32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaCamilan Sehat untuk Ibu Menyusui yang Menyehatkan Bayi

Camilan Sehat untuk Ibu Menyusui yang Menyehatkan Bayi

Reportasee.com – Camilan sehat untuk ibu menyusui yang penting untuk kesehatan para bayi. Mengonsumsi camilan untuk ibu menyusui tentunya harus selektif sehingga tak asal makan. Namun, bunda tak perlu khawatir dengan beragam efek sampingnya. Karena ada berbagai macam jenis camilan sehat yang bisa bunda konsumsi tanpa rasa khawatir.

Terkadang sehabis menyusui biasanya bunda sering merasakan lapar. Namun, bunda juga biasanya enggan untuk makan. Karena itulah, solusi terbaik yaitu dengan makan camilan agar dapat mengganjal perut yang kelaparan.

Tak jarang muncul kekhawatiran bagi banyak ibu yang menyusui dalam mengonsumsi camilan. Hal itu memang cukup beralasan. Sebab, saat 6 bulan pertama kehidupan bayi, asupan ASI menjadi satu-satunya sumber makanan bagi si kecil.

Itulah mengapa para bunda harus tetap berhati-hati dalam memilih makanan. Terutama saat mengonsumsi camilan yang tidak sehat. Karena hal itu secara tidak langsung akan mempengaruhi terhadap makanan bagi si kecil.

Daftar Camilan Sehat untuk Ibu Menyusui

Saat bunda menyusui, tubuh tentunya membutuhkan ekstra nutrisi tambahan demi memperlancar produksi ASI. Oleh karena itu, saat menyusui seringkali bunda akan merasa cepat lapar dan ingin terus makan camilan.

Agar asupan nutrisi bunda tetap terjaga serta produksi ASI tidak terganggu, maka bunda perlu mengonsumsi camilan sehat. Bunda tidak boleh sembarangan konsumsi camilan yang tidak sehat.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis camilan untuk para ibu menyusui yang dapat bunda pilih. Makanan ringan ini bukan hanya sekedar mengenyangkan, namun juga sehat dan bernutrisi. Makanan ini juga bisa melancarkan ASI. Camilan sehat ini juga baik untuk kesehatan bayi Anda.

Greek Yoghurt dan Granola

Apakah bunda suka makan yoghurt? Jika iya, bunda tentu bisa mengonsumsi greek yoghurt sebagai camilan yang sehat bagi ibu menyusui. Sebab, yoghurt ini mengandung banyak nutrisi yang sangat baik seperti protein serta probiotik alami.

Semua nutrisi baik tersebut sangat bermanfaat untuk ibu menyusui. Agar dapat memaksimalkan kandungan nutrisinya bunda perlu menambahkan camilan lainnya. Bunda sebaiknya mengonsumsi greek yoghurt dengan sedikit menambahkan potongan buah segar agar lebih sehat.

Selain buah segar, bunda juga bisa menambahkan granola dengan ukuran kurang lebih seperempat cangkir. Namun, sebaiknya pilihlah granola yang bebas dari gluten agar menjadi  camilan makanan yang menyehatkan.

Irisan Pir dan Selai Kacang

Cemilan untuk para ibu menyusui selanjutnya yang menyehatkan dan cocok yakni potongan buah pir serta selai kacang. Penyajiannya untuk pembuatan camilan ini cukup mudah. Bunda hanya perlu mencuci buah pir terlebih dahulu. Setelah itu, bunda bisa memotongnya sesuai selera. Kemudian, tambahkan buah pir tersebut dengan selai kacang.

Buah pir dan selai kacang tentunya memiliki kandungan nutrisi sehat yang sangat ibu hamil butuhkan. Nutrisi sehat tersebut meliputi vitamin, mineral, dan protein. Jika bunda tidak menyukai selai kacang, bunda dapat menggantinya dengan taburan keju.

Dengan mengonsumsi camilan ini, kebutuhan akan kalsium, protein, dan vitamin B bunda dapat terpenuhi. Camilan sehat tersebut sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bunda dan bayi.

Granola Bar

Pilihan lainnya pada jenis camilan untuk ibu menyusui berikutnya yaitu granola bar. Garanola bar ini akan cepat membuat bunda merasa kenyang serta mudah mengonsumsinya. Camilan sehat ini juga mengandung gandum murni yang tentu sangat penting untuk bunda yang sedang menyusui.

Perlu bunda ketahui bahwa gandum memiliki kaya akan karbohidrat. Karbohidrat yang sangat baik ini untuk kebutuhan nutrisi tubuh agar jantung tetap sehat. Selain itu, karbohidrat juga dapat membantu proses produksi ASI bunda menjadi lebih lancar.

Baca:  Internet Tercepat di 10 Kota Indonesia

Camilan sehat ini jelas sangat cocok untuk bunda konsumsi saat  sedang dalam masa menyusui. Namun, untuk mencegah terjadinya efek samping, pastikan bunda mengonsumsi granola bar rendah gula.

Baca:  Deretan Regu ESports Tersukses Di Indonesia

Popcorn

Makanan ringan yang bernama popcorn ini memang sangat populer sebagai camilan saat menonton bioskop. Namun, siapa sangka ternyata ibu hamil juga cocok untuk mengonsumsi makanan yang satu ini.

Kandungan utama yang terdapat pada popcorn yaitu jagung. Jagung ini cocok sebagai camilan untuk para ibu menyusui. Karena terbuat dari bahan jagung, kandungan serat popcorn tergolong cukup tinggi. Sehingga popcorn ini akan memberikan efek kenyang cukup lama bagi bunda.

Agar kalori bunda juga tetap terjaga, pastikan bunda tidak menambahkan tambahan lainnya pada pop corn. Bahan tambahan lainnya seperti gula, karamel, mentega atau perasa, cukup bunda tambahkan secukupnya. Sebab, jika semua bahan tambahan tersebut berlebihan justru akan mengurangi manfaat sehat dari pop corn.

Dark Chocolate dan Raspberry

Camilan sehat untuk ibu menyusui lainnya yang juga baik manfaatnya yaitu dark chocolate. Bagi bunda yang sedang dalam masa menyusui maka dapat mengonsumsi cokelat ini. Karena kandungan dari dark chocolate ini terdapat antioksidan yang tinggi. Cokelat ini efektif untuk menangkal efek dari radikal bebas yang menjadi perusak sel tubuh manusia.

Agar semakin mengoptimalkan manfaatnya, bunda dapat mengonsumsi dark chocolate ini dengan raspberry. Selain rasanya yang segar, raspberry merah memiliki sifat anti-inflamasi atau peradangan. Rasberry ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang sangat penting bagi ibu yang sedang menyusui.

Edamame

Makanan ini termasuk dalam jenis kacang-kacangan yang juga cocok sebagai camilan untuk ibu menyusui. Sebab, edamame ini kaya akan nutrisi baik seperti protein, serat, serta vitamin K. Jika bunda  rajin mengonsumsi edamame ini, tentu  kesehatan bunda dan bayi akan lebih terjaga.

Saat ini, edamame lebih mudah bunda temukan.  Karena sudah banyak orang yang menjual bahan makanan ini dalam berbagai olahan maupun kemasan. Dengan begitu, bunda tentu tidak akan kesulitan dalam mencari makanan ringan sebagi camilan sehat ini.

Telur Rebus dan Segelas Susu Cokelat

Menurut pakar nutrisi ternama, telur merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3. Nutrisi baik tersebut sangat recommended bunda pilih sebagai camilan saat dalam masa menyusui. Telur juga memiliki kandungan asam amino esensial yang tinggi, vitamin serta mineral penting lainnya.

Cara mengonsumsi telur sebagai camilan sehat, bunda dapat jadikan telur ini dalam sajian telur rebus. Bunda dapat konsumsi telur rebus ini bersama susu cokelat hangat. Manfaat susu juga dapat membantu menambahn asupan kalsium bagi tubuh bunda.

Biskuit Laktasi dan Gandum Utuh

Makanan ringan biscuit tentu sangat praktis sebagai camilan yang dapat bunda bawa kemana saja. Telah banyak biskuit laktasi yang dapat membantu ibu menyusui tingkatkan produksi ASI.

Kandungan dari biskuit terdapat bahan-bahan seperti telur, tepung, susu, serta bahan lainnya yang baik untuk bunda konsumsi. Bunda juga dapat memilih biskuit yang terbuat dari gandum utuh agar mendapat manfaat sehatnya.

Itulah beberapa pilihan terbaik dan menyehatkan jenis cemilan untuk ibu menyusui. Anda bisa memvariasikannya agar tidak bosan. Mengonsumsi makanan ringan terbaik tentunya penting untuk tumbuh kembang balita Anda.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer