Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi yang Terbukti Aman dan Efektif

0
11
cara mengobati bayi batuk pilek
ilustrasi cara mengobati bayi batuk pilek (foto: klikdokter)

Reportasee.com РCara mengobati batuk pilek pada bayi dapat kita lakukan sendiri sebelum memeriksakannya ke dokter. Apalagi gangguan pilek ini lumrah terjadi akibat daya tahan tubuh pada bayi yang menurun. Ada beberapa metode pilihan untuk mengobati batuk pilek si kecil yang aman dan efektif.

Pada dasarnya, batuk pilek bukanlah suatu penyakit yang membahayakan. Hal ini merupakan sebuah reaksi kondisi tubuh yang akan mengeluarkan virus, kuman serta kotoran yang menyerang tubuhnya. Jika sistem imunitas tubuh pada bayi rendah maka rentan akan terserang penyakit tersebut.

Secara umum, bayi yang mengalami kondisi batuk pilek biasanya lebih rewel dan sulit beristirahat. Batuk pilek ini akan sangat mengganggu kenyamanan bagi si bayi. Kondisi ini juga membuat para orang tua sering merasa khawatir melihat kondisi anaknya.

Karena itu, setiap orang tua tentu selalu melakukan yang terbaik untuk melindungi anaknya dari serangan batuk pilek. Bahkan, saat ada anggota keluarga lain terserang flu dan batuk, orang tua akan menjaga sang bayi agar tidak tertular.

Alternatif Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi

Bayi yang berumur kurang dari satu tahun tentunya sangat membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Selain dari asupan ASI, setelah bayi berumur 6 bulan, maka bisa kita kenalkan dengan makanan pendamping tambahan.

Saat memasuki musim penghujan, penyakit batuk dan pilek memang sangatlah mudah menyerang tubuh manusia. Jika Anda punya bayi dan orang di sekitarnya mengalami batuk pilek, maka Anda sebaiknya menghindari bayi agar tak tertular.

Setiap orang tua pasti akan cemas jika bayi mengalami batuk dan pilek untuk pertama kalinya. Bayi dapat terserang batuk dan pilek di usia berapa pun. Sebagian besar para bayi akan mengalami batuk pilek setidaknya sebanyak 7 kali sebelum usianya telah genap satu tahun.

Baca:  Tempat Wisata di Surabaya Jatim Bernuansa Alam

Kondisi tubuh bayi yang cenderung lemah memang rentan terhadap perubahan faktor lingkungan. Namun, bagaimana jika akhirnya bayi mengalami batuk pilek? Berikut ini adalah cara mengobati batuk pilek pada bayi yang bisa Anda terapkan.

Memberikan Air Susu Ibu (ASI)

ASI merupakan asupan nutrisi yang paling bergizi bagi bayi. Selain membuat bayi menjadi kenyang, ASI juga mengandung nutrisi yang sangat penting dan zat pembentuk kekebalan tubuh.

Bayi yang tercukupi asupan ASI biasanya akan memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat daripada bayi yang mengonsumsi susu formula.

Meski demikian, bayi yang terbiasa mengonsumsi ASI juga bisa mengalami batuk pilek. Hal itu karena  akibat kondisi lingkungan yang mungkin kurang bersih ataupun karena tertular virus melalui orang lain.

Maka dari itu, para ibu sebaiknya harus tetap memberikan asupan ASI lebih banyak saat si kecil mengalami sakit batuk pilek.

Meneteskan Cairan Saline

Cara selanjutnya mengatasi batuk dan pilek pada bayi yaitu dengan memberikan cairan saline. Untuk mengobati batuk pilek tentunya bisa Anda lakukan dengan meneteskan cairan saline untu si kecil. Cairan ini adalah sejenis larutan air garam steril yang cara penggunaannya Anda teteskan pada hidung bayi.

Penggunaan obat ini akan membantu mengeluarkan lendir dalam hidung serta tenggorokan bayi secara tepat dan aman. Cairan saline ini bisa dengan mudah Anda temukan di apotek.

Adapun cara untuk penggunaannya, Anda cukup meneteskan larutan saline tersebut sebanyak 2 hingga 3 tetes ke rongga hidung bayi. Untuk meneteskannya, Anda dapat menggunakan alat bantuan berupa pipet. Sebelum melakukannya, Anda perlu mendongakkan kepala bayi terlebih dahulu. Hal itu bertujuan agar memudahkan Anda dalam memberikan obat tersebut.

Baca:  Cara Ternak Ikan Mas, Bisnis dengan Untung Besar

Hal yang penting Anda ketahui, pastikan Anda telah membaca aturan pakai yang terdapat pada kemasan obat. Anda harus memahami seberapa banyak dosis penggunaan yang terdapat dari label kemasan. Namun, jika Anda merasa ragu maka tak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan resep dokter.

Memberikan Perawatan Lembut

Selain memberikan pengobatan, sebagai ibu tentunya Anda harus memberikan perawatan saat si kecil tengah sakit. Memberikan perawatan yang lembut akan lebih baik daripada memberikan obat sembarangan pada bayi. Pasalnya, perawatan ini menjadi cara mengobati batuk pilek pada yang akan menghadirkan rasa nyaman pada si kecil.

Cara perawatannya pun cukup mudah dan harus telaten. Anda dapat membersihkan saluran dalam hidung bayi yang tersumbat. Baik dengan cara menyedotnya secara langsung ataupun dengan menggunakan alat bantu seperti pipet karet. Hal ini akan sangat bermanfaat dan membuat si kecil dapat bernapas lebih lega.

Anda juga perlu menjaga kelembaban area di sekitar bayi. Untuk menjaganya, Anda dapat menggunakan humidifier yang dapat mencegah hidung bayi tersumbat serta melancarkan napasnya.

Istirahat yang Cukup

Saat kondisi bayi sedang sakit seperti batuk dan pilek, Anda harus memberikan bayi waktu istirahat yang cukup. Karena umumnya, bayi yang batuk pilek maka jam tidurnya pun ikut terganggu akibat ketidaknyamanan pada pernapasannya.

Sebagai orang tua, Anda harus memberikan ekstra perhatian terhadap anaknya yang tengah sakit. Anda perlu menghindari bayi untuk tidak membawanya ke tempat umum atau keramaian. Hal itu agar menghindarkan bayi dari lingkungan yang membuat kondisinya justru tak kunjung membaik.

Baca:  Apdesi Ciamis Tegaskan Pentingnya Smartboard Android dan KiosK

Dengan memberikan istirahat yang cukup serta perawatan intensif dari sang ibu, maka kondisi bayi pun akan cepat sembuh.

Memberikan Uap Hangat

Pemberian uap hangat tentunya memiliki manfaat sehingga memberikan efek pernapasan menjadi lebih lega dan nyaman. Anda dapat melakukan cara pemberian uap hangat ini ke dalam bentuk pelembab udara. Suhu yang tepat dan aman yaitu sekitar 37,2 hingga 38 derajat celcius.

Ada pula cara lainnya untuk mengobati batuk pilek pada bayi. Anda dapat melakukannya yaitu dengan cara memandikan si kecil menggunakan air yang hangat. Tak hanya mampu menghangatkan tubuh, cara ini juga terbukti dapat melegakan hidung dan pernapasan sang bayi.

Memberikan Minuman Hangat

Alternatif lainnya dalam mengatasi batuk pilek pada si kecil yakni dengan memberikan minuman hangat. Pemberian minuman hangat ini dapat membantu melegakan pernapasan bayi yang sedang tersumpat. Jenis minuman hangat untuk bayi ini dapat berupa air putih hangat ataupun air gula yang hangat.

Hal yang penting Anda perhatikan adalah jumlah minuman hangat yang akan Anda berikan pada si kecil berdasarkan dengan usianya. Sebaiknya Anda tidak memberikan air madu hangat saat usia bayi belum menginjak usia 1 tahun.

Itulah beberapa cara dalam mengobati batuk pilek pada bayi yang bisa Anda terapkan di rumah. Cara tersebut terbukti aman dan efektif untuk mengatasi bayi yang sedang batuk pilek. Namun, jika batuk pilek si kecil tidak kunjung membaik meski telah Anda obati, maka sebaiknya Anda segera ke dokter. Dengan konsultasi ke dokter, bayi Anda akan mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.