Resep Opor Ayam Sajian Khas Lebaran

Advertisement

Reportasee.com – Resep opor ayam selalu menjadi pencarian utama di kalangan ibu-ibu. Apalagi di kala menjelang hari raya Idul Fitri seperti sekarang membuatnya kian populer.

Bukan tanpa sebab, di tanah air opor ayam dan beberapa sajian nikmat lainnya sangat wajib ada di hari Idul Fitri. Berkat keberadaan makanan tersebut momen hari raya terasa begitu special.

Bagi sebagian besar umat islam, perayaan hari raya tak lengkap rasanya tanpa sajian ayam satu ini. Umumnya opor ayam masyarakat santap bersama ketupat maupun lontong. Kemudian akan bertambah nikmat dengan masakan pendamping khas ala lebaran.

Sama seperti lebaran kemarin, tahun ini pun serupa. Opor ayam masih wajib ada di tiap meja makan yang akan keluarga santap setelah menunaikan ibadah sholat Ied. Tak jarang ibu-ibu mengkreasikan resep opor ayam menjadi tak biasa.

Sebut saja ada opor ayam biasa, opor ayam tahun telur, opor ayam kuah putih, opor ayam pedas dan masih terdapat menu lainnya.

Advertisement

Jika anda masih saja kebingungan bagaimana cara tepat dalam membuat menu opor ayam tak perlu khawatir. Pasalnya berikut ini ada resep sajian lebaran berupa opor ayam yang bisa anda coba.

Sebenarnya, di tanah air sendiri terdapat berbagai macam resep opor ayam yang bisa anda coba. Tak ada salahnya anda menyajikan menu opor ayam berbeda-beda di setiap momen idul fitri. Hal ini bermaksud agar keluarga tidak bosan walaupun santapan mereka berbahan utama ayam.

Kreasi Resep Opor Ayam Kampung

Sajian opor ayam kampung bisa menjadi pengganti menu biasa. Anda bisa menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Antara lain bahan utama yakni 600 gram ayam jenis kampung muda.

5 butir telur ayam rebus yang sudah terlepas dari kulitnya. Kemudian seiapkan 700 ml santan dengan kekentalan sedang juga 350 ml untuk santan kental. Tak lupa seukuran satu ruas jempol bahan lengkuas yang anda geprek.

Lalu 2 batang sereh yang sudah anda geprek pada bagian berwarna putih. Tambahan secukupnya penyedap rasa berupa garam dan gula merah. Selanjutnya 3 lembar daun salam dan daun jeruk. Anda bisa menambahkan kaldu ayam bubuk non MSG guna penguat rasa.

Advertisement

Bahan tambahan lainnya adalah 10 siung bawang merah juga 8 siung untuk bawang putih. Kemiri sebanyak 6 butir juga satu sendok teh kunyit bubuk. Lalu ketumbar bubuk sebanyak dua sendok teh. Ada juga lada bubuk satu sendok teh dan seperempat sendok teh jinten bertekstur bubuk.

Proses Pembuatan Resep Opor Ayam Kampung

Saat semua bahan sudah lengkap, selanjutnya anda sudah bisa memasak resep opor ayam kampung. Pertama ambil sesuai takaran bawang merah maupun putih. Kemudian tambahkan kemiri yang sudah anda goreng utuh.

Haluskan semua bahan tersebut menggunakan cobek maupun blender. Rebus ayam hingga mendidih dan buang air rebusan. Kemudian perebusan anda lakkan kembali dengan menambahkan sedikit garam. Masak ayam tersebut hingga terasa empuk lalu anda tiriskan.

Di sisi lain panaskan wajan berisi minyak untuk menumis bumbu tadi. Tambahkan pelengkap berupa sereh, jinten, garam, ketumbar bubuk, lada, daun jeruk dan daun salam. Tumis sampai matang dengan pertanda wangi rempah.

Masukkan ayam ke dalam tumisan berisi bumbu tadi. Lalu tambahkan santan jenis encer dan aduk sampai rata. Masak ayam tersebut hingga empuk dan beraroma wangi. Taruh telur rebus setelah santan mendidih.

Barulah tambahkan santan jenis kental beserta gula jawa. Masak semua bahan tadi higga matang dan tak lupa kaldu ayam.

Hidangan Opor Ayam Putih

Masih seputar resep opor ayam, kini anda bisa mencoba sajian opor ayam putih untuk momen lebaran. Pertama anda bisa menyiapkan bahan utama berupa satu kilogram bagian sayap ayam. Kemudian tahu berukuran satu papan. Lalu 3 batang sereh yang sudah anda geprek.

Lengkuas bisa anda siapkan sebanyak dua ruas. Selanjutnya adalah 5 lembar dan 3 lembar masing-masing daun salam juga daun jeruk. Bahan lainnya adalah santan instan satu bungkus berukuran 65ml. tak lupa air bersih sebanyak 1,5 liter.

Bumbu halus yang anda perlukan adalah 3 sendok makan jenis dasar putih. Selanjutnya jahe sebanyak dua ruas. Kemudian kemiri yang sudah anda sangrai sejumlah 4 butir. Lalu satu sendok teh lada bubuk dan penyedap. Tak lupa satu sendok makan gula pasir juga setengahnya garam..

Tahap Pembuatan Resep Opor Ayam Putih

Langkah pertama siapkan semua bahan tadi. Mulanya haluskan ketumbar, gula pasir, garam dan kemiri sampai halus.

Goreng tahu sampai setengah matang kemudian goreng ayam sebentar. Tumis bumbu dasar putih tadi dan tambahkan bahan halus sebelumnya. Masukkan bahan tambahan berupa sereh geprek, daun salam beserta daun jeruk. Tumis semua bahan tersebut sampai halus.

Masukkan ayam beserta air hangat sampai teksturnya empuk. Tak lupa tambahkan tahu beserta santan. Aduk semua bahan tadi dan usahakan jangan sampai pecah.

Nah, resep opor ayam putih pun sudah siap anda nikmati.

Makanan Resep Opor Ayam Gudeg

Menu yang bisa anda coba selanjutnya adalah resep opor ayam gudeg. Bahan dan proses pembuatannya pun berbeda pada resep sebelumnya. Pertama anda wajib menyiapkan bahan untuk resep opor ayam gudeg.

Antara lain satu ekor ayam utuh yang anda potong menjadi 10 bagian. Kemudian daun salam sebanyak dua lembar. Bahan selanjutnya adalah 3 lembar daun jenis jeruk. Lalu anda membutuhkan air putih sebanyak 350 ml. Santan kental sebanyak 700 ml pun waijb anda siapkan.

Garam sebagai penyedap pun perlu sebanyak satu sendok teh. Kemudian kaldu jamur sebanyak satu sendok teh dan gula pasir setengahnya. Terakhir anda memerlukan minyak guna menumis bahan tersebut.

Sedangkan ada bumbu halus lain dalam resep opor ayam gudeg. Berupa bawang merah sebanyak 15 siung. Kemudian anda memerlukan bawang putih sejumlah 8 siung. Untuk kemiri siapkan sebanyak 5 butir. Selanjutnya yaitu lengkuas seukuran satu ruas jari. Lalu satu sendok makan ketumbar dan satu sendok teh jinten.

Cara Membuat Sajian Resep Opor Ayam Gudeg

Mulanya cuci bersih bahan utama ayam. Haluskan semua bahan yang masuk ke dalam bumbu halus. Panaskan wajan dan masukkan minyak untuk menumis.

Tambahkan bumbu halus beserta daun salam serta daun jeruk. Kemudian tak lupa gula, garam beserta kaldu jamur. Tumis semua bahan tadi sampai keluar aroma wangi. Masukkan ayam dan aduk sampai rata.

Campurkan air beserta santan kental di dalamnya. Aduk secara keseluruhan terus menerus sampai mendidih. Aduk terus hingga air mulai menyusut. Jika sudah cukup surut cek rasa dari resep opor ayam gudeg tersebut.

Dengan demikian, sajian opor ayam gudeg sudah siap anda santap. Kreasi dari resep opor ayam tersebut bisa anda pilih untuk dimasak pada tahun ini. Hal itu bertujuan mengusir rasa bosan kalau menyantap hidangan itu-itu saja.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker