Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat dan Aman

0
20
pixabay

Rambut adalah sebuah mahkota yang harus Anda jaga keindahan serta kesehatannya. Seringkali masalah timbul sehingga mengganggu keindahn rambut, salah satunya adalah ketombe. Sangat mengganggu karena Anda seringkali menggaruk-garuk kepala atau terdapat butiran putih. Untuk itu Anda perlu menemukan cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan aman.

KetombeĀ  terdapat dua jenis yaitu basah dan kering. Ketombe basah bahkan menimbulkan bau yang tak sedap. Kedua jenis ketombe ini sama-sama memiliki efek yang sangat mengganggu. Apalagi Anda yang memakai hijab atau pun penutup kepala, rasa gatal yang biasa timbul sangat tak tertahankan.

Ketombe merupakan masalah pada rambut yang banyak di alami oleh siapa pun dan tak mengenal usia. Ketombe sangatlah mengganggu karena mengurangi indahnya rambut hitam Anda dengan berbagai gangguan yang timbul. Anda seringkali merasa gatal terutama pada saat terkena sinar matahari dan juga timbulnya butiran putih di rambut.

Cara Menghilangkan Ketombe : Penyebab Ketombe

Pada dasarnya, sel kulit di tubuh akan secara teratur melepaskan sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit baru. Namun terkadang, pada beberapa kondisi, sel kulit mata mengalami kerontokan lebih dini dan memicu timbulnya ketombe. Ada berbagai hal yang sering dikaitkan sebagai penyebab ketombe. Beberapa di antaranya adalah:

Baca:  Polres Ciamis Musnahkan Ribuan Botol Miras

Kurangnya kebersihan

Kulit kepala dan rambut yang tidak terjaga kebersihannya dapat memicu terbentuknya ketombe. Hal ini bisa terjadi karena adanya penumpukan minyak di kulit kepala yang akhirnya akan memicu tumbuhnya jamur. Contohnya jamur Malassezia furfur.

Gangguan kulit

Beberapa gangguan kulit yang terjadi di kulit kepala juga dapat memicu terbentuknya ketombe. Misalnya peradangan kulit kepala, eksim kronis, dan psoriasis.

Produk rambut yang tidak sesuai

Beberapa orang juga dapat memiliki ketombe karena alergi terhadap produk perawatan atau penataan rambut. Biasanya ini dialami oleh mereka yang memiliki kepekaan terhadap kandungan tertentu dari produk rambut. Misalnya paraphenylenediamie yang dapat menyebabkan kulit kepala memerah, gatal, dan bersisik.

Gejala Ketombe

Pada umumnya, ketombe dapat dengan mudah Anda kenali. Terdapat beberapa gejala klinis penderita dengan ketombe yang bisa Anda amati, yaitu:

  • Adanya serpihan atau sisik berwarna putih keabuan pada kepala
  • Rasa gatal pada kulit kepala
  • Kerontokan rambut
  • Rambut terlihat berminyak

Sebelum Anda mencari cara menghilangkan ketombe dengan cepat, ada baiknya mengetahui penyebab. Ketombe yang muncul dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

  • Terlalu sering berkeramas. Anda yang pada awalnya berpikir sering berkeramas akan membuat kulit kepala bersih, ternyata itu salah besar. Karena terlalu sering berkeramas, rambut menjadi tak memiliki waktu untuk memproduksi minyak rambut secara alami. Sehingga akan membuat kulit kepala berketombe dan kering.
  • Penggunaan sampo yang tak sesuai dengan kulit kepala. Sampo yang Anda gunakan untuk membersihkan kulit kepala dari debu dan kotoran. Saat kulit kepala kurang bersih, maka ketombe dapat langsung timbul.
  • Infeksi jamur. Pada kulit kepala terdapat jamur malassezia, hal ini wajar da tidak memiliki akibat yang penting. Akan tetapi, jika jumlahnya berlebihan, maka akan terjadi iritasi dan akhirnya timbullah ketombe.
  • Kulit kering. Jenis kulit kepala yang satu ini merupakan penyebab yang paling umum terjadi. Jenis kulit kering dapat juga terjadi pada kulit kaki atau pun tangan. Sehingga sering terlihat kasar atau berwarna putih kering.
Baca:  Kang Agun Apresiasi Perkembangan Usaha Sale Bilqis Ciamis

Dengan mengetahui penyebab dari ketombe, Anda dapat mencegah timbulnya hal tersebut. Namun, jika ternyata sekarang Anda tengah mengalaminya karena salah satu sebab tersebut, maka harus segera menemukan cara untuk menghilangkannya.

cara menghilangkan ketombe
edelweis

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat

Ketombe yang sangat mengganggu Anda, ternyata dapat Anda hilangkan dengan cara yang mudah serta cepat. Anda tak perlu khawatir lagi karena masalah ketombe ini, karena berikut ini cara untuk menghilangkannya.

  • Cuka. Pemakaian cuka masih jarang Anda ketahui karena biasanya hanya untuk makanan saja. Penggunaannya harus dengan hati-hati dan jangan terlalu banyak, sehingga ketombe dapat hilang dengan efektif.
  • Baking soda. Penggunaan baking soda untuk menghilangkan ketombe secara permanen sama dengan cuka. Jangan terlalu banyak dan terlalu sering, sehingga tak muncul efek yang tak Anda inginkan.
  • Jeruk nipis dalah salah satu jenis jeruk yang kaya akan vitamin C, Bi, B2, B3, B5, asam sitrat dan masih banyak lagi. Jeruk nipis lebih Anda kenal karena dapat mangatasi kebotakan dan menebalkan rambut. Jika Anda gunakan secara teratur pada kulit kepala, maka ketombe dapat hilang karenanya.
  • Lemon, selain jeruk nipis Anda pun dapat menggunakannya untuk menghilangkan ketombe. Cara penggunaannya pun sama dengan jeruk nipis.
Baca:  iNose C-19, Alat Deteksi Covid-19 Melalui Bau Keringat Ketiak

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan tak memerlukan banyak biaya. Bahan-bahan yang mudah Anda temukan sekitar Anda dan harganyanya pun murah. Selain itu penggunaan sampo dengan formula yang tepat dapat juga membantu menghilangkan ketombe. Kini Anda tak perlu bingung lagi, gunakanlah salah satu cara diatas.