Cara Mengobati Radang Tenggorokan yang Efektif

Sakit tenggorokan bisa menyerang siapa saja, mulai dari balita, remaja, hingga dewasa. Dalam hal ini, cara mengobati radang tenggorokan bisa dilakukan dengan mengetahui yang menjadi penyebabnya. Mengobati penyakit ini sesuai dengan penyebabnya, akan memberikan hasil yang lebih efektif.

Radang tenggorokan bisa terjadi karena adanya infeksi pada tenggorokan. Infeksi ini bisa karena bakteri dan juga virus. Pengobatannya bisa Anda lakukan dengan menggunakan cara alami, dan juga bisa secara medis. Berikut ini  beberapa cara untuk mengobati radang tenggorokan.

Berkumur Dengan Menggunakan Air Garam

Selama ini garam memang banyak orang percayai sebagai pembunuh bakteri paling baik. Berkumur dengan air hangat yang tercampur garam, bisa meringankan radang tenggorokan yang Anda alami. Bahkan berkumur dengan air garam secara teratur bisa mencegah dari resiko terkena radang tenggorokan.

Seperti yang sudah disebutkan, radang tenggorokan adalah kondisi dimana terjadi infeksi pada tenggorokan yang bisa disebabkan oleh bakteri dan virus. Infeksi ini yang akan menyebabkan munculnya cairan berupa lendir di tenggorokan yang menimbulkan rasa nyeri dan demam.

Garam sendiri memiliki sifat bisa mengikat air. Saat seseorang berkumur dengan air garam, sifat garam tersebut akan mengikat air dalam tenggorokan yang notabene berisi lendir dan bakteri. Hal ini akan bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan yang terjadi pada tenggorokan.

Minum Air Hangat Dicampur Madu

Radang pada tenggorokan juga bisa Anda obati dengan cara minum air hangat yang tercampur dengan madu. Dari hasil penelitian sejauh ini, madu merupakan salah satu obat ampuh untuk meredakan batuk dan radang tenggorokan.

Selama ini, madu sudah terbukti efektif untuk meredakan dan menekan batuk, terutama batuk yang muncul pada malam hari. Minum air hangat yang Anda campur dengan madu akan mengurangi batuk yang juga sering menjadi penyebab timbulnya radang pada tenggorokan.

Madu memang efektif untuk mengurangi rasa sakit pada radang tenggorokan. Tetapi yang harus Anda perhatikan, adalah madu yang Anda gunakan, hendaknya merupakan madu yang benar-benar murni, bukan madu yang sudah tercampur pemanis buatan. Ini bahkan justru bisa memperparah radang yang terjadi.

Banyak Minum Air Putih Hangat

Air putih tetap menjadi pilihan yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk radang tenggorokan. Air putih mengandung berbagai mineral yang sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, serta menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Banyak minum air putih, terutama air putih hangat merupakan cara mengobati radang tenggorokan yang cukup efektif.  Air putih akan melarutkan berbagai racun yang ada dalam tubuh, termasuk bakteri dan virus yang menjadi penyebab radang tenggorokan.

Minum air putih hangat juga bisa meredakan rasa sakit akibat peradangan yang terjadi. Saat mengalami radang tenggorokan, hindari minum minuman dingin seperti es. Karena air dingin akan memberikan rasa nyeri pada tenggorokan, dan membuat bakteri semakin tumbuh subur.

Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih sudah sangat dipercaya sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Baik penyakit penyebabnya adalah virus, bakteri, bahkan penyakit-penyakit lain yang cukup berbahaya seperti kanker.

Bawang putih memiliki sifat sebagai anti bakteri alami yang bisa melawan dan membunuh bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan. Zat acillin dan senyawa organosulfer yang terkandung di dalamnya bisa menyembuhkan berbagai infeksi termasuk infeksi penyebab radang tenggorokan.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan menggunakan bawang putih ini cukup mudah. Bawang putih bisa Anda makan secara langsung, Anda masukkan ke dalam masakan, Anda buat jus, dan juga bisa dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung bawang putih.

Menggunakan Pepermint

Pepermint banyak orang kenal sebagai bahan yang bisa menyegarkan mulut dan napas. Ternyata, pepermint juga memiliki khasiat untuk meredakan rasa nyeri yang terjadi akibat radang tenggorokan. Oleh karena itu, pepermint sering dipakai sebagai bahan pereda sakit tenggorokan.

Pepermint mengandung mentol yang bisa membantu mengencerkan lendir  yang timbul akibat radang tenggorokan. Pepermint juga merupakan bahan yang memiliki sifat anti inflamasi, antibakteri, dan juga antivirus sehingga bisa membantu menyembuhkan radang tenggorokan.

Mengobati radang tenggorokan dengan menggunakan pepermint bisa Anda lakukan dengan menyemprotkan minyak pepermint yang sudah Anda encerkan ke tenggorokan. Cara lainnya adalah dengan mencampurkan  minyak pepermint dan digunakan untuk berkumur.

Minum Teh Chamomile

Tah chamomile adalah jenis teh yang memiliki efek menenangkan. Sejak jaman kuno, teh ini sudah sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang  timbul akibat adanya infeksi dan peradangan. Misalnya adalah radang pada tenggorokan.

Teh chamomile ini memiliki sifat anti-inflamasi serta anti-oksidan. Mengobati radang tenggorokan dengan menggunakan teh ini bisa Anda lakukan dengan cara menyeduh dan meminumnya, atau bisa juga dengan cara menghirup uap dari teh chamomile tersebut.

Pengguanaan antibiotik untuk cara mengobati radang tenggorokan sebenarnya tidak disarankan, karena bisa menyebabkan kuman menjadi kebal terhadap antibiotik. Yang paling penting di sini adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh  agar terhindar dari bakteri dan juga virus.