Artificial Intelligence Dalam Kehidupan Sehari-hari

Reportasee.com – Kecerdasan buatan atau biasa disebut dengan Artificial Intelligence (AI) sedang menjadi pusat perhatian dunia. Deep blue yang merupakan sebuah komputer mampu mengalahkan Garry Kasparov dalam permainan catur pro pada tahun 1990-an dengan waktu yang singkat. Kemampuan tersebut mampu membantu pekerjaan manusia menjadi lebih efisien.

AI terbagi menjadi dua kategori yaitu AI kuat (Strong AI) dan AI lemah (Weak AI). AI kuat biasanya dirancang dengan sistem kognitif agar mampu berpikir layaknya manusia. Sedangkan AI lemah berfungsi untuk melakukan tugas tertentu, contohnya seperti menjawab pertanyaan berdasarkan input dari pengguna ketika bermain catur.

Ketika AI kuat bertugas, maka sistem akan memberikan solusi yang terbaik tanpa bantuan dari manusia. Dia akan belajar sendiri untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan baru. Tanpa kita sadari, Artificial Intelligence sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan penjelasanya.

Streaming Musik/Video

Streaming sudah menjadi salah satu pilihan favorit dalam media hiburan masyarakat di dunia. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses semua musik atau video dengan cepat. Ketika kita melakukan streaming video, maka sistem akan menampilkan kualitas yang sesuai dengan kemampuan sinyal yang kita miliki.

Biasanya ketika kita mulai membuka aplikasi streaming, aplikasi akan menampilkan berbagai konten atau yang sedang trend. Bahkan tanpa kamu minta, aplikasi akan aplikasi akan menampilkan rekomendasi konten berdasarkan riwayat-riwayat atau rekam jejak dari pencarian yang kamu lakukan. Sistem tersebut dirancang agar pengguna bisa berlama-lama untuk melakukan streaming.

Search Engine

Kamu pasti sudah kenal denhan layanan Google, Yahoo dan Bing. Layanan tersebut dikenal karena memiliki kemampuan dalam mengetahui segalanya. Sebenarnya, kemampuan tersebut berasal dari kontribusi dari masyarakat dunia yang saling berbagi pengetahuan mereka melalui tulisan atau artikel. Kebanyakan search engine selalu berlomba-lomba dalam memberikan aksebilitas yang tinggi sehingga pengguna akan merasa nyaman dalam berselancar di internet.

Letak AI dalam search engine adalah ketika dia mempelajari kebiasaan penggunanya. Biasanya AI akan menyuguhkan rekomendasi berita atau informasi kepada pengguna sesuai kebiasaan mereka dalam mencari informasi.

Fitur Selfie Pada Kamera

Ketika kamu berfoto ria dengan teman-temanmu menggunakan smartphone, kamu pasti sering menambahkan fitur-fitur yang ada di kamera milikmu. Contohnya seperti filter, beauty, editing dan lain sebagainya. Ada juga beberapa program kamera yang menampilkan wajah sehingga dapat berubah wajahnya menjadi usia muda hingga tua. Fitur tersebut terbuat dari kecerdasan buatan yang mendeteksi wajah, warna dan kualitas. Jadi, kamu tidak perlu ribet lagi dalam mengedit gambar kamu lebih kece.

GPS

Global Positioning System atau GPS adalah teknologi yang tergolong rumit. Teknologi GPS menggunakan big data dalam proses pembuatanya. Bayangkan saja, untuk melakukan rekaman seluruh perjalanan di dunia secara detail, kamu dapat mengkasesnya dengan GPS ini. Teknologi ini juga mampu mendeteksi kondisi perjalanan yang sedang lancar atau mancet dengan symbol warna. Kamu akan diberikan opsi rute perjalanan tercepat agar bisa terhindar dari kemacetan.

Salah satu fitur di GPS yang menggunakan kecerdasan buatan adalah melihat posisi dunia 3 dimensi secara real. Pembuatan rute pada GPS dilakukan dengan mobil yang mengelilingi dunia untuk mengambil gambar melalui kamera 360 derajat.

Pemesanan Ojek Online

Ketika kamu memesan ojek online, aplikasi akan menampilkan posisi kehadiran ojek-ojek berada. Pemesanan akan dilakukan secara otomatis dan acak dalam memilih driver yang akan kamu pilih dengan berbagai kriteria. Berbagai layanan seperti pengantaran atau pembelian makanan menjadi lebih efektif dan efisien dengan layanan tersebut. Untuk menikmati berbagai fitur lainya kamu hanya cukup bermodalkan smartphone saja. Aplikasi juga akan membantu ketika kamu membutuhkan logistic secara mendadak.

Aplikasi ini selalu mendapatkan update kecerdasanya dari waktu ke waktu. Sehingga tidak akan disalahgunakan oleh pihak lain ataupun driver. Aplikasi juga memungkinkan driver untuk menenentukan jam kerjanya tanpa  tertekan oleh jam kerja yang Panjang. Sehingga, di beberapa kota terkadang sudah tidak menerima lowongan driver lain, karena jumlah yang sudah berlebihan.

Video Game

Dalam simulasi dan struktur pembuatanya, video game menggunakan kecerdasan buatan. Hal tersebut membuat video game semakin berkembang menjadi 3 dimensi laykanya di dunia nyata. Dalam perkembanganya, kebanyakan para game developer menggunakan AI untuk bisa membaca teknik permainan dari user. Sehingga AI akan menyesuaikan cara melawan user dengan level yang berbeda-beda.

Internet Marketing

Jika kamu mempunyai usaha online shop, pasti kamu sudah tidak asing dengan internet marketing. Memasarkan produk atau jasa secara online akan memudahkan para pengusaha agar cepat terjual. Sehingga, pengusaha online shop tidak perlu membayar orang dalam memperjualkan barang.

Saat ini, media periklanan terbesar sudah bukan lagi dari TV, melainkan internet yang penggunanya sudah meluas di masyarakat. Dengan internet marketing, iklan akan otomatis tersebar ke user yang sesuai dengan segmentasi pasar. AI akan bekerja untuk menampilkan iklan kepada pengguna berdasarkan riwayat atau rekam jejak pengguna.

Kesimpulan

Masih banyak contoh-contoh penerapan AI yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh lainya seperti pada sosial media, translator, belanja online dan masih banyak contoh lainya. Artificial Intelligence tidak luput dari campur tangan programmer. Kamu juga bisa membuatnya dari hal yang sederhana.