Cara Merawat Kaca Mobil Agar Tetap Bagus Dan Awet

Merawat eksterior mobil merupakan hal penting Anda lakukan, terutama pada kaca mobil. Kaca yang bening tersebut harus rutin Anda rawat karena berpengaruh terhadap pengemudian kendaraan. Cara merawat kaca mobil pun bisa Anda lakukan dengan mudah secara mandiri tanpa harus ke bengkel.

Karena posisinya berada di luar, umunya kaca mobil ini gampang terkena kotoran. Contohnya saja debu, jamur, daun kering. Selain itu, ini juga mudah mengalami baret jika salah dalam penggunaan dan perawatan.

Lalu, hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk merawat kaca mobil dengan benar? Ini ulasannya

Hindari Parkir Di Bawah Sinar Matahari Langsung

Cara pertama adalah perhatikan posisi Anda memarkirkan mobil. Coba parkir kendaraan Anda pada tempat yang teduh. Jika terlalu terkena panas, maka akan berdampak buruk pada umur kaca mobil. Selain itu, ini juga bisa merusak bagian-bagian luar mobil seperti warna cat yang menjadi buram.

Sinar UV matahari lama kelamaan akan dapat merusak warna dan struktur kaca mobil. Hal yang lebih parah lagi yaitu dapat menimbulkan keretakan kecil pada kaca. Jadi parkir mobil Anda di tempat yang sedikit teduh atau ke dalam garasi. Pilih tempat yang sekiranya tidak membuat mobil kepanasan.

Bersihkan Mobil Secara Rutin

Cara umum yang harus Anda lakukan adalah membersihkan keseluruhan mobil secara rutin. Dengan mencuci mobil, segala jenis kotoran akan dapat Anda hilangkan. Jika terlalu lama tidak Anda bersihkan, maka noda akan menempel dan sulit untuk dibersihkan sehingga akan merugikan Anda.

Gunakan sabun khusus mobil dan lap yang bersih. Lap kaca mobil yang sudah Anda bersihkan dengan sabun dan air secara lembut dan perlahan agar tidak tergores. Hilangkan semua kotoran yang menempel dengan mengusapkan lap bersih tersebut pada kaca mobil.

Hindari Pembersih Mobil Berbahan Ammonia

Sebagian banyak orang kurang memahami akan komposisi pembersih mobil yang aman. Anda wajib memperhatikan bahwa sabun yang aman adalah tidak mengandung ammonia. Kandungan tersebut dapat merusak kaca karena terlalu keras dan tidak cocok untuk membersihkan kaca mobil.

Lebih baik menggunakan sabun khusus mobil berbentuk cair atau bantuan sedikit air cuka untuk memberihkan kotoran yang membandel. Anda bisa mudah menemukan produk terkait di toko. Gunakan handuk katun atau lap berbahan microfiber demi menjaga kondisi kaca mobil.

Segera Mengeringkan Kaca Setelah Basah

Setelah mencuci mobil atau mendapati mobil dalam kondisi basah karena hujan atau cipratan air, segera lap dan keringkan kaca tersebut. Gunanya yaitu untuk mencegah timbulnya jamur di permukaan yang lembab tersebut.

Jika sudah terlanjur berjamur, solusinya adalah membersihkannya dengan obat penghilang jamur khusus mobil. Namun, kegiatan ini sebaiknya tidak sering Anda lakukan karena bisa menyebabkan permukaan kaca menipis. Jadi segera keringkan kaca mobil jika dalam kondisi basah dengan lap.

Periksa Wiper Mobil

Cara merawat kaca mobil berikutnya adalah memperhatikan komponen lain yang terkait, yakni wiper atau karet pada sisi kaca. Lihat kondisi karet tersebut apakah masih bisa Anda gunakan atau perlu Anda ganti. Karet wiper yang perlu Anda ganti adalah karet yang sudah mengeras.

Karet yang mengeras akan menyebabkan goresan atau baret pada kaca saat Anda gunakan. Selain itu, ini juga bisa menimbulkan bekas aus. Jika kondisi ini Anda biarkan, maka semakin lama akan merusak tampilan kaca secara permanen. Hal ini akan menambah kerugian lebih bagi Anda.

Periksa Kondisi Kaca Film Mobil

Solusi berikutnya adalah selalu memeriksa kondisi kaca film mobil. Lapisan film ini terpasang pada bagian dalam kaca mobil. Meskipun berada di dalam dan minim terjadi goresan dan kotoran, bagian ini tetap harus Anda perhatikan, siapa tau tergores oleh benda-benda lain di dalam mobil.

Caranya bersihkan kaca film tersebut. Anda cukup membilasnya dengan air hangat atau air suam-suam kuku yang ber-pH netral. Gunakan bantuan lap atau kain bersih. Gosok perlahan hingga kaca mobil bagian dalam tersebut terlihat kinclong dan bebas dari kotoran serta goresan.

Gunakan Pembungkus Mobil

Tips terakhir yaitu gunakan pembungkus mobil untuk melindungi bagian permukaan mobil terutama kaca mobil. Pilih cover mobil berbahan berkualitas yang tidak membuat goresan. Pembungkus ini juga akan melindungi cat mobil dari gangguan luar. Gunakan saat mendiamkan mobil di rumah.

Segera Perbaiki Jika Ada Kerusakan

Hal terakhir yang perlu Anda ingat adalah segera perbaiki kaca mobil jika sudah terlihat kerusakan-keruskan kecil. Anda bisa membawanya ke bangkel untuk Anda perbaiki. Jika segera Anda tangani, ini tidak akan menyebabkan masalah lain yang bisa membuat Anda mengeluarkan biaya lagi.

Penjelasan tentang cara merawat kaca mobil di atas dapat Anda coba. Dengan rajin merawatnya, maka penampilan mobil akan selalu bersih dan menarik. Tidak akan ada lagi gangguan seperti kotoran dan goresan yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan saat mengemudikan mobil Anda.