32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaTips Memeriksa Kecepatan Website dengan Tools Gratis

Tips Memeriksa Kecepatan Website dengan Tools Gratis

Reportasee.com – Kecepatan website menjadi salah satu hal yang sangat penting. Sebagai pemiliknya, tentunya harus selalu memeriksa kecepatan website secara teratur agar bisa melihat apakah loading website yang kamu miliki sudah cepat atau belum. Dalam pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas mengenai tips untuk memeriksa kecepatan pada website dengan menggunakan tools yang gratis agar bisa kamu gunakan.

Kenapa Loading Website Harus Cepat?

Sebelum kamu memeriksa kecepatan website, kamu perlu mengetahui apa sebenarnya pentingnya loading website yang cepat. Berikut merupakan bahasanya:

1. Pengunjung Ingin Akses yang Cepat

Hampir semua pengguna internet tidak ingin menunggu waktu terlalu lama dalam mencari suatu informasi. Mereka juga ingin segera membeli apa yang dicari di website. Menurut riset dari Google, sekitar 53% pengguna internet di Indonesia akan langsung meninggalkan website dengan waktu loading lebih dari 3 detik.

2. Pengunjung Enggan Kembali Pada Website yang Lambat

Ketika berkunjung ke website yang mempunyai kecepatan loading yang lambat, maka besar kemungkinan pengunjung tidak ingin lagi kembali untuk mengunjunginya. Menurut survey dari KissMetric sekitar 79% pengunjung terbukti tidak kembali lagi pada website yang mereka anggap mempunyai kecepatan loading yang lambat.

3. Meningkatkan Rating di Google

Dalam menentukan rating hasil pencarian, Google juga akan melihat dari berbagai sektor, salah satunya adalah kecepatan loading website yang kamu miliki. Jika website kamu mempunyai kecepatan loading yang cepat, maka besar kemungkinan nilainya juga akan semakin bagus di mata Google. Faktor tersebut juga berpengaruh untuk hasil pencarian pada perangkat desktop atau mobile.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Loading Website

Sebenarnya banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya loading web yang kamu miliki. Beberapa diantaranya adalah:

  • Spesifikasi dan lokasi server hosting yang dipakai
  • Ukuran foto, gambar dan video
  • Koneksi dan kecepatan internet yang kamu gunakan
  • Penggunaan plugin yang digunakan pada website
  • Source code pada tema seperti HTML, CSS dan JavaScript.
  • Tools untuk memeriksa Kecepatan Loading Website

Jika kamu ingin memeriksa kecepatan loading, ada beberapa tools gratis yang bisa kamu gunakan. Berikut merupakan pembahasanya.

Google PageSpeed Insight

Nantinya, Google akan menilai kecepatan loading dengan menggunakan skala persen. Nilainya dari rentang 0 sampai 49% yang akan memperlihatkan performa website jika lambat. Sedangkan jika nilainya dalam skala 50 sampai 89% memperlihatkan performa kecepatanya dalam rata-rata. Sementara jika dalam skala 90 sampai 100% maka performanya sangat bagus dan cepat. Tools ini juga nantinya dapat memberikan saran dalam user experience pada perangkat mobile.

Baca:  Advance Server FF, Cara daftar dan Kode Bebas Masuk

Google Mobile Website Speed Testing

Tools ini bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan website dari skala 0 hingga 100. Google Mobile Website Speed Testing ini juga akan memberikan saran yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatanya. Nantinya kamu akan mendapatkan laporan kecepatanya melalui email atau akan langsung dikirim melalui developer web master.  

Baca:  Toko Eropa Ciamis Usung Konsep Modern

Pingdom

Tools gratis selanjutnya adalah Pingdom. Pingdom merupakan tools monitoring gratis yang cukup terkenal sampai saat ini. Klien toolnya juga berasal dari beberapa perusahaan besar seperti Facebook, Spotify, Pinterest dan Twitter. Nilai kecepatan dari Pingdom menggunakan skala dari 0 sampai 100.  Semakin tinggi nilainya, maka semakin bagus pula kecepatan websitenya.

GTMetrix

GTMetrix merupakan salah satu tools gratis yang dapat memeriksa kecepatan website yang kamu miliki. Cara menggunakanya juga terbilang sangat mudah dan bahkan gampang untuk pemula. Tools ini menyediakan analisis yang lengkap berdasarkan rekomendasi dari Google Insight PageSpeed dan Yslow.

Geek Flare

Tools ini bisa dibilang masih baru. Software dapat dipakai untuk mengecek kecepatan website pada perangkat mobile maupun desktop. Geek Flare hanya dapat memberikan informasi dari detik ke berapa konten yang ada pada web mulai dari loading dan pada detik ke berapa halaman web yang sudah berhasil loading secara penuh.

KeyCDN Website Speed Test

Tools ini juga bisa kamu pakai dengan mudah dan sangat cepat. KeyCDN nantinya akan menampilkan rangkuman analisis dan preview halaman yang sedang kamu periksa.

Load Impact

Load impact menyediakan layanan gratis dan berbayar. Untuk layanan gratis, kamu hanya perlu sign up dan mendapatkan kuota test gratis maksimal lima kali dalam satu bulan. Untuk layanan premiumnya dibanderol dengan harga sekitar 89 US Dollar per bulanya.

WebPage Test

Tool yang satu ini merupakan besutan dari Patrick Meenan, yang merupakan salah satu teknisi chrome (Google). Software ini bersifat open source dan memungkinkan kamu untuk bisa mengetestnya dari beberapa lokasi di seluruh dunia dengan menggunakan browser gratis.

Menyediakan beberapa fitur tambahan seperti pemblokiran konten, capture video, mengubah kecepatan koneksi, melakukan perbandingan first view, repeat view dan masih banyak lagi. Salah satu kelebihanya adalah sudah mendukung HTTP/2 sehingga kamu bisa melakukan uji coba kinerja WordPress Hosting dengan mengikutsertakan SSL dan parallelism dalam penilaian.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer