32 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBeritaCara Meningkatkan Imunitas Tubuh Selama Pandemi

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Selama Pandemi

Reportasee.com – Cara meningkatkan imunitas tubuh tentunya sangat banyak dan penting Anda lakukan di masa pandemi saat ini. Karena sistem imunitas tubuh mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Tubuh harus tetap terjaga ketahanannya agar tidak mudah terkena penyakit.

Daya tahan tubuh yang baik dapat melindungi tubuh terhadap virus penyebab penyakit, terutama di masa mewabahnya Covid 19.

Sistem imunitas tubuh adalah cara alami pertahanan tubuh dalam menangkal segala macam infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat.

Banyak sel dan organ yang bekerja sama untuk menjaga tubuh selalu sehat. Seperti sel darah putih yang bernama Leukosit juga berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Adapula Neutrophil yang dapat melawan bakteri dan memberikan tanda untuk melawan bakteri yang menyerang tubuh.

Ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut ini adalah cara meningkatkan daya tahan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Cara Tingkatkan Sistem Imunitas

Menjalankan Pola Hidup Sehat

Supaya daya tahan tubuh bisa bekerja dengan optimal dan tidak mudah terserang penyakit, tentu sangat penting untuk melakukan pola hidup sehat.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda sebaiknya memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Berdasarkan penelitian mengungkapkan bahwa, orang yang sering konsumsi kedua jenis makanan tersebut, biasanya tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jenis buah yang sangat baik untuk menjaga imunitas

  • Perbanyak minum air putih

Memperbanyak minum air putih secara rutin juga sangat penting untuk menghindari dehidrasi. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh, Anda perlu minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari.

  • Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga kebutuhan tidur perlu tercukupi. Pada umumnya, orang dewasa memerlukan waktu tidur kurang lebih 7-8 jam. Sedangkan remaja memerlukankan waktu tidur sekitar 9-10 jam. Pada saat tidur itu sama halnya dengan memberikan waktu bagi organ tubuh untuk beristirahat. Selain itu tubuh akan melakukan proses detoksasi atau pembuangan racun.

  • Menghindari stres

Stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat. Dalam jangka panjang, peningkatan pada hormon kortisol bisa menimbulkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, Anda perlu hindari hal-hal penyebab stres agar daya tahan tubuh tidak menurun.

  • Rutin berolahraga

Anda juga harus rutin melakukan olahraga selama kurang lebih 30 menit setiap hari. Jenis olahraga yang mudah seperti jogging, push up, yoga, atau pemanasan yang rutin.

  • Menghindari rokok dan alkohol
Baca:  Baterai Hp Cepat Habis? Ternyata Ini Penyebabnya

Melakukan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dapat merusak sistem daya tahan tubuh. Bagi para perokok berpotensi terkena infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sedangkan untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko terkena infeksi paru akan semakin besar.

Baca:  Polres Ciamis Musnahkan Ribuan Botol Miras

Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Selain melakukan pola hidup sehat, sebagian orang ada yang memilih untuk konsumsi suplemen dalam meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Mengonsumsi suplemen bisa menjadi alternatif untuk melengkapi pola makan yang mungkin kurang bernutrisi.

Jika Anda ingin untuk mengonsumsi suplemen peningkat sistem daya tahan tubuh, sebaiknya Anda perhatikan kandungan yang ada pada suplemen tersebut.

Berikut ini beberapa suplemen makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Buah mengkudu

Mengkudu terkenal dengan sebutan mengkudu ini banyak mengandung berbagai macam zat yang tubuh butuhkan.Kandungan kalium yang terdapat pada mengkudu dapat meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh dan mampu memperbaiki kerusakan sel.

Namun, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, ginjal atau liver, sebaiknya hindari mengkonsumsi suplemen dari buah mengkudu.

  • Echinacea

Suplemen yang mengandung echinacea juga sangat baik. Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, echinacea dapat berkhasiat sebagai antivirus, antiradang  dan antioksidan.

Oleh karena itu, bahan ini terbukti dapat membantu tubuh melawan virus penyebab flu, membantu pertumbuhan sel dan mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah.

Suplemen yang mengandung  banyak vitamin B6, vitamin C, likopen dan vitamin E juga sangat bagus. Vitamin-vitamin tersebut dapat memberikan manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih optimal.

Jia Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Dokter akan merekomendasikan suplemen yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Melakukan Gaya Hidup Sehat di New Normal

Dalam menghadapi gaya hidup baru di era new normal, menjaga imunitas tubuh menjadi hal yang sangat penting untuk menghindari berbagai macam penyakit.

Sistem imunitas tubuh memiliki peran yang sangat penting agar tubuh selalu sehat dan mampu menunjang berbagai aktivitas.

Oleh karena itu, tubuh yang sehat menjadi salah satu kunci utama ketika pandemi covid-19 sedang marak terjadi.

Selama era new normal masyarakat harus memperhatikan protokol kesehatan. Mematuhi protokol kesehatan yang berlaku harus menjadi gaya hidup sehat selama masa pandemi ini.

Adapun protokol kesehatan yang wajib Anda lakukan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjauhi kontak fisik serta menghindari kerumunan.

Itulah beberapa cara meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Seperti pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Dengan menerapkan pola hidup sehat menjadi langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer