32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaBegini Cara Memperbaiki Pola Tidur agar Lebih Teratur

Begini Cara Memperbaiki Pola Tidur agar Lebih Teratur

Tidur merupakan salah satu cara agar tubuh tetap sehat dan bugar. Tentunya dengan pola tidur yang baik, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Sebenarnya, cara memperbaiki pola tidur tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Pola tidur dapat diperbaiki dengan cara yang cukup mudah. Dengan beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan secara rutin dan teratur maka bisa memperbaiki pola tidur. Kegiatan yang bisa Anda lakukan cukup ringan dan tak perlu berat-berat.  

Buat Jadwal Tidur

Pola tidur yang baik akan membuat hari-hari Anda lebih teratur. Selain itu, pola tidur yang  baik akan membantu kinerja tubuh dan otak menjadi lebih baik. Salah satu cara untuk membenahi pola tidur yang berantakan atau tidak teratur yakni membuat jadwal tidur.

Jadwal tidur akan membuat tubuh Anda terbiasa untuk tidur dan bangun tepat waktu. Cobalah untuk bangun dan tidur sesuai jadwal yang sudah Anda buat. Lakukan itu setiap hari dan bahkan lakukan itu saat akhir pekan ataupun di hari libur.

Atur Konsumsi Makanan dan Minum

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi juga dapat berpengaruh pada pola tidur. Pola tidur sangat berkaitan dengan pola makan. Untuk mengurangi pola tidur yang tidak teratur atau berantakan Anda harus mencoba untuk mengaturnya.

Sebaiknya hindari konsumsi makanan berat di saat Anda ingin tidur. Tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan yang telah masuk. Hal ini akan membuat tubuh kurang nyaman sehingga akan menggangu tidur Anda.

Hindari pula konsumsi kafein maupun alkohol ketika Anda akan tidur. Pasalnya, tubuh juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencerna zat-zat tersebut. Sehingga hal ini juga dapat membuat tubuh Anda merasa tidak enak dan mengganggu tidur Anda.

Olahraga Teratur

Melakukan aktivitas fisik juga menjadi salah satu cara memperbaiki pola tidur yang berantakan. Salah satunya dengan berolahraga. Pasalnya dengan olahraga maka otot dan beberapa jaringan tubuh akan mendapatkan efeknya.

Hal ini karena dengan olahraga, maka otot dan jaringan tubuh akan ikut menyelaraskan ritme sikardian atau ritme tidur Anda. Selain itu, olahraga juga akan berpengaruh pada produksi hormon melatonin yang akan membantu tidur lebih nyaman.

Olahraga akan membantu tubuh Anda lebih bugar dan akan meningkatkan kulitas tidur Anda. Lakukan olahraga dengan teratur dan tak perlu memaksakan dengan yang berat-berat terlebih dahulu.

Relaksasi Diri

Relaksasi tubuh perlu Anda lakukan sebelum tidur. Hal ini akan membantu menata rutinitas keesokan harinya, sehingga otak Anda tidak akan gelisah ketika tidur. Tentunya tidak harus dengan gerakan yang susah, cukup dengan mengatur pernapasan.

Baca:  Kegiatan Lebaran Di Rumah Seru Tanpa Mudik 2021

Mengatur pernapasan dan juga merenggangkan otot dan persendian akan membantu tidur Anda jauh lebih pulas. Hal ini juga akan memebuat tubuh nada lebih rileks, tenang dan nyaman, sehingga tidur Anda akan benar-benar nyenyak.

Baca:  9 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa

Atur Pencahayaan Kamar Tidur

Cara memperbaiki pola tidur selanjutnya adalah dengan mengatur pencahayaan ruangan. Hormon melatonin akan dapat diproduksi ketika kondisi kamar gelap tanpa pencahayaan. Tingginya hormon ini yang akan membuat tidur Anda nyenyak.

Beda halnya saat tubuh Anda terkena cahaya maka produksi horon melatonin akan terhenti. Hormon melatonin merupakan hormon yang dapat memicu kantuk sehingga Anda dapat tertidur dengan diproduksinya hormon ini.

Dalam Hal ini, Anda sebaiknya mengatur pencahayaan ruangan, yang mana di malam hari ruangan begitu gelap. Sedangkan di siang hari sangat cerah. Ini juga berfungsi agar Anda segera bangun ketika ruangan telah disinari cahaya.

Perhatikan Kenyamanan Ruang Tidur

Kenyamanan ketika tidur merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya kenyamanan ruang tidur Anda akan berpengaruh pada perasaan dan tubuh Anda.

Ketika kamar atau ruang tidur Anda berantakan maka otak dan tubuh Anda akan berusaha untuk menyamankan diri yang justru membuatnya bekerja bukan istirahat.

Tata ruang senyaman mungkin bagi Anda. Siapkan kasur, bantal, selimut, dan perlengkapan tidur lainnya yang bisa membuat Anda nyaman. Jangan lupa untuk membersihkan ruangan dan perlengkapan tidur tersebut secara rutin dan berkala.

Hindari Tidur Siang dalam Waktu Lama

Tidur siang sebenarnya juga baik untuk mengistirahatkan tubuh. Asalkan tidak dalam waktu lama. Pasalnya tidur siang yang berlebihan akan membuat Anda kesulitan tidur di  malam hari.

Tidur siang yang berlebihan juga akan membuat tubuh memproduksi hormon kantuk karena tubuh menganggap bahwa itu merupakan malam hari. Sehingga di malam harinya tubuh justru tak memproduksi hormon kantuk tersebut.

Hindari Tidur di Waktu Produktif

Waktu produktif harusnya Anda manfaatkan untuk bekerja. Tidur di waktu produktif justru akan membuat produktifitas Anda menurun. Jika berlangsung terus-menerus, ini akan jadi kebiasaan yang menghilangkan waktu produktif Anda.

Tidurlah di waktu yang tepat dan teratur. Salah satu cara memperbaiki pola tidur yang baik yakni dengan tidur di waktu yang tepat. Waktu yang tepat bukanlah ketika waktu produktif Anda, namun diwaktu tubuh dan otak Anda perlu istirahat.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer