Sejarah Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember

Bulan Desember memiliki sejumlah peringatan penting, salah satunya adalah berkaitan dengan Sejarah Hari Anti Korupsi sedunia yang jatuh pada 9 Desember 2021.

Peringatan Hari Anti Korupsi sedunia berlangsung setiap tahun dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terkait dengan pemasalahan korupsi.

Korupsi memang masih menjadi permasalahan kompleks yang hampir semua negara alami.

Indonesia sendiri, masih bergulat sengit dalam pertarungan melawan mafia-mafia korupsi yang menggeroti kekayaan negara.

Masih hangat dalam ingatan seluruh masyarakat Indonesia mengenai kasus korupsi bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi.

Atau juga kasus korupsi yang menggurita dari salah satu pemipin daerah yang merugikan negara dalam jumlah yang fantastis?

Miris memang, bahwa kenyataannya para pemangku kepentingan seolah lupa serta abai terhadap rakyatnya hingga tega merampas hak rakyat mereka.

Lalu mengapa kita harus memperingati Hari Anti Korupsi? Mari kita simak ulasannya.

Sejarah Hari Anti Korupsi Sedunia

Semangat melawan tindak korupsi sudah menjadi pembahasan dalam forum diskusi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sejak Desember tahun 2000.

Ketika itu PBB mengemukakan pendapat mengenai perlunya sebuah hukum internasional yang membahas mengenai tindak korupsi.

Hukum inilah yang nantinya akan menjadi media yang menjembatani perbedaan sistem hukum dalam penanganan dan pencegahan korupsi setiap negara.

PBB menunjukan keseriusannya dengan membentuk komite khusus yang bertugas untuk merancang draft konvensi yang rampung pada tahun 2003.

PBB mendesak semua pihak komputen yang berkepentingan untuk segera menyetujui konvensi tersebut.

Hingga tercapailah kesepakatan bersama mengenai konvensi PBB melawan korupsi dan Hari Anti Korupsi sedunia pada Sidang PBB 9 Desember 2003.

Konvensi tersebut kemudian berlaku 2 tahun setelah semua negara menyepakatinya, yaitu pada Desember 2005.

PBB berharap, adanya konvensi tersebut dapat menjadi acuan terbentuknya undang-undang tindak korupsi di setiap negara.

Untuk mencegah, melawan serta memberantas praktek korupsi tuntas hingga ke akar.

Makna Hari Anti Korupsi

Seperti yang kita tahu, korupsi memang masih menjadi permasalahan global yang mengganggu pembangunan dan ekonomi setiap negara di dunia.

Indonesia contohnya, tindak korupsi yang seolah tidak ada habisnya masih menjadi PR bersama yang harus kita semua selesaikan.

Hari Anti Korupsi yang kita peringati setiap tahun merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait salah satu bentuk kejahatan kronis bernama korupsi.

Sehingga kemudian, masyarakat dapat turut serta dalam pergerakan semangat melawan korupsi.

Hari Anti Korupsi juga seharusnya sebagai momentum pengingat bagi kita semua.

Khususnya para pemangku kepentingan mengenai integritas diri dan berbagai pentingnya budaya anti korupsi.

Karena sejatinya, tidak ada upaya pemberantasan korupsi yang lebih baik selain berawal dari berbagai hal kecil dan mulai dari diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.