. Seiring berjalannya waktu, permintaan air semakin banyak sampai ulama tersebut tidak sanggup memenuhi permintaan warga.

Saat itulah wali Allah SWT menancapkan tongkat yang selalu menemaninya berdakwah ke tanah. Atas izin Allah SWT, di lubang tanah tersebut muncul mata air panas yang kemudian masyarakat ambil.

Hebatnya lagi, mata air panas tersebut masih mengalir sampai sekarang. Bahkan memberikan kebaikan dan khasiat, apalagi mata air tersebut mengalir sampai pancuran-pancuran di tempat wisata Guci.

Fasilitas Objek Wisata Air Panas Guci

Saat ini, tempat wisata Guci semakin populer. Apalagi pihak wisata mengembangkan fasilitas dan penunjang lainnya agar wisatawan puas berlibur ke Guci. Berikut ada fasilitas destinasi wisata Guci, antara lain:

  1. Kolam Renang

Selain memiliki pemandian alami dengan pancuran air panasnya, Guci memiliki kolam renang. Anda bisa mengajak pasangan atau anak-anak beranang, pastinya terdapat kolam renang khusus untuk anak-anak.

  • Wisma Singgah

Anda dari luar Tegal dan ingin berlibur ke Guci? Tenang saja. Anda bisa menginap di wisma singgah, pasti Anda nyaman beristirahat karena tempatnya aman dan nyaman. Selain itu, fasilitasnya lengkap, ada kamar mandi, ruang tamu dan fasilitas lainnya.

  • Lapangan Tenis

Alasan tempat wisata Guci semakin populer karena memiliki lapangan tenis. Anda bisa bermain tenis setelah bermain air di kolam renang atau pemandian air panas, pasti liburan lebih berkesan dan ingin berlibur kembali.

  • Kereta Gantung

Objek wisata pemandian air panas Guci cocok anda jadikan lokasi utnuk liburan keluarga. Anda bisa mengajak keluarga menaiki kereta gantung. Suasananya akan menyenangkan dan memberikan kenangan tersendiri.

Selain itu tarif tiketnya terjangkau. Anda bisa membagi budget untuk mencoba wahana lain di Guci.

Daya Tarik Tempat Wisata Air Panas Guci

Daya tarik Guci sangat beragam dan membuat wisatawan penasaran ingin mengujunginya. Tak heran jumlah pengunjung mengalami kenaikan signifikan, Guci membuat Anda lebih rileks dari rutinitas kota.

Pastinya karena Guci terletak di dataran tinggi. Bahkan jaraknya mencapai 1.050 dari permukaan laut. Pengunjung akan measakan kesejukan dan panorama indah pegunungan.

Daya tarik lain Guci adalah ada di kawasan pegunungan tertinggi ke 2 di Pulau Jawa. Untuk lokasinya di kaki Gunung Slamet Jawa Tengah.

Perlu anda ketahui, daya tarik wisata Guci paling utama adalah pemandian air panasnya yang penuh misteri. Pemandian di Guci meliputi pemandian pancuran 13 dan pemandian pancuran 7.

Walaupun ada pancuran berjumlah 5 lagi, tetapi pancuran 7 dan pancuran 13 yang selau padat pengunjung. Anda bisa mandi di kedua pancuran tersebut sepuasnya karena rasanyanya nyaman dan membuat Anda rileks.

Daya tarik lainnya adalah pemandian tersebut bisa menyembuhkan penyakit kulit. Seperti rematik, gatal-gatal, pegal-pegal dan penyakit lainnya. Banyak wisatawan mancanegara sengaja berkunjung ke Guci untuk merasakan pemandian air panas yang berkhasiat tersebut.

Tips Berkunjung ke Wisata Air Panas Guci

Objek wisata Guci menjadi primadona masyarakat luas karena primadona alam yang mempesona. Sayangnya banyak pengunjung salah memilih waktu berlibur, agar bisa menjelajahi wisata Guci harus tepat membuat jadwal. Berikut ada tips yang bisa anda terapkan, yaitu:

  • Menghindari hari libur

Mayoritas orang memilih hari libur untuk liburan ke Guci, padahal cara tersebut salah. Pasalnya saat hari libur jumlah pengunjung meningkat pesat. Alhasil semua wahana penuh sehingga Anda sulit menjelajahi wahana.

Bahkan pengunjung yang mandi di pemandian air panas semakin banyak. Pastinya Anda tak dapat merasakan sensasi kenyamanan. Lebih baik datang saat hari sabtu atau hari lain agar puas menjelahi wahana Guci.

  • Liburan saat cuaca cerah

Liburan ke pegunungan di cuaca cerah adalah cara tepat agar bisa liburan. Jangan sampai Anda liburan ke Guci saat musim hujan karena banyak jalanan licin, selain itu sulit berpindah wahana karena jalannya becek dan licin.

  • Membawa pakaian hangat

Jangan salah loh, kawasan Guci terbilang dingin sehingga sebagian pengunung mengeluh kedinginan. Khususnya anak-anak, lebih baik membawa pakaian hangat agar liburan tetap menyenangkan.

Destinasi pemandian air panas Guci termasuk tempat wisata andalan wisatawan. Anda bisa berlibur dan menikmati pemandangan alam yang tidak ada di perkotaan.

TERKAIT
- Advertisment -

TERBARU

Video Mahasiswa KKN UNJA Menghina Desa, Ini Fakta Sebenarnya!

Reportasee.com - Mahasiswa KKN asal Universitas Jambi (UNJA) beberapa waktu lalu sempat...

Bens Leo Meninggal Dunia Akibat Terpapar Covid-19

Reportasee.com - Bens Leo yang terkenal sebagai pengamat musik sekaligus wartawan meninggal...

Mengetahui Lambang Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Reportasee.com - Lambang Pancasila menjadi salah satu informasi penting yang wajib generasi...

Film Rentang Kisah Menjadi Film Terfavorit Penghargaan IMA Awards 2021

Reportasee.com - Film Rentang Kisah merupakan salah satu tayangan populer yang rilis...

Virgil Abloh Direktur Artistik Louis Vuitton Meninggal Dunia Karena Kanker

Reportasee.com - Virgil Abloh meninggal dunia pada hari Minggu tanggal 28 November...