32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaResep Unagi yang Mudah dan Praktis

Resep Unagi yang Mudah dan Praktis

Resep unagi ala Jepang bisa Anda coba dan praktekkan di rumah sebagai hidangan alternatif terutama bagi Anda pecinta menu masakan Jepang.

Menu khas Jepang memang sangat bervariasi dalam perpaduan rempah dan bahannya. Salah satu menu yang cukup terkenal adalah unagi don. Menu tersebut merupakan  menu tradisional wajib di Jepang.

Sajian ini berupa nasi mangkuk yang tersaji bersama dengan ikan sidat atau belut panggang dengan baluran saus khusus.  

Unagi memiliki kandungan gizi yang cukup besar.  Menu ini banyak mengandung  vitamin A dan E. Selain itu juga kaya akan asam lemak Omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh.

Sajian ini sangat cocok sebagai pendamping nasi hangat. Dari negeri asalnya, hidangan  ini populer dengan nama unadon atau unagi donburi.

Kepuasan  dari menikmati unagi yang baru matang setelah proses pemanggangan denga nasi hangat benar-benar berbeda.

Aroma sausnya saja sudah cukup untuk menggugah selera makan. Cita rasa masakan ini terbilang sangat autentik dan dapat memanjakan lidah.

Resep Unagi yang Mudah

Bila Anda berencana untuk mengunjungi Jepang, semoga Anda dapat menemukan restoran unagi yang baik dan mencobanya.

Namun sebagian besar orang Jepang tidak membeli ikan unagi hidup untuk mereka masak di rumah. Mereka membeli unagi yang sudah matang atau sudah melalui proses pemanggangan dan dalam kemasan.

Gaya memasak dengan cara memanggangnya terkenal dengan sebutan kabayaki (belut panggang) atau mirip dengan hidangan Teriyaki.

Ini adalah cara yang sangat unik untuk mempersiapkan unagi. Namun selain belut atau ikan sidat, ada beberapa jenis ikan lain yang dapat Anda olah dengan cara yang sama.

Cara mengolahnya dengan membelah memanjang, lalu kukus daging filetnya selama beberapa menit.

Kemudian olesi dengan saus kabayaki yang terbuat dari campuran shoyu, gula dan sake. Setelah itu panggang lagi hingga kecoklatan membentuk caramel.

Ketika unagi tersaji dalam mangkuk, orang menyebutnya  unadon. Namun bila tersaji dalam wadah persegi kotak pernis yang mewah, namanya Unaju (Unaju).

Konon kabarnya sajian ini sudah ada pada zaman kekaisaran Meiji. Di kota Nagoya cara memasak dan menyajikan unagi sangat berbeda. Tampilannya sedikit lebih pucat daripada unagi gaya Tokyo.

Penyebabnya, karena mereka memasak fillet unagi segar dengan olesan bumbu dan memanggangnya menggunakan bara api tanpa proses mengukus lebih dulu.

Proses ini mengakibatkan lemak pada ikan sidat atau belut meleleh dan menyatu dengan dagingnya. Meskipun warnanya cokelat muda dan sedikit pucat namun rasanya lebih gurih.

Cara penyajian Unagi ini dengan menggunakan sebuah baki atau peralatan satu set.

Peralatan tersebut terdiri dari unagi dalam mangkuk yang terbuat kayu, acar pada piring kecil, satu wadah berisi sayuran kubis, irisan daun bawang dan satu poci kaldu panas serta sup bening.

Menu hidangan unagi atau belut panggang mudah  Anda temui di berbagai tempat. Bahkan di kota-kota besar dunia termasuk Jakarta.

Baca:  Pesona Keindahan Air Terjun Sumbermanik Nganjuk Jatim

Bagi Anda khususnya para wanita karir yang ingin menyajikan menu sehat dan bergizi tinggi namun praktis, bisa mencoba resep unagi dengan saos kabayaki.

Baca:  Pesona Keindahan Air Terjun Sumbermanik Nganjuk Jatim

Sajian ini sangat tepat menjadi pilihan hidangan sehat di rumah. Anda dapat menggunakan ikan sidat atau belut. 

Berikut ini adalah resep unagi yang dapat Anda coba bila ingin membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  1. Unagi (ikan sidat atau belut) mentah yang sudah Anda bersihkan dan potong membujur (Anda juga dapat menggunakan Shirayaki Unagi atau ikan sidat yang sudah matang tapi belum berbumbu)
  2. Minuman bersoda (boleh pakai merk apa saja)
  3. Kecap asin (Merk apapun bisa, tapi bila ingin terasa lebih dekat dengan menu aslinya, Anda dapat menggunakan merk Kikkoman yang memang murni kecap asin)

Cara memasak:

  1. Pertama membuat saos untuk olesan dengan mencampurkan kecap asin dan minuman bersoda ke dalam sebuah panci dengan menggunakan perbandingan 1:2. Lalu aduk dan panaskan sebentar  atau sampai larutan menjadi kental ( Anda dapat menambahkan gula  dan garam bila terasa kurang sesuai  dengan selera Anda).
  2. Potong ikan sidat atau belut sesuai dengan selera
  3. Panggang ikan sidat dengan bagian kulit terlebih dahulu (Anda dapat menggunakan happycall atau panci anti lengket)
  4. Setelah kedua sisi sudah mulai agak matang, tuangkan saos yang telah Anda buat sedikit demi sedikit. (Anda dapat membeli saus Unagi dari supermarket Jepang atau Asia)
  5. Masak sampai matang.
  6. Bila sudah matang, hidangkan unagi ke atas mangkok, namun sebelumnya oleskan saus unagi ke atas nasi hangat secukupnya.

Ikan Sidat yang ada di Indonesia kemungkinan dagingnya tidak selembut kualitasnya dengan ikan sidat yang berasal dari Jepang.

Oleh karena itu butuh penanganan khusus sebelum Anda memasaknya agar menjadi lebih lembut.

Adapun caranya adalah merendam ikan dengan minuman bersoda selama kurang lebih 10 menit. Anda juga dapat mengoleskan parutan buah pir sekitar 15 menit.

Saat perendaman pastikan kondisi ikan masih mentah,segar dan tidak dalam keadaan beku.

Bila Anda membeli sudah dalam bentuk Shirayaki (sudah matan tapi belum ada bumbunya), maka cara melembutkan dagingnya yaitu dengan merebus Shirayaki dalam campuran air dan minuman soda dengan perbandingan 1:1.

Rebus  dengan menggunakan api kecil sedang sampai airnya mulai menguap semua. Anda juga bisa merebusnya dalam air teh sampai airnya menguap.

Itulah resep cara membuat unagi yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer