Cara Melancarkan Peredaran Darah secara Alami

0
6
cara melancarkan peredaran darah

Sering mengalami kesemutan? Kaki atau tangan terasa dingin tiba-tiba? tanda-tanda tersebut bisa jadi merupakan gejala peredaran darah yang tidak lancar. Hal ini dapat menghambat distribusi oksigen dan nutrisi oleh darah. Lalu, bagaimana cara melancarkan peredaran darah pada tubuh kita?

Darah memiliki peran penting pada tubuh kita karena jika tidak lancar atau tersumbat maka akan ada sel-sel tubuh yang tidak dapat nutrisi. Tentunya, Anda masih bisa melakukan beberapa cara untuk melancarkan peredaaran darah dengan melakukan beberapa hal berikut

Olahraga Teratur

Salah satu cara melancarkan peredaran darah yang mudah Anda lakukan yaitu dengan melakukan olahraga dengan rutin. Olahraga yang Anda lakukan tidak perlu terlalu berat, cukup olahraga ringan seperti jalan kaki, lari, bersepeda, maupun berenang. Hindari olahraga yang menguras energi.

Jika sudah teratur melakukan olahraga, selain peredaran darah menjadi lancar, juga terdapat banyak manfaat lain seperti daya tahan tubuh meningkat, berat badan ideal, dan meningkatkan energi. Hal ini karena jantung Anda akan memompa darah lebih kuat dan dapat menurunkan tekanan darah.

Minum Banyak Air Putih

Jumlah konsumsi air putih tidak dapat Anda anggap hal remeh, karena tubuh harus tetap terhidrasi agar peredaran darah tetap lancar. Apalagi jika Anda banyak beraktifitas, maka harus lebih banyak minum air putih agar kandungan air dalam darah tidak hilang.

Kandungan air dalam darah adalah sebanyak 95%, sehingga sangat berpengaruh pada kekentalan darah jika Anda minum kurang dari yang seharusnya. Konsumsi air yang bagus adalah 8 gelas atau 2 liter air putih dalam sehari, jika aktifitas lebih padat, disarankan untuk minum air putih lebih banyak lagi.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Konsumsi banyak sayur dan juga buah merupakan cara melancarkan peredaran darah yang tidak boleh ketinggalan. Makan banyak sayur dan buah secara tidak langsung membantu dalam membersihkan pembuluh darah, sehingga memiliki andil dalam kelancaran aliran darah.

Selain membantu memperlancar peredaran darah, rutin mengkonsumsi sayur dan buah juga membantu mengendalikan kolesterol dalam tubuh dan juga membantu berat badan tetap terjaga. Usahakan selalu menyertakan sayur dan  buah saat makan. Kurangi juga konsumsi garam berlebih

Berhenti Merokok

Jika Anda merupakan perokok aktif, sebaiknya kurangi atau hentikan konsumsi rokok dalam keseharian Anda. Karena kandungan nikotin pada rokok dapat menyebabkan dan berpotensi menjadikan saluran darah tersumbat atau tidak lancar sehingga tidak baik bagi kesehatan.

Kandungan nikotin jika sudah Anda konsumsi dalam waktu lama akan merusak dinding pembuluh darah arteri dan akan membuat darah mengental. Sehingga sebaiknya Anda menghentikan konsumsi rokok. Jika belum bisa kurangi sedikit demi sedikit atau coba konsultasi ke dokter.

Makan Makanan Pelancar Peredaran Darah

Terdapat beberapa sumber makanan yang dapat Anda konsumsi untuk membantu mencaga kelancaran aliran darah. Salah satunya seledri yang mengandung vitamin A yang membantu jantung secara efektif memompa darah keseluruh tubuh, juga vitamin K yang dapan mengendalikan kekentalan darah.

Selain seledri terdapat beberapa sumber makanan lain seperti gandum yang dapat mengurangi kolesterol darah dan menjaga sirkulasi darah tetap normal. Kemudian kacang Almond yang mengandung protein nabati, serat, vitamin E dan magnesium untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Buah buahan seperti pisang, alpukat, dan jeruk sangat bagus untuk Anda konsumsi karena selain jeruk yang mengandung antioksidan tinggi, lemak dan omega-3 yang terdapat pada alpukat membantu menjaga sirkulasi darah. Kalium dalam pisang juga dapat melancarkan peredaran darah.

Rempah-rempah seperti jahe dan kayu manis juga dapat membantu pelancaran peredaran darah. Kayu manis dapat mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Sedangkan jahe dapat menurunkan tekanan darah, kontrol kolesterol juga kontrol gula darah.

Tidak Duduk Terlalu Lama

Salah satu cara melancarkan peredaran darah yang mudah, tapi sering orang lupakan yaitu dengan sesekali berdiri jika mereka duduk sudah terlalu lama. Karena jika terlalu banyak duduk, akan membuat aliran darah tidak bagus pada bagian punggung. Bahkan bisa menjadi gumpalan darah.

Agar tidak terjadi hal tersebut, maka luangkan waktu untuk beranjak dari tempat duduk sejenak. Kemudian, lakukan peregangan ringan beberapa saat. Hal bisa membuat aliran darah dari kaki Anda ke jantung lancar kembali dan juga otot-otot yang tegang menjadi rileks kembali.

Kurangi Stres

Stres selain tidak baik untuk kesehatan mental, juga tidak baik untuk kesehatan pembuluh darah. Oleh karena itu pengurangan dan pengendalian stress harus Anda lakukan untuk menjaga kelancaran peredaran darah. Dapat dengan melakukan meditasi dan yoga.

Cara-cara di atas bisa Anda terapkan pada kehidupan sehari-hari agar peredaran darah selalu lancar, dan bonusnya akan mendapat tubuh yang sehat dan kebugaran terjaga. Jangan lupa selalu jaga pola hidup sehat dengan berolah raga, makan sehat, dan pola tidur teratur!