32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaCara Merawat Motor Injeksi Agar Lebih Awet

Cara Merawat Motor Injeksi Agar Lebih Awet

Sekarang ini hampir semua jenis motor sudah memakai tipe teknologi injeksi. Namun, perawatan terhadap motor injeksi ini sebenarnya sedikit lebih rumit. Nah, berikut ini akan disajikan beberapa cara merawat motor injeksi agar awet dan tetap aman digunakan sehari-hari.

Memakai Bahan Bakar Yang Tinggi Oktan

Karena jenis motor ini mengusung teknologi modern, Anda harus berhati-hati dalam perawatan sehari-harinya juga. Untuk lebih efisiennya, motor dengan teknologi injeksi sangat sesuai dengan jenis bahan bakar dengan oktan 90 ke atas.

Pemberian bahan bakar dengan oktan yang tinggi ini masih termasuk perawatan paling sederhananya. Pada mesin dengan teknologi injeksi bahan bakar dengan kandungan oktan tinggi bisa menyempurnakan pembakaran mesin. Selain itu, jika Anda paksa dengan bahan bakar kualitas rendah, mesin bisa mudah korosi.

Mengganti Oli Secara Teratur

Cara merawat montor injeksi berikutnya adalah dengan mengganti olinya secara teratur. Secara umum penggantian oli motor memang penting bagi seluruh kendaraan, tapi khusus motor injeksi penggantian oli bisa menjaga kestabilannya. Oli yang dipakai juga harus sesuai dengan kekuatan motor.

Anda bisa melakukan penggantian oli secara berkala, misalnya dalam 2 bulan sekali, asal jangan sampai mesin kering dan aus. Mengganti oli juga tidak boleh menunggu oli mesin kering karena mesin pembakaran Anda bisa cepat aus. Selain itu, mesin yang kering akan mengeluarkan suara yang buruk.

Memeriksa Kondisi Aki

Aki adalah salah satu aspek yang sangat penting Anda garis bawahi. Sering kali orang lalai dengan keberadaan aki motor sehingga banyak kejadian motor mogok di tengah jalan, terlebih pada motor injeksi yang kehabisan aki hal ini bisa saja terjadi.

Secara umum, motor injeksi sangat tergantung dengan keberadaan aki sebagai daya penghidup mesin kendaraan agar bisa berjalan. Aki yang baik akan membantu sistem pembakaran mulai bekerja tanpa harus bersusah payah. Untuk itu rutin periksa kondisi aki Anda.

Merawat Busi

Untuk memiliki motor injeksi yang prima, Anda juga perlu berusaha ekstra salah satunya dengan merawat busi kendaraan. Busi secara umum berguna untuk memantik api dalam pembakaran mesin montor. Jika busi tidak bisa bekerja baik, pastinya motor Anda juga tidak bisa beroperasi dengan baik.

Pemeriksaan busi secara teratur bisa membantu dalam pemaksimalan proses pembakaran mesin motor. Kondisi tersebut bisa berakibat sebaliknya atau bahkan montor mati jika busi aus. Perawatan busi ini juga berguna mengontrol kinerjanya. Jika sudah tidak prima, Anda bisa segera menggantinya yang baru.

Baca:  Wisata Waduk Pedang Bojonegoro Jatim yang Eksotis

Memeriksa Kondisi ECU

Sebagai pengendara montor yang baik Anda juga perlu memeriksa kondisi ECU sebagai salah satu cara merawat montor injeksi. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa ECU adalah bagian utama dalam pengoperasian teknologi injeksi motor. Hal ini menunjukkan ECU sangat penting bagi keberlangsungan kinjerna montor Anda.

Baca:  Aplikasi Desain Rumah PC Paling Recommended

Secara umum, bagian yang terhubung langsung dengan ECU adalah takaran bahan bakar yang dikeluarkan dan bagian pembuka dan penutup klep injeksinya. Bisa dibayangkan jika satu bagian ini tidak prima, tentu motor Anda bisa mogok. Jadi, segera cek ECU Anda dan periksa dengan baik.

Melakukan Service Teratur

Ketika memiliki kendaraan bermontor tidak semua orang paham dengan sistem dan perangkat di dalamnya. Nah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan Anda perlu melakukan service montor secara teratur. Hal ini tidak merugikan, justru membawa banyak keuntungan untuk Anda.

Melakukan service teratur, selain mencegah hal-hal tertentu, juga bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa motor. Secara tidak langsung, kenyamanan berkendara setelah melakukan service juga terjamin. Selain itu, Anda tidak perlu repot karena dilakukan oleh ahlinya.

Rajin Memanasi Montor Setiap Hari

Mempunyai kendaraan bermotor, selain melaukan service dan ganti oli secara rutin, Anda juga perlu melakukan perawatan sederhana. Perawatan tersebut adalah memanasi montor setiap hari setidaknya di pagi hari sebelum beraktivitas. Hal ini agar motor tetap awet Anda gunakan.

Sebenarnya, melakukan pemanasan motor ini harus Anda lakukan bukan hanya saat motor tidak Anda gunakan. Sebaiknya, sebelum Anda gunakan juga Anda panasi agar montor tidak cepat aus. Pemanasan motor sebelum digunakan ini bisa mencegah kendaraan injeksi Anda mengalami turun mesin.

Memakai Dengan Bijak

Cara merawat motor injeksi yang terakhir dan paling penting adalah pemakaian yang bijak. Secara umum, suatu barang bisa awet jika pemiliknya bersikap bijak, jadi Anda harus termasuk sebagai orang bijak tersebut. Perlakuan bijak pada motor bisa Anda lakukan dengan mengendarai secara normal.

Motor injeksi ini sebenarnya identik dengan penggunaan yang lembut, sehingga tidak cocok dipakai untuk ugal-ugalan. Motor injeksi proses pemakaiannya hanya dengan menarik dan melepas stang setirnya, jadi jika terlalu sering Anda tarik dan lepas bisa membuatnya tidak prima lagi.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat montor injeksi secara personal. Pastikan Anda mempraktekannya di rumah, dan semoga berhasil.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer