32 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBerita3 Cara Jitu Selamatkan Diri Dari Tindak Kejahatan

3 Cara Jitu Selamatkan Diri Dari Tindak Kejahatan

Wahai para pembaca khususnya para wanita wajib tahu nih. 3 cara jitu selamatkan diri dari tindak kejahatan. Sudah bukan hal yang tabu lagi jika kita membicarakan masalah kriminalitas dewasa ini. Kerapkali tersiar kabar adanya KDRT, begal, pemerkosaan, penganiayaan bahkan pembunuhan, menjadi suguhan yang hampir ada setiap harinya.

Nah, untuk para pembaca sekalian, untuk melindungi diri dari hal-hal keji semacam itu, ada baiknya kita mengantisipasi untuk kejadian yang tidak mengenakkan itu. Kriminalitas bisa terjadi kapan saja, dimana saja tanpa terencana.

Jangan sampai jika pada saatnya kita harus menghadapi hal demikian, jangan diri kita menjadi korban yang lemah. Target yang mudah adalah sasaran empuk para penjahat. Walaupun bukan berarti kita harus menjadi seorang superhero. Tapi setidaknya untuk dalam waktu singkat, kita mampu menghadapi kriminalitas dalam waktu sesegera mungkin. Sebelum pertolongan datang, kita harus mampu menghadapi pertarungan yang mempertaruhkan nyawa kita.

3 Cara Jitu Selamatkan Diri Di Waktu Yang Sempit

Gunakan Pepper Spray/ Semprotan Cabe

Mungkin belum banyak yang mengetahui kegunaan semprotan cabe ini. Jadi, salah satu alat pertolongan diri yang cukup ampuh menaklukkan penjahat adalah dengan memggunakan semprotan cabe.

Semprotan cabe ini bisa kita beli di berbagai marketplace secara online. Walaupun ada pula toko fisik yang menjualnya. Semprotan ini dapat kita pergunakan dengan mudah. Hampir setiap kali kita membelinya aka nada manual cara penggunaannya.

Harganya pun tidak terlalu menguras kantong. Anda bisa mulai searching di berbagai platform marketplace langganan anda.

Tata Cara Penggunaan Semprotan Cabe

Dari berbagai tutorial yang ada, di sini kami simpulkan cara penggunaanyan sebagai berikut.

Selalu simpan semprotan cabe ini dekat dengan tangan anda.

Dari berbagai bentuknya, semprotan cabe ini ada yang berbentuk seperti gantungan kunci, pulpen atau benda-benda kecil lain yang mudah berada dalam genggaman. Sangat penting untuk selalu memastikan kita mudah mengambilnya.

Jangan ada halangan saat mengakses semprotan cabe.

Jika anda hendak menyimpannya dalam tas atau saku celana, pastikan tidak ada halangan yang dapat memperlambat akses untuk mengambilnya dalam hitungan detik.

Bahkan sangat bagus jika anda selalu memegangnya di tangan. Namun kalau sedikit repot, jadikan semprotan cabe ini berfungsi sebagai gantungan kunci tas anda.

Alat Pelindung Diri Stun Gun / Alat Setrum

Selain semprotan cabe, ada alat lain yang dapat kita gunakan sebagai alat pelindung diri. Benda ini adalah stun gun atau alat setrum atau kejut listrik sementara.

Melansir dari berita CNN pada tahun 2017 silam, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochmad Iriawan telah mengizinkan warga sipil untuk menggunakan senjata kejut listrik atau stun gun. Tentu saja dengan tujuan untuk membela diri dan bukan malahd untuk melancarkan serangan kejahatan.

Alat kejut listrik ini pun banyak terdapat di berbagai marketplace seperti halnya semprotan cabe di atas. Beberapa online shop menjelaskan cara-cara penggunaannya secara sederhana. Pun demikian pula dengan aturan-aturan yang harus selalu menjadi prioritas dalam pemakaiannya.

Para pemilik stun gun atau alat kejut listrik ini harus memperhatikan hal-hal berikut ini.
  1. Tidak boleh menggunakan stun gun untuk main-main
  2. Jangan mencoba pada diri sendiri
  3. Tidak boleh menggunakan hewan sebagai bahan percobaan
  4. Jauhkan dari jangkauan anak-anak
  5. Jauhkan dari tempat-tampat yang basah
  6. Alat kejut listrik ini khusus untuk orang dewasa berakal sehat
Beberapa hal yang wajib menjadi perhatian saat menggunakan stun gun
  • Arahkan ke area tubuh yang sensitive
Baca:  Moto GP 2021, Awal Tarung di Losail, Qatar

Daerah yang paling peka dan lemah terhadap serangan listrik bend aini antara lain batang leher, selangkangan, pinggang bagian atas

  • Perlu jarak yang dekat sehingga anda bisa menyetrumkan alat kejut ini ke bagian tubuh lawan.

Hal ini tentu saja perlu adanya nyali untuk melakukan hal ini secara cepat dari dekat

  • Perlu perhatikan pula, waktu untuk si penjahat merasakan efek kejut listrik ini sekitar 3 sampai 5
Baca:  Covid-19 Varian Lambda Semakin Cepat Menyebar di Dunia

detik. Jadi tetap tekankan alat ini ke tubuh penjahat selama belum lumpuh

  • Jangan gugup. Sekali anda gugup dan takut, anda bisa-bisa malah mencederai diri sendiri. Selain

Itu pula jarak waktu sangat penting. Jangan sampai si penjahat belum lumpuh namun stun gun telah terlepas dari genggaman anda. Hal ini tentu sangat berbahaya. Penjahat bisa jadi bertambah murka.

Penggunaan stun gun ini masih banyak kontroversi yang menyertainya. Perlu adanya aturan tegas dan jelas untuk penggunaan dan legalitas kepemilikannya.

Jangan sampai di satu sisi, warga sipil ingin melindungi dirinya dari tindak kejahatan. Namun malah banyak penjahat yang menggunakannya sebagai alat pelumpuh korban sebagau bagian dari aksi kriminalitasnya.

Kuasai Ilmu Bela Diri

Dari alternatif yang bisa kami anjurkan di sini, sepertinya pilihan ini adalah pilihan yang paling jitu dan ampuh. Karena bagaimana pun juga, penggunaan alat pelindung diri tetap harus memerlukan adanya kesiapan mental dan fisik si pemiliknya.

Dapat kita bayangkan jika dalam kondisi terdesak, kita sering kali tidak mampu berpikir tenang untuk dapat menyelamatkan diri dari tindak kejahatan. Jantung berpacu lebih cepat, otak tidak mampu berpikir dengan jernih. Demikian pula tangan kaki tidak bisa bekerja sama untuk melakukans sebuah manuver penyelamatan diri.

Nah itulah sebabnya, secanggih apapun alat yang kita miliki sebagai upaya untuk melindungi diri, tetap kita harus menyiapkan mental dan fisik secara optimal.

Latihan Olah Raga Untuk Cara selamatkan Diri

Lakukan olahraga teratur dari mulai Latihan fisik ringan sampai kea rah berat. Bagaimana mumgkin kita mampu memegang semprotan cabe atau stun gun dengan kuat jika tangan kita tidak terlatih.

Latih tangan dan kaki untuk meningkatkan power dan speed yang mampu kita capai semaksimal mungkin. Pun dengan olahraga, tubuh kita menjadi lebih lentur untuk bergerak leluasa jika memang mengharuskan kita bergerak secara cepat.

Latih pula pernapasan kita, agar tidak terkaget-kaget saat menghadapi situasi kritis yang datang secara tiba-tiba. Latihan kardio sangat membantu untuk melatih sostem pernapasan kita. Latihan ini pun dapat memperkuat ketahan jantung dan sirkulasi darah.

Jika tubuh kita sudah biasa melakukan latihan fisik yang bagus, tentu saja hal ini sakan sangat membantu kita menghadapi situsasi yang tidak kita harapkan.

Tips-tips ini kami berikan bukan untuk menganjurkan anda untuk menjadi seorang yang sok jagoan. Tapi lebih ke arah perlindungan diri. Terutama kaum hawa yang sering kali menjadi sasaran kejahatan.

Kejahatan dapat terjadi karena si penjahat melihat adanya peluang target korban yang lemah dan takut. Nah untuk itulah, seseorang yang biasa berlatih bela diri akan acap kali terlihat lebih waaspada dan percaya diri.

Ada banyak ilmu bela diri yang bisa kita pelajari. Mulai dari tutorial awal lewat Youtube, berlatih sendiri atau masuk perguruan ilmu bela diri. Pada intinya teruslah melatih pergerakan motorik anda agar tidak kaku saat tubuh memerlukan kecepatan, kekuatan dan kelenturan dalam menghadapi semua situasi.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer