32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaCara Mencegah Gagal Ginjal Berikut Penting Diterapkan

Cara Mencegah Gagal Ginjal Berikut Penting Diterapkan

Reportasee.com – Di Indonesia, setidaknya terjadi 150 ribu kasus gagal ginjal setiap tahunnya. Ini menjadi peringatan bahwa penyakit satu ini cukup berbahaya dan bisa menyerang siapa saja. Cara mencegah gagal ginjal tentu patut diketahui semuanya, alih-alih terlambat dan menyesal di kemudian hari.

Kemungkinan terkena gagal ginjal makin besar apalagi jika Anda memiliki penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung lain, atau memiliki keluarga dengan riwayat gagal ginjal. Berikut hal-hal sederhana dalam kehidupan yang bisa mencegah gagal ginjal.

Mencegah Gagal Ginjal

Rajin Cek Kesehatan

Diabetes, darah tinggi, dan penyakit jantung lain adalah awal dari terjadinya gagal ginjal. Nah, mencegah gagal ginjal berarti Anda juga harus mencegah terkena penyakit tadi.

Caranya bisa Anda mulai dengan rajin tes kesehatan secara lengkap. Ini bisa Anda lakukan secara rutin dan terjadwal.

Jangan ragu untuk banyak bertanya mengenai kondisi kesehatan Anda, termasuk ginjal. Penyakit ginjal ini biasanya tidak memiliki gejala. Nah, cek kesehatan secara rutin akan memberikan informasi nyata mengenai kondisi ginjal tersebut.

Makan Makanan Sehat

Apa yang Anda makan sangat berpengaruh pada kesehatan. Untuk itu, jika Anda ingin terhindar dari penyakit-penyakit serius, maka pola makan dan pilihan makan harus berubah.

Awalnya mungkin Anda sangat menggemari minuman soda atau makan gorengan, maka mulai menguranginya dari sekarang. Berikut ini adalah panduan singkat makanan yang bisa Anda pilih sebagai cara mencegah gagal ginjal.

Kurangi Garam

Makanan kurang garam memang tidak sedap, tapi Anda bisa mengakali makanan menggunakan variasi rempah lainnya.

Hindari Makan Gorengan

Alih-alih banyak menggoreng makan, Anda bisa mengolahnya dengan cara rebus, kukus, atau memanggang

Mengurangi Nasi Putih

Mulai kurangi konsumsi nasi putih Anda. Nasi putih sangat cepat dicerna oleh tubuh, ini berarti lebih cepat penyerapan gulanya dan berdampak pada naiknya gula darah.

Perhatikan Label Makanan Kemasan

Pilih makanan yang rendah lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, garam (natrium), dan gula tambahan.

Makan Makanan Rumahan

Cara mencegah gagal ginjal yang paling sederhana adalah tidak banyak jajan dan makan makanan rumahan. Dengan makan makanan rumah, Anda bisa mengontrol makanan, garam, dan gula yang digunakan. Kebersihan pun lebih terjaga.

Rutin Berolahraga

Jika sebelumnya Anda berolahraga hanya untuk kegiatan, maka untuk mencegah penyakit olahraga harus menjadi bagian dari gaya hidup yang baru. Buat jadwal olahraga yang konsisten dan bisa Anda ikuti dengan mudah.

Baca:  Cara Menghaluskan Rambut Laki-laki Secara Alami

Misalkan, setiap pagi sebelum berangkat kerja dan menyempatkan waktu antara 10 – 15 menit olahraga lari mengelilingi kompleks perumahan Anda.

Atau berenang di setiap akhir minggu. Tidak ada kata terlambat untuk memulai rutin olahraga. Beberapa contoh olahraga yang baik untuk ginjal adalah aerobik, bersepeda, jalan kaki, dan fitnes.

Baca:  Sejarah dan Latarbelakang Munculnya International Women's Day

Menjaga Berat Badan

Setiap orang menarik, baik kurus atau gemuk asalkan sehat pasti tetaplah memesona. Nah, salah satu kunci sehat yaitu menjaga berat badan yang ideal. Jika Anda merasa memiliki berat badan yang lebih, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan atau konsultasi dengan pakar gizi.

Jangan ragu juga untuk mengikuti berbagai kelas olahraga untuk mencapai tingkat kebugaran tubuh Anda. Obesitas memiliki pengaruh secara tidak langsung pada hipertensi dan diabetes jenis 2 yang merupakan sumber awal dari gagal ginjal.

Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Sudah jaga makan dan rajin olahraga, jangan lupa untuk mengurangi nikotin dan alkohol Anda, jika bisa, sebaiknya berhenti. Seperti yang Anda tahu bahwa dalam satu linting rokok terdapat beragam kandungan berbahaya.

Nah, kandungan berbahaya inilah yang membuat penurunan laju GFR pada ginjal dan menyebabkan gagal ginjal kronik. Tidak hanya pada lansia, tapi juga bisa terjadi pada remaja.

Sementara jika minuman beralkohol bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah dan menambah kalori ekstra, ini dapat menyebabkan penambahan berat badan. Jika wanita, konsumsi alkohol yaitu 1 gelas dan laki-laki 2 gelas per hari.

Mengelola Stres

Cara mencegah gagal ginjal yang sering tidak banyak orang sadari adalah pengelolaan stres. Biasanya, orang yang stres akan mengalami susah tidur dan gangguan kecemasan, ini juga mempengaruhi kerja ginjal dan terhadap pilihan-pilihan makanan setiap harinya.

Sangat penting mengelola stres supaya tidak berkepanjangan. Misalnya dengan berjalan-jalan setiap pagi di taman, melukis, membaca buku, atau mendengarkan lagu kesukaan. Tidak masalah jika Anda ingin melakukan terapi untuk memulihkan kualitas tidur.

Tingkatkan aktivitas fisik juga salah satu cara yang bisa dicoba karena bisa membuat badan kembali sehat dan mengelola stres. Sebut saja seperti yoga, meditasi, atau thai chi.

Gagal ginjal adalah penyakit yang sulit untuk Anda sembuhkan. Maka dari itu, lebih baik mencegah daripada terlanjur mengobati. Lakukan cara di atas untuk mendapatkan kesehatan dan sekaligus terhindar dari penyakit lainnya. Jangan lupa istirahat yang cukup dan minum air putih sesuai anjuran!

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer