Cara Mengatasi Stres Kerja Agar Pikiran Segar Kembali

Cara Mengatasi Stres Kerja Agar Pikiran Segar Kembali
Foto: Dictio

Reportasee.com – Cara mengatasi stres kerja ada banyak dan efektivitasnya juga berbeda-beda tergantung masing-masing orang.

Ada yang berhasil mengatasi stres dengan berdiam sendiri di rumah, ada juga yang mengatasi stres dengan hangout bersama teman-teman.

Jika belum tahu mana yang akan cocok dengan Anda, mungkin harus Anda coba semuanya terlebih dahulu.

Stres karena bekerja bukanlah hal sepele, masalah ini bisa mengganggu kesehatan tubuh. Maka dari itu, Anda perlu cepat mencari cara untuk mengatasi stres karena pekerjaan.

Sebenarnya ada cara simple untuk mengatasi hal tersebut seperti berolahraga, berkumpul dengan orang tersayang, memakan makanan favorit, dan masih banyak lagi.

Hindari Stress karena Bekerja

Masalah hidup bisa datang dari mana saja, termasuk dari pekerjaan yang terus menumpuk hingga membuat pikiran mumet.

Hal ini memang sudah menjadi resiko orang yang bekerja, tapi jangan khawatir karena Anda bisa menghindarinya.

Maka akan lebih beruntung lagi jika mempunyai pekerjaan sesuai hobi, stres karena pekerjaan dapat lebih terminimalisir.

Agar beban pikiran tidak terlalu menumpuk, sebaiknya Anda harus mengatasi stress tersebut setiap hari. Bisa dengan bangun lebih pagi, sarapan makanan sehat, lalu berolahraga.

Cara ini banyak para pekerja kantoran lakukan untuk meminimalisir stres setiap harinya. Tubuh yang bugar akan membuat pikiran lebih sehat dan tidak mudah stress.

Jika tidak sempat setiap hari, Anda bisa melakukan olahraga seminggu sekali. Jangan lupa juga untuk memakan makanan sehat seperti buah dan sayur setiap hari.

Hal ini menjadi upaya untuk membantu pikiran lebih jernih. Anda juga bisa mengonsumsi makanan dan minuman manis seperti coklat dan ice cream, makanan tersebut mampu meningkatkan mood seseorang.

Cara Mengatasi Stress Kerja Paling Mudah

Meredakan stres karena pekerjaan sangat penting, karena pikiran yang sehat dapat membuat seseorang lebih produktif.

Selain tu, pikiran sehat juga dapat membuat tubuh bugar sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Tapi bagaimana cara mengatasi stres kerja yang paling efektif ? Simak penjelasannya d isini.

Pijat Refleksi

Pijat refleksi menjadi cara andalan orang sejak dulu untuk meredakan stres, apalagi ketika sudah lelah karena bekerja seharian penuh.

Ada banyak salon atau tempat spa yang menyediakan pijat refleksi. Anda hanya perlu mengeluarkan budget 300-400 ribu rupiah, badan dan pikiran akan terasa ringan kembali setelah dipijat.

Biaya sebanyak itu mungkin tidak akan memberatkan demi kesehatan pikiran dan tubuh. Anda akan dipijat selama kurang lebih 45 menit, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Jika menginginkan tempat pijat khusus untuk perempuan, Anda tinggal mencarinya karena kini sudah banyak tersedia di banyak tempat.

Anda juga bisa sekaligus melakukan spa untuk perawatan kulit tubuh dan wajah. Selain tubuh menjadi lebih ringan dan bugar, wajah Anda juga akan terlihat lebih bersinar setelah melakukan pijat refleksi.

Baca:  Daftar Lagu Lady Gaga yang Legendaris dan Banyak Ditonton

Melakukan Meditasi

Jika tidak ingin melakukan pijat, Anda bisa melakukan meditasi untuk memulihkan kembali pikiran yang kusut.

Tidak perlu pergi ke luar rumah, meditasi ini bisa Anda lakukan di dalam kamar atau tempat yang nyaman lainnya. Ambil posisi duduk dengan kaki menyilang, pejamkan mata dan rasakan ketenangan.

Lakukan selama beberapa menit sampai beban di pikiran Anda terasa berkurang. Jika belum mengerti caranya, Anda bisa melihat tutorial di Youtube.

Ada banyak langkah meditasi ampuh yang dapat menenangkan pikiran. Selain itu, ada juga yang menambahkan dengan kalimat-kalimat motivasi, untuk lebih menenangkan pikiran Anda.

Anda juga bisa melakukan olahraga yoga untuk melakukan meditasi ini. Tentunya akan lebih baik lagi jika Anda mengikuti kelas yoga bersama instruktur professional, agar bisa mendapat manfaat optimal.

Olahraga di Tempat Gym

Cara mengatasi stres kerja selanjutnya, yaitu dengan berolahraga di tempat gym. Kenapa harus gym?

Karena tempat tersebut biasanya memiliki ruangan yang sejuk, juga alat-alat olahraga yang efektif.

Di tempat kebugaran ini Anda bisa memperbaiki postur tubuh, juga membuat otot lebih ringan.

Kunjungi tempat gym sekurang-kurangnya tiga kali dalam dua minggu, maka beban stres karena pekerjaan akan terasa lebih ringan.

Olahraga di gym dapat terbilang lebih efektif daripada olahraga lainnya. Anda pun tidak akan kepanasan karena ruangannya yang sejuk dan teduh.

Mengkonsumsi Coklat dan Makanan Manis

Mungkin Anda sudah pernah mendengar bahwa cokelat mampu meredakan stres?

Masih banyak pro dan kontra terkait pernyataan ini, tapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba cara ini.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan dalam cokelat dapat meningkatkan dopamine.

Apa itu dopamine? Mari simak beberapa kandungan dalam cokelat yang terbukti dapat meredakan stres.

Dopamine – Merupakan kandungan yang efektif untuk membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Kandungan ini juga dapat meningkatkan mood, hal inilah yang membuat pernyataan bahwa cokelat dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

Phenylethylamine – Menurut survey dari Kraft Food, coklat menjadi makanan favorit untuk merayakan valentine.

Kandungan Phenylethylamine ini memiliki sifat afrodisiak, yang dapat memberikan perasaan senang terhadap orang yang mengkonsumsinya.

Anandamide – Beberapa penelitian mengatakan bahwa kandungan anandamide mampu membuat tubuh menjadi terasa lebih ringan.

Pikiran juga akan lebih santai dan tenang, sangat cocok untuk Anda yang ingin meredakan stres.

Mengatasi stress memang tidak sulit, Anda hanya perlu meluangkan waktu dan beberapa biaya untuk membahagiakan diri.

Stres memang sudah menjadi bagian dari hidup seseorang, sehingga wajar saja jika seseorang sangat rentan terkena stres. Asalkan Anda mampu untuk mengendalikan stres tersebut, hidup akan terasa lebih seimbang.