32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaBisnis Karangan Bunga, Yuk Intip Tips Suksesnya!

Bisnis Karangan Bunga, Yuk Intip Tips Suksesnya!

Bisnis Karangan Bunga, Yuk Intip Tips Suksesnya! Di Indonesia, bisnis ini merupakan bisnis yang sedang berkembang. Permintaan akan karangan bunga, baik dalam bentuk papan bunga maupun buket cukup tinggi. Sehingga menjadikan bisnis ini sebagai bisnis yang potensial untuk menghasilkan keuntungan.

Tempat yang paling cocok untuk bisnis ini ialah kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan kota besar lainnya. Sebab, di berbagai kota besar banyak terdapat acara seperti wisuda, pernikahan, seminar, dan lain-lain yang biasanya membutuhkam karangan bunga untuk memeriahkan acaranya. Sehingga permintaan akam karangan bunga di kota-kota sangat tinggi.

Hal tersebut tentunya bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis karangan bunga yang potensial. Bisnis ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat di perkotaan. Jenis karangan bunga seperti papan bunga dan buket yang mewah, simpel, dan formal akan mendapatkan peluang pasar yang besar.

Simak tips di bawah ini agar bisnis yang akan Anda jalani sukses di pasaran.

Lokasi yang Strategis

Sebelumnya telah kami jelaskan bahwa kota-kota besar bisa menjadi peluang besar dalam menjalankan bisnis tersebut. Beragam acara seperti wisuda, seminar, dan pernikahan banyak terdapat di kota besar dan memesan jasa karangan bunga.

Di kota kecil juga banyak acara pernikahan. Namun, tak di kota besar, di kota kecil tak banyak yang menggunakan jasa karangan bunga untuk acara mereka. Sehingga potensi untuk memulai bisnis karangan bunga di kota kecil kurang menjanjikan.

Tentukan Target Market

Bisnis karangan bunga menyasar pada acara-acara besar seperti yang telah ada sebelumnya. Maka Anda bisa menentukan bahwa target market atau pangsa pasar Anda adalah masyarakat dengan ekonomi menengah ke atas.

Buatlah papan bunga, buket, dan jenis karangan bunga lainnya yang berkualitas, sehingga Anda bisa menjualnya dengan harga yang sesuai.

Baca:  Untung Rugi Mobil Pakai Mesin Diesel

Mengantar Pesanan Karangan Bunga Tepat Waktu

Dalam menjalankan bisnis karangan bunga, Anda harus bisa memberikan jasa pengantaran. Ketepatan waktu pengantaran karangan bunga ini termasuk hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Jangan sampai Anda atau karyawan Anda mengantarkan karangan bunga setelah acara selesai. Hal itu bisa mengecewakan pelanggan dan menurunkan nilai jasa Anda. Hal-hal yang menghambat seperti kemacetan dan lainnya harus bisa Anda perkirakan dengan baik agar pengantaran karangan bunha tidak terlambat.

Baca:  Untung Rugi Mobil Pakai Mesin Diesel

Jalin Kerjasama dengan Pemasok Bunga

Dalam memulai bisnis karangan bunga, Anda pasti membutuhkan berbagai jaringan agar bisnis Anda sukses. Salah satu yang sangat Anda butuhkan tentunya pihak pemasok bunga.

Sebelum memilih pemasok bunga, Anda harus melakukan survey terlebih dahulu. Kualitas bunga yang akan Anda pakai menjadi poin penting dalam bisnis Anda. Maka, Anda harus benar-benar selektif dalam memilih pemasok yang menjual bunga yang berkualitas.

bisnis karangan bunga
Foto : student blog

Merekrut Karyawan

Dalam menjalankan bisnis ini tentunya Anda membutuhkam orang lain untuk memudahkan pekerjaan Anda. Maka, carilah karyawan untuk melakukan beberapa fungsi. Sehingga bisnis karangan bunga Anda berjalan dengan baik.

Anda bisa merekrut karyawan untuk bagian pengantaran. Di posisi ini, harus mencari karyawan yang bisa dipercaya, sebab mereka yang akan membawa mobil Anda untuk mengantar pesanan bunga.

Selain bagian pengantaran, Anda juga mungkin membutuhkan karyawan untuk merangkai bunga. Sebelumnya, Anda harus melatih mereka terlebih dahulu. Sebab, merangkai bunga baik untuk papan bunga, buket, maupun jenis karangan bunga lainnya membutuhkan keterampilan.

Demikianlah tips yang dapat Anda lakukan sebelum memulai bisnis karangan bunga. Yang terakhir, juga yang paling penting dari semuanya, jangan lupa untuk mempromosikan bisnis Anda, baik dari mulut ke mulit, maupun melalui situs dan media sosial.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer