Tips Memasak Untuk Lebaran Agar Lebih Efektif

0
7
tips memasak untuk lebaran

Lebaran merupakan momen berkumpulnya keluaraga untuk bersilaturahmi. Pada saat ini, tips memasak untuk lebaran menjadi hal yang sangat banyak orang cari, untuk menjamu tamu dan juga keluarga yang sedang berkumpul.

Menu masakan untuk lebaran tentunya berbeda dengan menu masakan di hari-hari biasa. Biasanya keluarga akan memilihkan menu yang lebih istimewa. Lalu, apa saja yang harus Anda perhatikan untuk memasak di hari istimewa tersebut? Berikut ini beberapa tipsnya.

Pilih Menu Yang Simpel

Lebaran tentunya sudah penuh dengan jadwal yang padat untuk berkunjung ke sanak family dan teman. Tentu saja waktu yang Anda miliki untuk memasak juga tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, memilih menu masakan yang simpel dan sederhana merupakan pilihan yang tepat.

Memilih menu  masakan yang sederhana akan membantu Anda menghemat waktu di dapur. Dengan demikian, waktu yang ada bisa segera Anda gunakan untuk berkumpul bersama keluarga atau bersilaturahmi mengunjungi teman dan saudara.

Memilih menu  masakan, sebaiknya juga dengan memperhatikan selera keluarga yang akan berkumpul. Selain bisa membahagiakan keluarga dan teman, pasti menu Anda tidak akan terbuang sia-sia karena semua pasti menyukainya.

Contoh menu masakan yang sederhana yang pas Anda suguhkan pada saat lebaran adalah ketupat lebaran, kentang bumbu balado, dan opor ayam. Menu-menu tersebut termasuk simpel dan praktis cara penyajiannya, karena bisa Anda persiapkan sebelumnya.

Persiapkan Bumbu Dan Bahan Masakan dengan Baik

Tips memasak untuk lebaran yang tidak kalah penting adalah menyiapkan bahan masakan dan bumbu yang akan Anda gunakan. Hal ini maksudnya untuk mempercepat proses memasak sehingga bisa menghemat waktu di dapur.

Dalam hal ini, langkah yang harus Anda lakukan yang pertama adalah menentukan menu yang akan Anda masak pada saat lebaran. Setelah menentukan menu yang akan dimasak, maka baru bisa tentukan bumbu serta bahan apa yang akan Anda butuhkan.

Menyiapkan bumbu Anda lakukan dengan mengupas, mencuci, menghaluskan, lalu menyimpannya di kulkas. Dengan demikian, ketika akan ANda gunakan tinggal mengambilnya dari tempat penyimpanan.

Demikian juga dengan bahan masakan yang akan Anda gunakan, bisa Anda siapkan dengan cara yang sama.

Menyiapkan Peralatan yang Diperlukan

Memasak tentu membutuhkan peralatan memasak yang tidak sedikit. Demikian juga dengan peralatan yang akan digunakan untuk menyajikan masakan.

Menyiapkan peralatan baik peralatan memasak maupun peralatan untuk menyajikan merupakan hal yang cukup penting untuk ANda lakukan.

Seperti kita ketahui, setiap keluarga pasti memiliki banyak peralatan memasak dan juga peralatan untuk menyajikan hasil masakan. Tentunya tidak semua peralatan yang dimiliki digunakan pada saat lebaran. Maka sebaiknya siapkan peralatan yang akan Anda gunakan saja.

Dengan menyiapkan peralatan yang hanya akan Anda gunakan saja, dan menyisihkan yang tidak perlu, ini akan membuat pekerjaan memasak pada saat lebaran akan menjadi lebih praktis. Selain itu, hal tersebut akan membuat suasana dapur menjadi lebih bersih dan luas.

Atur Bahan Makanan Pada Tempat Terpisah

Tips memasak untuk lebaran selanjutnya adalah menyiapkan dan mengatur bahan makanan pada tempat terpisah. Hal ini juga perlu Anda lakukan agar pada saat memasak tidak kesulitan dalam mencari dan menemukan bahan masakan yang akan Anda gunakan.

Misalnya saja adalah menempatkan bahan masakan yang akan Anda masak dan sudah Anda bersihkan bersama dengan bumbunya. Dengan demikian, ketika akan memasak masakan tersebut, tidak ada bahan yang atau bumbu yang tertinggal atau tidak ada.

Menyiapkan bahan masakan yang akan Anda masak dan juga bumbunya, sebaiknya juga Anda lakukan sesuai dengan keperlukan saja. Apabila ada bahan atau bumbu berlebih yang tidak akan segera Anda gunakan, sebaiknya tempatkan di tempat yang terpisah.

Hal tersebut bertujuan agar bahan masakan dan juga bumbu yang tidak segera Anda gunakan tetap tersimpan di dalam kulkas dan tidak terbuka. Tujuannya, agar bahan masakan tersebut bisa lebih awet dan tidak cepat rusak karena sering Anda buka.

Segera Bersihkan Peralatan Yang Digunakan

Hal yang paling melelahkan dalam memasak adalah membersihkan peralatan yang Anda gunakan. Apalagi bila menu masakan yang dimasak bermacam-macam dan dalam jumlah yang besar. Tentunya akan semakin banyak pula peralatan yang digunakan dan harus dibersihkan.

Tetapi membersihkan peralatan memasak dengan segera juga akan menguntungkan. Selain dapur kembali bersih dan rapi, hal tersebut juga akan mengurangi pekerjaan yang akan semakin menumpuk dengan bertambahnya jumlah peralatan yang harus ANda bersihkan setelah selesai acara makan.

Dalam menyajikan masakan sendiri juga menggunakan peralatan. Demikian juga dengan peralatan yang nantinya Anda dan keluarga gunakan untuk makan. Maka bisa Anda bayangkan, berapa banyak peralatan yang harus Anda bersihkan setelah acara makan selesaiĀ  pada saat lebaran.

Memasak dan menyajikan hidangan di hari lebaran memang menyenangkan, karena pada saat itu semua bisa berkumpul dengan keluarga dan teman. Dengan tips memasak untuk lebaran yang sudah kita bahas di atas, semoga bisa membuat lebaran bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan.