Tukang Becak Tipu Teller BCA Kuras Uang Rp 345 Juta, Apakah Teller-nya Dipecat?

Advertisement

Viral di sosial media aksi tukang becak tipu teller BCA yang sukses menghebohkan warganet.

Sebagian besar warganet merasa tak habis pikir bagaimana bisa bank sekaliber BCA sampai tertipu oknum yang mengaku sebagai nasabah.

Sebab hanya bermodalkan wajah mirip, seorang tukang becak sukses mengambil uang tunai milik nasabah BCA sebesar Rp 345 juta.

Sontak saja kasus tukang becak tipu teller BCA menjadi perhatian publik seluruh Indonesia.

Bahkan dalam kasus tukang becak tipu teller BCA tersebut, banyak yang mempertanyakan nasib teller yang sudah tertipu itu.

Advertisement

Kronologi Tukang Becak Tipu Teller BCA yang Viral

Rupanya aksi penipuan yang menimpa teller bank BCA sudah direncanakan oleh otak pelakunya.

Di mana pelaku asli penipuan tersebut bernama Thoha yang berada satu kos dengan sang tukang becak.

Diketahui, tukang becak yang berhasil menipu teller BCA itu adalah Setu dan sukses mengambil tabungan nasabah BCA yang bernama Muin Zachry.

Menurut penuturan sang teller Bank BCA Surabaya bernama Maharani Istono Putri, ia mengungkap awal kasus penipuan itu karena rencana pria bernama Thoha.

Jadi, Thoha merupakan orang yang sudah mencuri KTP, ATM, sampai buku tabungan milik nasabah BCA bernama Muin ketika dia sedang sholat Jumat.

Advertisement

Kemudian, Thoha pun mencari seseorang yang mempunyai wajah mirip seperti Muin agar memudahkannya menarik uang Muin.

Thoha pun akhirnya bertemu Setu yang kala itu tengah mangkal dengan  becaknya tepat di pinggir jalan yangs etuju untuk melakukan aksi penipuan tersebut.

Lantas Setu pun nekat masuk ke bank untuk menarik tabungan Muin bersama Thoha yang menunggu di luar bank.

Wajah yang Mirip Membuat Teller BCA Tertipu

Karena wajahnya mirip, teller BCA Surabaya itu pun mengaku tidak menaruh kecurigaan sama sekali.

Dia hanya bertanya, mengapa sang nasabah menarik uang seorang diri padahal jumlah uang yang ditarik sampai ratusan juta.

Advertisement

Setu yang saat itu menyamar sebagai Muin pun menjawab bahwa anaknya yang ternyata Thoha sendiri tengah menunggu di luar.

Teller BCA itu pun melakukan tugasnya sesuai SOP dengan menanyakan PIN, KTP, dan buku tabungan yang ternyata hasil curian.

Bahkan, Setu juga memanipulasi tanda tangan Muin yang membuat tanda tangan itu terlihat sama.

Putri selaku teller BCA yang tertipu kala itu pun sudah memperhatikan dan melihat langsung di dalam slip penarikan yang Setu serahkan kepadanya.

Teller BCA Surabaya ini mengakui kekurangannya karena hanya memperhatikan postur tubuh nasabahnya yang mirip.

Advertisement

Terlebih karena bank BCA yang masih mewajibkan nasabahnya menggunakan masker membuat wajah Setu sedikit tersamarkan dengan masker.

Putri sendiri juga tidak melakukan pengecekan ulang melalui telepon dengan sosok Muin asli karena ia menganggap nasabah yang bersangkutan datang sendiri untuk menarik uang.

Nasib Teller BCA yang Tertipu Saat Ini

Setelah menjadi viral, ramai warganet yang mempertanyakan bagaimana nasib Putri selaku teller BCA yang tertipu.

Rupanya, Putri sendiri saat ini masih mengikuti proses pengadilan yang sedang berjalan lantaran kasus itu kini ditangani oleh hukum.

Pihak BCA juga belum bisa menyampaikan tanggapan apapun terkait nasib karir Putri di bank BCA hingga putusan dari persidangan selesai.

Advertisement

Pasalnya, bank BCA tetap meyakini dan mempercayai sistem peradilan bisa memberikan keadilan untuk menyelesaikan kasusnya tersebut.

Terbaru, Putri sendiri juga belum lama ini memberikan kesaksiannya terhadap kasus penipuan yang menimpa dirinya sebagai teller BCA.

Sampai kini, kasus tukang becak tipu teller BCA masih menjadi perhatian warganet di sosial media. 

Advertisement
Show More