32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaAplikasi Melacak Identitas Nomor, Menghindari Penipuan

Aplikasi Melacak Identitas Nomor, Menghindari Penipuan

Reportasee.com – Aplikasi melacak identitas nomor bisa anda pilih jika kerap mendapatkan panggilan ataupun pesan dari orang asing. Bisa juga karena nomor ponsel tersebut tidak berada di dalam daftar kontak.

Seringkali kita jumpai panggilan ataupun pesan dari orang tak dikenal baik sebatas misscall saja ataupun SMS iseng.

Namun yang berbahaya adalah orang tersebut mulai melakukan panggilan juga mengirim pesan secara terus-menerus dan terkesan meneror anda.

Bahaya lainnya adalah terdapat unsur penipuan di dalam panggilan ataupun pesan itu dengan indikasi meminta sejumlah uang.

Dulu hal ini terkenal dengan mama minta pulsa ataupun mengaku sebagai anggota keluarga lainnya. Ada juga kasus terparah mengatakan salah satu anggota keluarga tengah mengalami kecelakaan dan membutuhkan uang segera untuk tindakan medis.

Tak jarang penipuan panggilan masuk dengan membawa aparat pemerintah seperti kepolisian. Isi panggilan tersebut mengatakan seseorang tengah terkena kasus hukum dan meminta sejumlah uang sebagai tebusan.

Tentunya sudah banyak korban akan panggilan ataupun pesan asing ini. Sayangnya penipuan dalam bentuk tersebut masih kerap ada di tengah masyarakat dan memakan korban lagi.

Untuk itulah jika anda mendapatkan panggilan maupun pesan dari nomor asing apalagi meminta uang jangan langsung percaya. Ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu identitas pemilik nomor tersebut.

Kecanggihan teknologi juga bisa anda manfaatkan untuk meminimalisir penipuan panggilan ataupun pesan lewat rekomendasi aplikasi melacak identitas nomor berikut ini.

Get Contact, Rekomendasi Aplikasi Melacak Identitas Nomor

Rekomendasi aplikasi melacak identitas nomor pertama bernama Get Contact. Aplikasi ini bisa anda unduh melalui google play store maupun app store.

Cara melacak nama pemilik nomor dengan aplikasi ini cukup mudah. Jika Get Contact sudah terpasang di ponsel pintar anda, maka secara otomatis akan mendeteksi panggilan masuk dari nomor asing.

Pelacakan tersebut berupa nama pemilik di bagian layar saat panggilan tersebut sedang masuk. Anda bisa langsung memutuskan untuk menolak panggilan ataupun menerimanya jika merasa mengenal nama tersebut.

Tak hanya itu, jika anda mendapatkan pesan dari nomor asing bisa langsung mengetahui pemiliknya melalui Get Contact.

Langkahnya adalah dengan menyalin nomor tersebut ke kolom pencarian kemudian klik cari. Tunggulan sampai beberapa saat dan aplikasi akan menampilkan identitas pemilik nomor.

Biasanya juga terdapat daftar tag di mana berisi nama nomor tersebut yang orang lain simpan. Karena itulah jika memang nomor tersebut aman, pastinya tag akan berisi cukup panjang.

Tag atau penanda ini bisa anda tambahkan sebagai penamaan di kontak. Karena itu anda bisa membantu pengguna lain yang tengah mencari identitas si pemilik nomor.

Jika nomor tersebut mengindikasikan unsur penipuan, tambahkan tag bernama penipu atau sebagainya. Dengan begitu, orang akan tahu tujuan si penelepon dan tidak menjadi korban selanjutnya.

Akan tetapi, penggunaan secara maksimal dari salah satu aplikasi melacak identitas nomor tidak gratis alias berbayar. Anda harus meng-upgrade akun menjadi premium dengan biaya perbulan untuk kinerja lebih maksimal.

Kendati demikian, aplikasi Get Contact versi gratis masih bisa pengguna manfaatkan untuk melacak pemilik nomor dan menambahkan tag.

True Caller Untuk Mengetahui Pemilik nomor

Selanjutnya dalam aplikasi melacak identitas nomor adalah True Caller. Aplikasi tersebut bisa anda dapatkan secara gratis baik pengguna Android maupun iPhone.

Pengguna bisa langsung mengunduhnya dan menginstal pada smartphone melalui Google play store maupun app store.

True Caller ini mempunyai fitur yang saling terhubung dengan database kontak nomor di ponsel pengguna. Tak hanya itu, database kontak ini juga terhubung ke nomor telepon semua orang di dunia sebagai langkah melakukan pelacakan nomor.

Baca:  Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Pada Bulan Ramadhan 2021

Fitur ini bisa anda gunakan tanpa harus melampirkan kontak di ponsel secara online. Di True Caller, pengguna bisa langsung mengetahui pemilik nomor meskipun tidak menyimpannya dalam kontak. Hal ini bisa langsung anda ketahui saat nomor tersebut melakukan panggilan.

Baca:  Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Pada Bulan Ramadhan 2021

Tak hanya melacak nomor, aplikasi ini juga bisa langsung anda block jika merasa cukup terganggu. Langkah tersebut sebagai salah satu pencegahan dari penipuan lainnya.

Terkadang orang merasa cukup terganggu dengan nomor asing yang sekedar menawarkan produk. Aplikasi True Caller bisa memblokirnya untuk anda sehingga tidak bisa melakukan panggilan masuk lagi.

Ukuran pengunduhan True Caller cukup besar yaitu 51 MB jadi pastikan koneksi internet dalam keadaan cukup dan baik. Kualitasnya sendiri sangat baik terbukti dari jumlah unduhan mencapai 500 juta pengguna dengan rating 4.5/5.

Melacak Identitas Nomor Melalui Contactive

ThinkingPhones selaku developer meluncurkan sebuah aplikasi bernama Contactive untuk para pengguna ponsel pintar android. Contactive ini bisa menjadi salah satu pilihan aplikasi melacak identitas nomor selanjutnya.

Contactive ini bisa anda unduh secara gratis melalui google play store dan kemudian menginstalnya. Aplikasi tersebut mempunyai basis data yang mereka dapat melalui jejaring sosial di internet.

Proses menggunakan aplikasi melacak identitas nomor ini cukup mudah, pertama pengguna harus mendaftar terlebih dahulu.

Pendaftarannya bisa pengguna lakukan melalui email aktif. Ada lagi cara praktis lainnya yaitu menggunakan sinkronisasi akun google+ anda.

Kala sudah resmi terdaftar, aplikasi akan meminta pengguna menghubungkan akun terkait sosial mereka dengan Contactive. Dengan begitu, otomatis nomor yang ada di dalam ponsel tersebut bisa langsung terlacak.

Biasanya, orang akan mencantumkan nomor mereka ke dalam jejaring sosial sehingga saat ada nomor asing melakukan panggilan, akan mudah terbaca dari Contactive.

HLR Lookup, Ketahui Identitas Juga Lokasi Nomor

Pilihan aplikasi melacak identitas nomor selanjutnya adalah HLR Lookup. Aplikasi ini cukup sering pengguna android Indonesia gunakan sebagai pelacakan nomor.

Bahkan HLR Lookup juga mampu melacak keberadaan nomor asing tersebut sebagai salah satu fitur andalan mereka. Fitur tersebut pun mudah untuk anda manfaatkan sebab masih hanya mengandalkan nomor telepon saja.

Basis data kartu yang bisa berguna sebagai akomodasi jaringan operator cukup beragam. Antara lain jaringan Telkomsel, XL, juga Indosat. Tak hanya itu, layanan dengan kode area saja juga menjadi cakupan basis aplikasi ini.

Guna melakukan pelacakan, anda bisa memasukkan sederet nomor ponsel atau mengunggahnya langsung dari kontak di database hp. Jika sudah, aplikasi melacak identitas nomor HLR Lookup ini otomatis mencari lokasi.

Lokasi tersebut merupakan kisaran keberadaan pemilik nomor dan tampil dalam wujud peta. Dengan begitu, anda dapat melakukan perkiraan mengenai orang yang melakukan panggilan dengan nomor asing berdasarkan lokasi itu.

Selain itu anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mencari keberadaan ponsel jika hilang atau tertinggal di suatu tempat. Caranya pun serupa dengan melacak identitas pemilik asing, namun bedanya nomor yang anda cari adalah milik sendiri.

Dengan begitu, kisaran lokasi bisa terindentifikasi dan keberadaan ponsel pun dapat dengan mudah pengguna ketahui.

Adanya aplikasi melacak identitas nomor ini memang membantu masyarakat agar terhindar dari kasus penipuan yang kerap menimpal lewat panggilan saja.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer