BeritaProvinsi Jawa BaratRegional

Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Amalkan Nilai-Nilai Pancasila

Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, MM, mengajak masyarakat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu Herdiat ungkapkan saat Peringatan Hari Lahir Pancasila yang ke 79 tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2023, di Halaman Pendopo Bupati, Kamis (01/06/2023).

Herdiat menuturkan, Pancasila merupakan hasil perumusan dan pemikiran para perjuang bangsa.

Menurutnya, sejarah mencatat sang proklamator merenungkan Pancasila kemudian disahkan menjadi pemersatu bangsa Indonesia.

“Berbagai suku bangsa dan budaya dipersatukan oleh Pancasila,” ungkapnya.

Herdiat mengatakan,Pancasila menjadi alat pemersatu bangsa karena Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, agama, dan lainnya. 

“Menjadi kuat karena nilai yang terkandung dalam Pancasila,” katanya.

Herdiat juga menuturkan, Pancasila menjadi bukti rasa kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Herdiat Sunarya Dapat Penghargaan dari Pemdes Gegempalan Cikoneng Ciamis

Selain itu, kata Herdiat, Pancasila menjadi semangat dalam menghadapi tantangan, buktinya bangsa Indonesia mampu melewati masa-masa sulit.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ke 79 kali ini mengusung tema “Gotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”.

Tema ini, kata Herdiat, bermakna perjuangan masih panjang dan mengajak menjaga Pancasila melalui gotong-royong, persatuan dan kesatuan..

“Semangat Pancasila tersebut dapat melalui gotong-royong, persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan dan meningkatkan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat. Agar, bangsa kita mampu tumbuh dan lebih maju di tengah peradaban dunia,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Herdiat menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada peserta yang hadir memperingati Hari Pancasila.

“Terima kasih, saya ucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya. Sekalipun libur, bapak/ ibu masih mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi, untuk sama-sama memperingati Hari Lahir Pancasila yang ke 79 ini,” katanya.

Lanjutkan Membaca
Back to top button