32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaAplikasi Pembaca Teks Menjadi Suara Recommended

Aplikasi Pembaca Teks Menjadi Suara Recommended

Dalam pembelajaran di sekolah, tentu saja tidak hanya memerlukan kegiatan membaca saja, namun juga mendengarkan. Hal ini berguna untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berbicara. Salah satu solusinya yaitu dengan menggunakan aplikasi pembaca teks suara yang berkualitas.

Apalagi sejak pandemi, sekolah pun juga menerapkan e-Learning yang membutuhkan aplikasi ini untuk membimbing siswa secara online, baik untuk murid normal maupun tuna netra. Lantas apa saja aplikasinya, berikut beberapa rekomendasinya yang bisa dipilih.

1. Acapela Group Virtual Speaker

Aplikasi pembaca teks yang pertama adalah Acapela Group Virtual Speaker, di mana ini merupakan salah satu alat pembelajaran yang mampu mengubah teks menjadi audio berkualitas. Pada umumnya, aplikasi ini digunakan pada saat e-Learning yang akan mempermudah siswa.

Tampilannya juga simpel dan sederhana namun tetap menarik. Fitur lengkapnya pun tersedia, mulai dari pengubah teks dalam berbagai bahasa, kualitas suara terbaik, pilihan frekuensi samping, hingga sistem integrasi yang mudah. Hal inilah yang membuatnya cukup populer.

2. Natural Reader

Ada pula aplikasi pembaca teks yang menawarkan fitur suara seperti manusia nyata. Hal ini bisa Anda dapatkan dari versi berbayarnya, di mana yang akan memberikan suara cocok untuk e-Learning di sekolah. Ini berlaku baik untuk lembaga pendidikan maupun berbagai pelatihan online.

Aplikasi ini dapat mengkonversi dari beberapa file, yaitu seperti Microsoft Word, PDF, email dan lain sebagainya. Barulah bisa diubah kedalam kata-kata yang akan diucapkan sesuai kebutuhan masing-masing.

3. iSpeech

Apabila menginginkan sebuah aplikasi yang bisa menyediakan audio berkualitas tinggi, maka iSpeech adalah solusi terbaiknya. Program satu ini mampu membuat audio dengan berbagai format seperti mp3, wma, mp4, hingga wav yang beresolusi tinggi dan cocok untuk pembelajaran.

Selain itu, beragam fitur terbaik yang ada di dalamnya bisa Anda manfaatkan, termasuk seperti layanan translator. Sudah lebih dari 7 bahasa yang bahkan bisa terjemahkan menggunakan aplikasi unik ini. Untuk menggunakannya, maka pengguna hanya perlu mengisi data pribadi dan mendaftarkan diri gratis.

4. Read the Words

Jika mencari aplikasi yang menawarkan audio speech cocok untuk pembelajaran bahasa, maka Read The Words bisa Anda jadikan pilihan. Terdapat lebih dari 3 bahasa dan karakter berbeda untuk setiap audio yang bisa aplikasi ini hasilkan. Durasinya pun terbilang lumayan, yaitu hingga 30 detik.

Namun untuk bisa menggunakannya, maka pengguna harus melakukan register atau mendaftarkan diri terlebih dahulu. Barulah bisa masuk dan memanfaatkan aplikasi gratis satu ini untuk berbagai kepentingan terkait pendidikan.

Baca:  Huawei FreeBuds 4, Pesaing Airpods Segera Hadir

5. Amazon Polly

Ada pula Amazon Polly yang mampu memberikan kepuasan bagi penggunanya. Pasalnya, fitur yang tersediakan di sini terbilang cukup memuaskan dan memberikan hasil suara berkualitas. Pengguna hanya perlu mengunggah teks yang ingin mereka jadikan audio dan aplikasi ini akan mengonversinya.

Baca:  Huawei FreeBuds 4, Pesaing Airpods Segera Hadir

Apalagi dengan dukungan SSML, maka pengguna juga bebas mengatur pengeditan audio. Mulai dari pelafalan, intonasi, volume suara, hingga kecepatan dalam membacanya. Jadi, suara yang dihasilkan pun lebih berkualitas dan terdengar natural seperti dari manusia secara nyata.

6. Capti Voice

Aplikasi satu ini juga cocok apabila pengguna bekerja di bidang pendidikan. Hal ini karena fitur lengkap yang tersediakan mampu memberikan pengalaman pembelajaran terbaik. Mulai dari audio yang berkualitas, hingga pengembangan spelling para siswa.

Dengan adanya fitur tersebut, maka tidak heran apabila banyak orang menggunakan Capti Voice sebagai media pembelajaran untuk e-Learning. Teknologi penerjemahan teks ke audionya pun terbilang berkualitas tinggi dan bisa tersinkronisasi secara mudah pada beragam perangkat.

7. Balabolka

Apabila hanya memiliki budget terbatas namun masih tetap ingin menggunakan aplikasi untuk membaca teks, maka Balabolka adalah jawabannya. Bahkan meskipun tidak berbayar, kualitasnya cukup bersaing dengan lainnya.

Format audionya cukup beragam dan berkualitas, yaitu seperti MP3, wav, MP4 maupun lainnya. Tentu saja ada juga fitur lain yang meliputi kecepatan suara, pelafalan, dan volume yang dapat disesuaikan sesuai preferensi penggunanya. Sangat menarik bukan?

8. WordTalk

Selain Balabolka, ada pula WordTalk yang lebih simpel dan sederhana. Biasanya ini digunakan untuk penulisan skripsi, sehingga proses pengetikan jadi lebih mudah. Pengguna pun bisa mendengarkan teks dokumen yang dibacakan secara otomatis oleh add-on dari Ms Word satu ini.

Dengan keunggulannya yang menarik tersebut, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan aplikasi satu ini sebagai media yang memudahkan proses pengkonversian teks menjadi suara. Hasilnya pun akan berkualitas dan sesuai keinginan.

9. Panopreter

Terdapat pula pilihan aplikasi gratis sebagai pembaca teks yang bisa Anda coba. Fitur-fitur yang ada juga cukup menarik, mulai dari suara yang natural, format file beragam seperti WAV, MP3, dan lain sebagainya. Uniknya, hanya sekali klik saja, aplikasi ini bisa merubahnya menjadi audio berkualitas.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai rekomendasi aplikasi pembaca teks yang bisa Anda pilih. Tentunya guru bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan siswa, serta mempertimbangkan beberapa hal agar fungsinya bisa berjalan baik. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer