32 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
BerandaBeritaTips Beli Laptop Bekas Untuk Dapatkan Produk Terbaik

Tips Beli Laptop Bekas Untuk Dapatkan Produk Terbaik

Membeli laptop bekas dapat dipilih untuk mendapatkan laptop dengan harga yang lebih miring dari harga laptop baru. Tetapi membeli laptop bekas memiliki banyak resiko ketika laptop dalam kondisi buruk. Saat melakukan pembelian, pastikan Anda memperhatikan beberapa tips beli laptop bekas agar tidak salah.

Laptop bekas sendiri biasanya dijual karena pemilik  ingin membeli laptop keluaran terbaru yang lebih canggih atau menjual laptop karena adanya kerusakan. Hal tersebut perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum membeli laptop bekas agar bisa mendapat barang terbaik. Berikut tips-tipsnya.

Membeli dari Teman

Sebelum mencari laptop bekas di forum-forum jual beli laptop yang banyak terdapat pada media sosial, Anda sebaiknya mencoba terlebih dahulu untuk mencarinya ke teman yang dikenal. Selain dapat mempererat hubungan pertemanan, nantinya Anda akan lebih dimudahkan.

Selain kualitasnya mungkin masih bagus, Anda pun akan mendapatkan harga lebih murah. Anda juga bisa tahu apa saja yang mungkin rusak atau bermasalah pada produk tersebut.

Cek Harga Pasar

Ini adalah salah satu tips beli laptop bekas yang sangat penting. Anda perlu mengetahui harga sebenarnya di pasaran agar Anda tidak salah dalam membeli laptop bekas dengan harga kemahalan.

Selain itu, dengan mengetahui harga pasaran nantinya akan mempermudah untuk melakukan penawaran. Terdapat banyak cara untuk mengetahui harga pasar. Salah satunya yaitu pergi ke toko penjual laptop agar dapat membandingkan harga laptop baru dan bekas.

Cari Laptop dengan Umur di Bawah 1 Tahun

Laptop dengan masa pakai yang lebih lama apabila dijual dalam kondisi bekas akan ditawarkan dengan harga yang lebih murah. Hal tersebut karena laptop dengan umur pakai lebih lama memiliki potensi pernah mengalami kerusakan lebih besar pada bagian-bagian tertentu.

Memilih laptop bekas dengan umur pakai kurang dari satu tahun bisa jadi pilihan dalam hal ini karena laptop tersebut masih memiliki garansi sehingga ketika terjadi kerusakan Anda pun tidak bingung. Selain itu dengan umur pemakaian tersebut, kualitas laptop masih terbilang bagus seperti masih baru.

Memeriksa Spesifikasi Laptop

Tips beli laptop bekas ini perlu diterapkan agar Anda mengetahui apakah yang disebutkan penjual sama dengan kondisi laptop bekas yang akan Anda beli. Hal ini juga dapat menghindarkan Anda ditipu oleh penjualnya.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa spesifikasi laptop ada beragam. Namun, terdapat cara yang mudah yaitu dengan melihat pada bagian setting atau membuka command run dengan menekan tombol start + R pada keyboard. Setelahnya, ketikan ‘dxdiag’, lalu tekan enter.

Periksa Kondisi Fisik Laptop

Memeriksa terlebih dahulu kondisi fisik dan bagian-bagian luar laptop tidak boleh Anda lewatkan untuk mengetahui kondisi laptop. Di sini Anda dapat melihat apakah terdapat bekas benturan dan goresan pada bagian luar laptop sehingga dapat memastikan apakah laptop dalam kondisi yang baik atau tidak.

Periksa Kondisi Layar Laptop

Layar merupakan aspek dalam laptop yang penting Anda perhatikan ketika membeli laptop bekas. Pastikan layar dalam kondisi yang baik, tidak tergores maupun pecah, karena ini dapat mengganggu performa laptop.

Selain itu, pengecekan layar dapat Anda lakukan dengan menghidupkan laptop dan memeriksa kecerahan, perubahan warna, dan pixelnya. Selain itu, cara memeriksanya yaitu dengan mencoba memutarkan video. Lihat apakah sudut pandangnya lebar atau sempit.

Tes Keyboard

Tips ini cukup penting Anda terapkan untuk mengecek laptop bekas yang akan Anda beli apakah dalam kondisi yang baik atau tidak. Cara untuk memastikannya yaitu dengan mencoba melakukan pengetikan ke semua tombol. Lihat apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Perlu juga memastikan kenyamanan Anda dalam mengetik untuk melihat ada tidaknya tombol yang keras atau malfungsi. Periksa juga gerakan yang didukung trackpad dan cobalah pinch zoom, swipe tiga jari, scroll, dan lain-lainnya.

Periksa Kesehatan Baterai

Pada laptop yang telah lama masa pemakaiannya, baterainya biasanya bermasalah dan dapat cepat habis. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa charger laptop apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa kondisi baterai sangat beragam. Tetapi jika ingin melakukannya secara cepat, Anda dapat mengetes dengan memasukan ke pengaturan manajemen daya OS yang sudah terinstal. Dengan cara tersebut, Anda dapat mengetahui gambaran kasar ketahanan baterai.

Periksa Perangkat Lunak

Tips beli laptop bekas ini paling penting Anda terapkan. Yang pertama bisa Anda lakukan adalah memeriksa lisensi perangkat lunak dan pastikan semua kunci produk tersedia. Minta juga CD perangkat lunak yang asli, CD pemulihan, Driver, dan media cadangan yang menyertai laptop.

Periksa Konektivitas Nirkabel

Melakukan pemeriksaan konektivitas nirkabel perlu Anda lakukan untuk mengetahui laptop dapat terhubung wifi dengan mudah atau tidak. Pemeriksaan bluetooth juga perlu Anda lakukan untuk memastikan apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Menggunakan Sistem COD dalam Pembelian Online

Jika terpaksa membelinya secara online, langkah ini perlu Anda terapkan agar laptop bekas tersebut bisa Anda periksa sebelum melakukan pembayaran. Sistem COD (Cash On Delivery) juga mencegah adanya penipuan dan akan memudahkan Anda dalam bertransaksi.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER