32 C
Indonesia
Kamis, Agustus 5, 2021
BerandaBeritaManfaat Kencur Untuk Kesehatan Ternyata Banyak

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Ternyata Banyak

Kencur terkenal sebagai rempah yang digunakan untuk membuat jamu atau dicampurkan kepada masakan supaya memiliki rasa yang kuat. Tidak hanya itu, ternyata ada berbagai manfaat kencur untuk kesehatan yang tidak banyak diketahui sebagian besar masyarakat.

Tanaman yang juga bernama dengan cekur ini berkhasiat sehingga banyak yang mengandalkannya sejak zaman dulu sebagai bahan baku jamu menyehatkan. Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa daftar khasiat kencur bagi kesehatan yang layak Anda sebar luaskan kepada orang-orang tersayang.

Memiliki Berbagai Kandungan Yang Baik Untuk Tubuh

Kencur termasuk dalam keluarga jahe yang terkenal manjur jika Anda buat untuk minuman tradisional demi kesehatan. Ini karena banyaknya kandungan bermanfaat bagi tubuh yang ada pada kencur sehingga masuk dalam kategori empon-empon.

Kandungan ini adalah alkaloid, mineral, pati, asam, anisat, asam metil kanil dan penta dekaan, dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan ini sangat berperan penting bagi tubuh. Mineral misalnya yang bisa untuk mengaktifkan reaksi enzim bagi tubuh.

Meningkatkan Nafsu Makan

Anda yang mungkin sudah menjadi ibu pasti mengerti bagaimana rasanya saat anak tidak nafsu makan. Namun, ada jamu yang sudah terkenal sejak dahulu kala yang berperan untuk penambah nafsu makan, yaitu kombinasi antara beras dan kencur atau jamu beras kencur.

Manfaat kencur untuk kesehatan yang satu ini sudah teruji baik. Ini karena dalam perpaduan beras dan kencur menghasilkan vitamin B yang membuat lambung merasakan lapar. Tidak heran jika orang jaman dulu mengandalkan minuman yang satu ini.

Memberikan Energi Lebih Bagi Tubuh

Seperti yang sudah tertulis di atas bahwa kencur terkenal sebagai campuran untuk segala jenis jamu. Tidak hanya penambah nafsu makan, tapi juga supaya memberikan energi lebih bagi tubuh dan ada pada jamu-jamu untuk pria dewasa untuk menambah energi.

Daripada minum segelas kopi atau minum minuman penambah stamina dalam botol, membuat jamu dari kencur dan bahan lainnya jelas lebih sehat dan alami. Jamu yang terbuat dari kencur untuk penambah energi akan lebih manjur Anda tambah dengan madu.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Sejatinya, kolesterol adalah lemak yang tubuh butuhkan juga. Sayangnya, jika tidak Anda kontrol dengan baik, ini bisa jadi boomerang untuk diri sendiri sehingga penting untuk hidup sehat dan mengontrol kadar kolesterol yang ada pada tubuh dan menjadi penyakit.

Nah, kandungan yang beragam dalam kencur ini bisa mengontrol kadar kolesterol. Jika Anda konsumsi secara rutin, kolesterol jahat bisa turun dengan sendirinya. Jamu dengan kandungan kencur untuk kolesterol pun mudah sekali untuk Anda jumpai di toko-toko saat ini.

Baca:  Vaksin Covid-19 Keberadaannya Dengan Berita Terkini

Mengurangi Nyeri Perut Saat Datang Bulan

Saat wanita mengalami datang bulan atau menstruasi, kerap terjadi perubahan-perubahan bentuk tubuh, rasa nyeri dalam perut, dan munculnya jerawat. Di sinilah manfaat kencur untuk kesehatan kembali muncul. Kencur bisa mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi.

Baca:  Aplikasi Game Merawat Kucing yang Asyik Dimainkan

Selain sebagai jamu untuk Anda minum, kencur kini juga menjadi bahan untuk membuat masker kecantikan yang Anda aplikasikan pada wajah. Hal ini bisa mengobati jerawat yang membandel hingga membuat wajah lebih glowing dan sehat jika Anda lakukan dengan rutin.

Sebagai Sumber Antioksidan

Antioksidan merupakan kandungan yang penting bagi tubuh karena melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu, kebutuhan antioksidan dalam tubuh perlu Anda penuhi dan ini bisa dengan mengkonsumsi kencur.

Kencur adalah sumber antioksidan yang baik dan kaya sehingga jika Anda konsumsi dengan rutin bisa menjaga tubuh Anda dari serangan virus, radikal bebas. Ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengatasi Perut Kembung

Bisa dibilang, kencur ini adalah rempah yang bisa diandalkan dalam segala kondisi. Mulai dari obati jerawat, meningkatkan nafsu makan, dan mengatasi perut kembung. Perut kembung bisa terjadi karena berbagai macam alasan, seperti masuk angin.

Nah, kencur untuk mengatasi perut kembung bisa Anda mulai dengan merebus 1 ruas kencur seukuran 5 cm dengan segelas air, kemudian diminum sehari dua kali. Atau, Anda juga bisa langsung konsumsi kencur mentah yang tentu sudah dikupas dan dicuci bersih.

Untuk Obat Batuk Alami

Saat cuaca dingin dan Anda tiba-tiba batuk tak tertahankan, lekas obati supaya tidak menulari orang lain. Namun alih-alih makan obat oral, lebih baik untuk minum obat batuk alami terlebih dahulu untuk menangani batuknya, yaitu dengan membuat air kencur.

Sudah turun temurun, kencur diandalkan untuk obat batuk oleh keluarga. Cara membuatnya dengan mengupas kencur, cuci sampai bersih, parut, letakkan di atas kain bersih, dan peras sampai keluar airnya. Tambahkan perasan jeruk nipis dan madu untuk penambah rasa.

Nah, itu dia manfaat kencur untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui dan sebarkan kepada orang terdekat supaya bisa mengetahui khasiatnya. Obat oral memang cepat menyembuhkan, tapi tidak ada salahnya kembali ke yang alami. Selamat mencoba!

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer