32 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBeritaRating Memimpin, Proses Shooting River Where The Moon Rises Penuh Kontroversi

Rating Memimpin, Proses Shooting River Where The Moon Rises Penuh Kontroversi

wolipop.detik.com

Reportasee.com– River where the Moon Rises pastinya sangat menarik perhatian para K-Popers Indonesia. Pihak Victory Contents selaku perusahaan produksi, menjelaskan bahwa drama River Where The Moon Rises merupakan wujud visual dari novel yang terbit pada tahun 2010.  Drama bergenre Sageuk yang menggunakan setting latar sejarah korea ini memiliki rating yang tetap stabil dan selalu memimpin.

Sumber dari kompas.com drama River When The Moon Rises memvisualkan kisah cinta On Dal dengan seorang putri dari Pyongyang. Drama tersebut memiliki 20 episode. On Dal pada episode ke 13 akan membongkar sosok sejatinya sendiri. Beberapa aktor seperti Kim So-Hyun, Ji Soo, Lee Ji-Hoon, serta Choi Yu-hwa turut mendukung kesuksesan drama. Namun, di balik kesuksesan pertahananan ratingnya, proses shooting drama nyatanya tak lepas dari kontroversi.

Keterlibatan Pemain Utama River where the Moon Rises Dengan Kasus Sensitif

Kontroversi pertama berawal dari munculnya kasus sensitif yang menyeret nama tokoh utama drama, yakni Ji Soo. Ji Soo tiba-tiba menjadi trending topik lantaran keluar dari proyek tersebut. Keputusannya untuk keluar bukan tanpa alasan. Aktor tampan berwajah oriental tersebut telah menjadi terduga kasus kekerasan seksual. 

Permasalahan Ji Soo bermula ketika muncul dua akun netizen yang membuka keburukan sifat sang Aktor pada hari selasa pekan lalu. Kedua netizen tersebut mengaku pernah menjadi korban bullying Ji Soo semasa SMP. Mereka tak segan-segan membeberkan detail perilaku pembulian yang mereka terima dengan gamblang di sosial media pribadi mereka. Untuk meyakinkan warganet, mereka bahkan bersedia untuk menunjukkan bukti terjadinya pembulian jika ada yang memintanya.

Perkataan keduanya seolah menyimpan dendam terlalu dalam. Keduanya menyampaikan dengan bahasa-bahasa penuh emosi dan kekecewaan. Ungkapan keduanya sama-sama mengandung pesan seorang korban kekerasan. Perlakuan kekerasan yang mereka tekankan adalah kekerasan verbal dan kekerasan fisik hingga kekerasan seksual.

Netizen pertama, mengaku pernah menerima perlakuan kasar dari Lee Ji Hoo. Ji Hoo menjelaskan bahwa Lee Ji Hoo sering memukulinya ketika masih berada di bangku kelas 1 SMP. Netizen kedua menyusul dengan mengan menyatakan bahwa Ji Soo sering memaki, meneriaki dan mengejeknya. 

Sontak netizen-netizen tersebut menjadi buah bibir masyarakat hingga berdampak pada ketidak seimbangan karir sang aktor. Pihak manajemen memang sempat melakukan klarifikasi dan memohon kepada masyarakat untuk menyelidiki bukti-bukti yang penuduhan. Akan tetapi, pada akhirnya Ji Soo mengungkapkan permintaan maafnya di hadapan media. Aktor tampan terseut mengakui bahwa tuduhan tersebut adalah deretan peristiwa kekanakannya ketika masih remaja. Ji Soo juga menjelaskan bahwa kekerasan yang menimpa kedua netizen tersebut tidaklah beralasan dan cukup memalukan. 

Baca:  Dead Space Remake Siap Hadir di Berbagai Konsol Game
Baca:  Aplikasi Trading Saham, Ketahui Cara Memilihnya

Drama River When The Moon Rise yang sempat tayang pun berhenti sejenak seketika akibat dampak dari kasus Ji Soo. Banyak pihak yang tentunya merasa kecewa, akan tetapi masyarakat tetap antusias penyelesaian konflik serta kelanjutan episode dramanya. 

Rating Kuat Bertahan Meski Mengalami Pergantian Pemain Utama 

Kasus yang menimpa aktor utama, membuat drama River Where The Moon Rises perlu mendapatkan aktor pengganti peran utama. Tim Manajemen Film telah sepakat memilih Na In Woo untuk menjalankan figur sosok On Dal yang sebelumnya Ji Soo telah memerankannya. 

Mengutip dari suara.com, sejak Na In Woo mengisi drama, rating drama menjadi transparan di media sosial. Rating Drama tetap stabil sekalipun figur peran utama mengalami perubahan. Episode ke-7 yang tayang pada hari senin 3 Maret kemarin tetap sanggup mencapai rating 6,7 hingga 8,7%. Kalkulasi rating tersebut tentunya sama dengan episode-episode sebelumnya. 

Proses Syuting Ulang Tanpa Honor Bagi Para Aktor 

Demi menjaga popularitas drama di pasar industri hiburan korea, Tim Victory Contents melakukan berbagai cara sekalipun dengan resiko kerugian yang besar. Sutradara bahkan menyetujui untuk melakukan shooting ulang dengan catatan tanpa adanya bayaran bagi para aktor. Sehingga reputasi drama River Where The Moon Rises kembali menjadi sorotan netizen. Namun, faktanya keputusan tersebut berdasarkan aksi sukarela dari pihak aktor untuk membantu produser drama dalam meminimalisir kerugian yang ada. 

Deretan aktor dan aktris yang ikhlas menjalani shooting ulang tanpa mendapat honor antara lain Lee Ji-Hoon, Choi Yu Hwa, Ki Eun Se, Wang Bit Na, Ryoo Ui Hyun, Kim Hee Jung dan Yoon Joo Man. 

Aksi mereka turut mengundang rasa terimakasih dari tim manajemen. Pasalnya, perjalanan proses shooting River Where The Moon Rises telah hampir usai. Pengulangan shooting tentunya akan memakan dana besar. Di samping itu, waktu, tenaga dan pikiran akan terasa terbuang sia-sia. Adanya kekompakan keputusan dari beberapa pemain untuk tetap profesional meski tanpa bayaran menjadi angin segar tersendiri. Selain merupakan bentuk prihatin juga menjadi bukti jalinan kekeluargaan antar pemain dan crew produksi. 

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer