Cara Menghilangkan Iklan Saat Menonton YouTube

0
18
YouTube
Foto: Unsplash

Reportasee.com – YouTube merupakan platform untuk berbagi konten atau video secara gratis. Untuk meraih pendapatan, YouTube memberikan iklan-iklan ke berbagai video di layanan mereka. Sayangnya, sebagian besar orang tidak menyukai hal tersebut karena menganggu.

Terkadang, iklan pada YouTube mucul di tengah-tengah video ketika sedang asyik-asyiknya menonton video. Untungnya, hal tersebut dapat di atasi dengan cara-cara berikut. Simak penjelasanya.

Menambah (dot) pada URL Video

Salah satu penggun Reddit menemukan cara yang menarik dan mudah untuk menghilangkan iklan dari YouTube. Caranya yaitu dengan menambahkan (dot) atau titik setelah .com di URL video yang sedang di tonton.

Jika hal tersebut di lakukan maka link pertama yaitu youtube.com/urlvideo dan setelah di ubah menjadi youtube.com./urlvideo.

Metode tersebut di klaim dapat menghilangkan iklan di awal, pertengahan dan akhir video. Beberapa browser dapat menerapkan metode ini, seperti Google Chrome, Safari dan Microsoft Edge. Kecuali, Mozzila Firefox yang melempar kembali ke halaman utama YouTube.

Melalui Situs ViewPure

Selain menggunakan cara yang pertama, kamu juga bisa menggunakan cara ini yang tidak kalah mudah dengan cara sebelumnya. Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunjungi situs ViewPure.

Setelah itu, salin link video yang ingin kamu tonton, lalu tempelkan pada kolom yang sudah di sediakan. Klik Purify untuk memulai proses, dan tunggu sampai terbuka tab baru.

Proses tersebut tidak akan memakan waktu lama. Dan jika sudah selesai, kamu bisa menikmati menonton video tanpa iklan.

Memasang Ekstensi Adblock Plus

Dalam kedua cara di atas, kamu di haruskan melakukanya satu per satu dengan manual. Namun, ada cara yang lebih sederhana dan sekaligus. Cara ini hanya dapat di lakukan pada browser yang mendukung ekstensi, sehingga hanya dapat di gunakan pada PC saja.

Untuk pengguna Microsoft Edge atau Google Chrome dapat mengunjungi Chrome Web Store dan cari ekstensi AdblockPlus. Setelah muncul, silahkan klik Tambahkan ke Chrome dan Add Extension pada bagian atas.

Menggunakan Browser Bebas Iklan

Browser bebas iklan dapat kamu temukan pada Google Play Store. Seperti Brave Browser, Bromite, AVG Browser dan Ghostery Privacy Browser.

Semuanya dapat kamu download secara gratis dan di lengkapi dengan berbagai fitur seperti VPN bawaan, pemblokir tracker, pemblokir iklan, mode browsing privat dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakan browser tersebut untuk menonton video YouTube dan terbebas dari iklan. Cara ini merupakan alternatif apabila kamu tidak memiliki PC.

Berlangganan YouTube Premium

Cara yang terakhir ini merupakan yang termudah dan lebih baik untuk menghilangkan iklan. Kamu hanya tinggal berlangganan YouTube Premium. Layanan ini resmi dari pihak YouTube dan menghadirkan berbagai keunggulan, salah satunya tidak ada iklan pada video.

Selain itu, apabila kamu berlangganan dapat mengakses secara penuh ke YouTube Music Premium. Memiliki dukungan pemutaran video di latar belakang dan mendownload video untuk di putar secara offline.  

Jika kamu tertarik untuk berlangganan, kamu bisa mencoba versi uji cobanya dalam waktu satu bulan sebelum kamu berlangganan Rp. 59 Ribu per bulan.

Editor: Agun Wiguna