Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Pada Bulan Ramadhan 2021

0
23
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Pada Bulan Ramadhan 2021
Foto : zakat.or.id

Reportasee.com – Tips menjaga kesehatan tubuh pada Bulan Ramadhan 2021 sangat penting mengingat bahwa kondisi negara ini masih terserang Covid 19. Meskipun begitu, antusiasme masyarakat menyambut bulan suci ini sangat tinggi.

Seluruh umat Muslim atau Muslimah di Indonesia sangat menantikan Bulan Ramadhan yang akan segera tiba sekitar pertengahan April ini. Bulan yang memberikan momen berharga bagi seluruh umat Islam.

Di bulan suci ini seluruh umat Muslim atau Muslimah wajib menjalankan puasa sebulan penuh. Dengan cara menahan lapar, haus serta amarah mulai dari waktu subuh hingga waktu maghrib tiba.

Sehingga kesehatan tubuh saat menjalankan ibadah puasa sangat penting, apalagi sekarang Covid 19 masih mengancam seluruh masyarakat. Sehingga kita harus dan wajib menjaga kesehatan tubuh dengan baik dan benar.

Salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi sehari-hari agar kondisi imunitas tubuh tetap terjaga. Dengan begitu umat Muslim atau Muslimah dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar selama sebulan penuh.

Pedoman Menjaga Imunitas Diri Selama Ibadah Puasa Dari Pola Makan

Selama masa pandemi seperti saat ini sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga imunitas tubuh. Hal tersebut Karena adanya  ancaman virus Covid 19 yang dapat menyerang masyarakat kapan saja .

Dengan datangnya Bulan Ramadhan yang mewajibkan kita selaku umat Muslim atau Muslimah untuk melaksanakan ibadah puasa. Kita harus lebih ekstra memperhatikan kondisi diri dan menjaga imunitas diri lebih baik lagi.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan selama Bulan Ramadhan:

Mengkonsumsi air putih  dengan cukup

Tips paling utama dalam menjaga kesehatan tubuh saat menjalankan puasa  adalah mengkonsumsi air putih yang cukup. Dengan minum air putih yang cukup akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi serta menjaga kesegaran tubuh .

Saat menjalankan ibadah puasa, umat Muslim atau Muslimah tidak akan minum selama 12 hingga 14 jam dalam sehari. Sehingga tubuh mudah mengalami dehridasi dan menyebabkan badan lemas jika kurang meminum air putih.

Sebaiknya kita mengkonsumsi air putih sebanyak 8 sampai dengan 10 gelas dalam sehari. Saat berpuasa kita dapat mengkonsumsi air saat buka puasa, sebelum tidur, hingga waktu sahur menjadi tips menjaga kesehatan saat bulan Ramadhan.

Menu makanan mengandung karbohidrat kompleks

Tubuh membutuhkan asupan karbohidrat yang kompleks untuk menghasilkan energi. Karbohidrat kompleks dapat membuat perut kenyang dengan waktu yang lebih lama, selain itu juga bermanfaat dalam menstabilkan gula yang ada dalam darah.

Hal ini sangat penting bagi umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa. Dengan memilih makanan yang mengandung karbohidrat , kita dapat menjalankan ibadah puasa seharian penuh.

Ada berbagai bahan makanan yang mengandung karbohidrat komplek seperti nasi putih, kentang, jagung, gandum, serta nasi merah. Bahan-bahan tersebut sangat cocok menjadi menu yang disajikan ketika sahur atau berbuka puasa.

Memilih makanan berserat tinggi

Selain makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, tubuh juga memerlukan makanan yang tinggi serat. Untuk menemukan makanan yang tinggi serat bisa menggunakan sayur-sayuran atau buah-buahan.

Dalam buah dan sayur juga kaya akan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh yang sedang menjalankan ibadah puasa. Kandungan serta dapat menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh, dimana kita hanya makan saat pagi dan malam hari.

Kemudian kandungan vitamin dalam buah serta sayur yang mengandung serat tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mineral yang tinggi juga bermanfaat bagi tubuh dalam mempertahankan cairan yang ada dalam tubuh.

Memilih makan yang mengandung protein

Memilih menu makanan yang mengandung protein sangat cocok sebagai asupan ketika menjalankan ibadah puasa. Asupan protein sangat berguna sebagai cadangan energi saat melakukan aktivitas di siang hari.

Sudah ada banyak jenis makanan yang mengandung protein yang dapat dikonsumsi ketika berpuasa. Mulai dari susu, ikan, ayam,daging dan juga susu.

Menghindari makan yang berminyak dan berlemak

Tips menjaga kesehatan saat Bulan Ramadhan selanjutnya adalah dengan menghindari makanan yang mengandung lemak dan berminyak. Karena menu masakan yang berlemak dan berlemak dapat mengganggu saluran pencernaan.

Gangguan saluran pencernaan dapat terjadi akibat sulitnya saluran mencerna makanan kita, sehingga dapat terjadi iritasi pada lambung. Selain itu hindari makanan yang menggunakan bumbu tajam seperti terlalu asam atau pedas yang membuat lambung menjadi tidak nyaman.

Menghindari makanan yang dapat menimbulkan gas

Makan yang biasanya dapat menimbulkan gas akan membuat perut tidak nyaman atau kembung setelah makan, sehingga sangat tidak nyaman untuk melakukan aktivitas ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Selain itu perut akan terasa panas setelah memakan makanan tersebut. Makanan yang dapat menimbulkan gas antara lain nangka, durian, kol,tape, dan juga lobak.

Panduan Dalam Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan

Selain mengatur pola makan yang baik dan sehat, umat Muslim atau Muslimah juga harus melakukan aktivitas yang bermanfaat. Dengan beraktivitas kebugaran tubuh dapat selalu terjaga, selain bermanfaat bagi tubuh juga menambah pahala selama Bulan Ramadhan.

Olahraga

Olahraga sudah menjadi aktivitas wajib bagi seorang Muslim atau Muslimah dalam menjaga kebugaran tubuh selama Bulan Ramadhan. Meskipun sulit melaksanakan kegiatan olahraga ketika berpuasa, namun dengan berolahraga dapat meningkatkan imun tubuh.

Kita dapat melaksanakan olahraga rutin setelah sahur, sebelum berbuka puasa, atau setelah berbuka puasa. Sudah banyak pakar yang menganjurkan memilih di antara waktu tersebut untuk melakukan kegiatan olahraga.

Menghindari begadang

Tubuh yang kurang istirahat akan mudah terserang penyakit, dengan begitu kita tidak dapat memaksimalkan ibadah saat bulan Bulan Ramadhan. Oleh karena itu kita sangat perlu untuk menjaga pola tidur sebagai tips menjaga kesehatan saat bulan Ramadhan.

Dengan pola tidur yang baik dan benar, maka imunitas dalam tubuh dapat selalu terjaga dan kita tidak akan mudah terserang penyakit.

Menjaga kebersihan

Kebersihan merupakan sebagian dari iman, dengan hidup bersih maka virus penyakit tidak akan mudah untuk menyerang kita. Pada umumnya tempat yang kotor akan menjadi sarang bagi virus dan bakteri penyebab penyakit.

Dengan menjaga kebersihan para Muslim atau Muslimah akan lebih merasa nyaman saat bersantai atau melakukan aktivitas di lingkungan yang bersih. Selain itu tempat yang bersih akan menciptakan ketenangan sehingga tidak mudah menimbulkan amarah saat berpuasa.

Bersantai

Saat melaksanakan ibadah puasa tubuh akan mudah merasa lelah dan lemas, untuk itu kita perlu meluangkan waktu untuk bersantai. Bersantai dapat menenangkan pikiran serta menciptakan kembali energi yang telah hilang.

Bersilaturahmi

Di masa pandemi seperti saat ini sangat tidak memungkinkan bagi kita untuk bersilaturahmi secara langsung. Namun bukan berarti kita harus putus silaturahmi dengan sanak saudara yang tinggal di daerah lain.

Memanfaatkan teknologi yang sudah modern kita bisa tetap menjaga silaturahmi misal melalui video call atau telepon. Kegiatan silaturahmi dapat menghindarkan kita dari rasa cemas dan stres, sehingga hal ini dapat meningkatkan imun dalam tubuh.

Melakukan tips menjaga kesehatan saat Bulan Ramadhan, untuk lebih mudah bagi kita untuk menjalankan ibadah puasa di masa pandemi. Dengan imunitas tubuh yang selalu terjaga selama bulan Ramadhan membuat kita lebih terlindungi dari serangan penyakit..