22.6 C
New York
Rabu, Juni 23, 2021
BerandaBeritaBesarnya Peluang Investasi Emas Pada Pandemi Covid-19

Besarnya Peluang Investasi Emas Pada Pandemi Covid-19

Mengapa emas bisa menjadi investasi yang menggiurkan?

Emas merupakan logam mulia yang bisa menjadi bahan investasi,yang aman dan rendah resiko karena terbukti bahwa harga emas selalu meningkat pertahunnya kurang lebih sebesar 20% selama 10 tahun (perhitungan per tahun 2014). Kenaikan signifikan juga terlihat pada harga emas pada tahun 2015 hingga tahun 2020 sebesar 75%. Selain itu, harga emas pun terus meningkat semenjak wabah covid-19, bahkan di Indonesia harga emas Antam (aneka tambang) sudah meningkat hingga 25%. Pada hari ini (24 April 2021) harga emas Antam 24 karat berada pada angka Rp 981.000.

Pada masa pandemic berkepanjangan seperti sekarang ini, masyarakat perlu pintar dan bijak dalam mengatur pengeluaran dan mengambil keputusan berinvestasi. Bagi masyarakat yang lebih banyak menghabisan waktu di rumah dan memiliki uang lebih, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi. Karena merupakan otensi investasi yang aman dan mudah, emas menjadi salah satu investasi yang cocok bagi masyarakat awam.

Logam mulia atau emas merupakan investasi yang sederhana dan mudah. Jadi, bagi Anda yang memiliki tujuan menengah maupun jangka panjang, mungkin untuk menyekolahkan anak ke jenjang lebih tinggi atau membeli rumah, maka investasi emas dapat menjadi salah satu kuncinya. Sebab, emas memberi keunggulan yang maksudnya itu hasil yang cukup menjanjikan minimal dalam jangka waktu lima tahun, mudah mencairkannya, dan harganya pun cenderung naik. Seadainya pun turun, nilainya tidak akan signifikan.

Peluang Investasi Emas

Melihat adanya peluang dalam bidang ini, berbagai media dompet digital mengambil peluang untuk menjadi sarana investasi emas. Contohnya saja pada media dompet digital Dana yang saat ini menggandeng pluang yang bernama DANA eMAS untuk mempermudah masyarakat dalam berinvestasi emas dengan aman dan terjangkau. CEO dan Co-Founder Dana, Vince Iswara, mengatakan “Lewat fitur Dana eMAS i dompet digital DANA, pengguna bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp 10.000 secara langsung tanpa biaya tambahan. Dengan berinvestasi emas melalui DANA eMAS, masyarakat tidak usah kesulitan dalam bertransaksi yang mengharuskan adanya pertemuan fisik antara pembeli dengan penjual. Cukup dari rumah melalui aplikasi dompet digital DANA yang terpasang pada smartphone-nya.”.

CEO dan Co-Founder, Claudia Kolonas dari Pluang pun menambahkan, bahwa investasi emas akan sangat menjanjikan dan berpotensi terus meningkat. Hal ini sudah terprediksi berdasarkan proyeksi dari sejumlah ekonom dan juga analis. “Bahkan, analis Goldman Sachs menaksir nilai harga emas tahun depan bisa hingga US$ 2.300 per ons troi, berarti potensi untung lebih dari 20% dari sekarang. Ini berarti saat ini merupakan yang tepat, terutama sekarang ini ada berbagai aplikasi digital yang menawarkan investasi emas secara mudah dan aman,” ucapnya.

Selain untuk mendorong budaya menabung dan berinvestasi secara aman, mudah, yang bertujuan pada prospek jangka panjang, fitur DANA eMAS merupakan wujud komitmen DANA untuk meningkatkan keuangan pada kalangan masyarakat serta semakin membiasakan masyarakat dalam penggunaan teknologi digital untuk produktivitas, kompetensi, efektivitas dan gaya hidup yang lebih baik

Masyarakat pun tidak perlu khawatir dengan investasi emas karena semua investasi emas Indonesia akan secara langsung tercatat pada lembaga otoritas negara yaitu Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan emas fisik yang anda simpan sudah mendapat jaminan dari Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Budaya berinvestasi bukan hanya menguntungkan untuk masyarakat, hal ini juga dapat meningkatkan ekonomi negara. Jika banyak masyarakat yang berinvestasi maka perekonomian negara akan bertumbuh yang tergambar dengan keadaan meningkatnya kesejahteraan dan keuangan masyarakat stabil, tentunya dapat terlihat pada jangka waktu panjang.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda harus berinvestasi emas :

  • Memilki resiko yang lebih kecil. Sebab, resiko emas sebagai investasi ini terbilang kecil karena kerugian yang nantinya anda tanggung bisa terprediksi. Anda hanya perlu berhitung selisih nilai jual dengan nilai beli dari emas tersebut. Hal ini berbeda dengan investasi lain, yang mana anda mungkin akan kehilangan semua dana yang anda miliki. Pada investasi emas, saat harga emas turun maka hal yang perlu anda lakukan yaitu menahan untuk mencairkan emas sampai harga emas meningkat kembali.
  • – Tahan terhadap inflasi. Selain itu, investasi ini tahan meskipun sedang ada inflasi. Karena biasanya saat nilai mata uang menurun, justru harga emas akan stabil atau bahkan meningkat.
  • – Investasi emas tidak akan bangkrut. Uang yang anda gunakan untuk berinvestasi emas tidak akan menghilang ataupun menyusut. Investasi emas sangat berbeda dengan investasi saham ataupun investasi lain yang dana keseluruhannya akan terpindahkan pada dokumen atau surat. Maka jika tidak ada surat atau dokumen, tidak akan ada bukti jika kamu memiliki investasi tersebut. Selain itu, emas terlihat dalam bentuk fisik.
  • – Memiliki harga yang terjangkau. Meskipun emas memiliki harga yagn tinggi, anda dapat memulai berinvestasi dari harga yang terjangkau melalui pembelian emas secara online.
  • – Mudah cair. Investasi emas dapat menjadi investasi yang paling mudah untuk cair. Saat kamu berinvestasi yang lain, umumnya membutuhkan waktu untuk mencairkan. Misalnya deposito yang harus anda ambil dengan batas waktu tertentu. berbeda dengan investasi logam mulia emas yang bisa cair kapanpun. Sehingga saat memiliki kebutuhan mendesak, kamu bisa langsung mendapatkan dana dengan cepat.
  • – Bebas pajak. Ketika anda berinvestasi emas, salah satu hal yang menguntungkan adalah bahwa investasi ini terbebas dari pajak.
  • Permintaan emas tinggi. Emas masih menjadi barang yang tinggi permintaannya bahan sampai saat ini. Hal inilah yang menjadikan harga emas selalu naik setiap tahunnya.

Tips and Tricks dalam berinvestasi emas

Meskipun investasi emas adalah hal yang mudah tetapi anda harus tetap berhati – hati dan memperhatikan tips and tricks saat akan memulai investasi. Tips investasi emas yang bisa anda jadikan pedoman, pertama yaitu anda perlu membuat suatu perencanaan. Anda harus menentukan terlebih dahulu, emas ini akan anda gunakan untuk apa. Untuk dana pendidikan, untuk menggelar pesta pernikahan, untuk membeli rumah, ataupun hal lainnya. Apabila anda tidak memiliki rencana dan tujuan yang jelas, anda dapat menjual emas yang anda kumpulkan sewaktu waktu. Tentunya hal tersebut memiliki resiko rugi yang bisa anda terima.

Selain itu, perlu untuk memilih jenis emas apa yang sesuai dengan kondisi anda saat ini. Terlebih mengenai kondisi finansial anda saat memulai investasi, terutama untuk tujuan jangka panjang. Emas yang anda pilih sebaiknya emas yang memiliki kemurnan tinggi. Lalu, anda pun harus selalu memperhatikan tempat penyimpanan emas tersebut dan memastikan bahwa tempatnya memang layak dan aman untuk menyimpan investasimu. Lain hal nya dengan investasi online, yang mana anda harus memastikan bahwa platformnya sudah terpercaya dan terjaga keamanannya.

Jika anda bingung tentang kapan waktu yang tepat untuk mencairkan emas, sebagai saran bahwa hal tersebut tergantung dari tujuan anda. Sekiranya tujuan anda sudah tercapai, maka cairkanlah tetapi jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka simpan emas minimal selama 5 tahun. Selain itu, sebaiknya dalam berinvestasi emas, anda menggunakan pecahan emas yang kecil, seperti pecahan 1 gram. Hal tersebut karena pecahan emas yang lebih kecil akan lebih mudah cair daripada dengan pecahan emas yang lebih besar.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular