Taruna Jaya Cikoneng & HIPMAN Gelar Aksi Peduli Lingkungan

0
28
Taruna Jaya Cikoneng & HIPMAN Gelar Aksi Peduli Lingkungan

Reportasee.com – Karang Taruna (Kartun) Taruna Jaya Cikoneng dan Himpunan Pemuda Pemudi Mandalika (HIPMAN) menggelar aksi peduli lingkungan, belum lama ini.

Kelompok pemuda Cikoneng tersebut berinisiatif membersihkan limpahan sampah di sepanjang aliran Sungai Ciloganti.

Ketua Kartun Taruna Jaya Cikoneng, M. Subastian Martajumena, Senin (05/04/2021), menuturkan, pihaknya merasa miris dengan kondisi aliran Sungai Ciloganti yang sudah penuh dengan sampah.

Apalagi, menurut Subastian, Sungai Ciloganti melintasi pemukiman penduduk, sehingga kondisi aliran sungai yang penuh dengan sampah tersebut merusak estetika.

Baca:  Cara Belajar Trading Forex untuk Pemula

Subastian mengaku khawatir, jika upaya pembersihan sampah dari sungai tidak segera ia lakukan, justru akan menyebabkan bencana.

Misalnya, kata Subastian, ketika curah hujan sedang tinggi, ia khawatir air akan meluap dan mengakibatkan banjir.

Kepada Reportasee.com, Subastian menuturkan, sampah-sampah yang ia temukan di Sungai Ciloganti merupakan kategori sampah yang tidak boleh dibuang ke sungai.

Baca:  Telinga Terasa Penuh, Ini Penyebab dan Cara Atasinya

“Seperti tumpukan karung, pakaian bekas, pampers, dan banyak lagi sampah yang seharusnya tidak dibuang ke sungai,” katanya.

Lebih lanjut, Subastian mengungkapkan, aksi sosial para pemuda Cikoneng tersebut merupakan wujud kepedulian mereka terhadap lingkungan.

Subastian bersyukur, aksi sosial ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Bahkan, masyarakat sampai menyumbangkan makanan bagi para pemuda yang ikut bersih-bersih.  

Pada kesempatan itu, Subastian berharap, aksi sosial peduli lingkungan yang Kartun Taruna Jaya Cikoneng dan HIPMAN memotivasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Baca:  Cara Memilih Softlens yang Tepat Agar Mata Tetap Aman

Kedepan, Subasti juga berharap ada peraturan yang mengatur mengenai kebersihan dan lingkungan di tingkat desa. Termasuk soal larangan membuang sampah ke sungai.

“Karena saya yakin, sayangi alam, maka alam akan menyayangi kita,” pungkasnya.