32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaPilihan Investasi Terbaik pada Tahun 2021

Pilihan Investasi Terbaik pada Tahun 2021

Dua tahun terakhir telah menjadi tahun – tahun yang cukup sulit dan berat bagi kita semua, hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena pandemi Covid-19 yang telah memporak porandakan kebiasaan hidup kita sebagai manusia. Pandemic ini sangat mempengaruhi kehidupan kita terutama di bidang ekonomi, contohnya saja banyak para pegawai yang di PHK, banyak perusahaan yang bangkrut, dan kerugian – kerugian lainnya. Dari mulai bisnis jenis kuliner, pariwisata, dan masih banyak lagi.

Keadaan yang berubah secara signifikan ini kadang kala dapat membuat orang – orang sedikit kelimpungan. Ada beberapa yag mamou bertahan dengan keadaan dan adaun yang tidak. Oleh karenannya, berbagai cara telah dilakukan untuk dapat menyiasati keadaan ini. Salah satu cara yang cukup banyak minat adalah berinvestasi, beberapa orang memilih investasi setelah memasuki awal tahun 2021.

Investasi – investasi yang terprediksi akan berhasil pada tahun 2021

Saham

Meskipun pada tahun 2020 harga saham cenderung menurun tetapi investasi saham tetaplah menjadi investasi yang menjanjikan dan banyak peminat. Pasalnya, investasi saham memang berpacu kepada moto “high return, high risk” yang berarti semakin besar keuntungan yang ingin anda daptkan maka anda harus berani mengambil resiko yang besar pula.

Emas

Investasi emas adalah investasi ayng terbilang mudah dan aman bagi banyak orang, karena bahkan orang yang awam dengan dunia perekonomian pun tidak akan kesulitan untuk berinvestasi emas. Selain itu, investasi emas tidak akan rugi karena harga emas cenderung terus menaik. Hal lain yang dapat anda pertimbangkan yaitu jika anda berinvestasi emas, cara mencairkan dana nya sangat mudah. Sehingga saat genting anda bisa kapan saja mencarikan investasi emas anda.

Reksadana

Investasi jenis ini cukup cocok dengan anda yang masih awam dengan dunia investasi karena dapat mulai dengan modal rendah. Konon katanya, resiko pada investasi inipun lebih kecil tetapi memang keuntungan yang di dapatkan pun cenderung kecil. Modal investasi reksadana dapat mulai dari ratusan ribu rupiah dan selanjutnya manager investasi akan mengelola reksadana anda untuk menjadi portofolio investasi yang menjanjikan.

Property

Investasi berjenis property ini merupakan investasi yang terbilang cukup banyak orang sukai. Contoh investasi jenis ini adalah investasi berupa apartemen, rumah, atau jenis residen lainnya. Pada investasi ini, anda bukan hanya bisa berinvestasi pribadi tetapi juga bisa menjadi mitra atau menjalin kerjasama dengan para investor lainnya untuk mengelola dan membeli property.

Cryptocurrency

Cryptocurrency atau dalam bahasa Indonesia adalah amta uang digital bisa menjadi salah satu jenis investasi yang baik. Meskipun jenis investasi ini terbilang baru namun dapat menjadi alternatif investasi ayng menjanjikan. Contohnya saja salah satu perkembangan dari jenis investasi ini yaitu pada Bitcoin, pada hari Jum’at (8 Januari 2021) harga 1 keping Bitcoin mencapai Rp562.000.000.

Equity Crowfunding

Investasi jenis ini merupakan investasi yang dapat anda lakukan dengan cara berinvestasi pada bisnis orang lain. Biasanya perusahaan start-up membutuhkan banyak dana untuk dapat mengembangkan perusahaan menajdi perusahaan yang lebih besar dan memiliki keuntugnan yang lebih besar pula. Pada investasi ini anda akan mendapatkan keuntungan bila perusahaan bisa sukses dan anda pun bisa menjadi pemilik sebagian bisnis dari perusahaan tersebut.

Bisnis sampingan

Selain investasi – investasi yang sudah tertera tadi, anda juga bisa membuat bisnis sampingan sebagai investasi anda. Bisnis sampingan bisa saja dari hal – hal kecil seperti membuka warung, menjual barang, sampai membuka kontrakan ataupun kos – kosan. Modal yag perlu anda keluarkan sesuai dengan jenis investasi bisnis mana yang akan anda buka.

Baca:  Tips Beli Laptop Bekas Untuk Dapatkan Produk Terbaik

Sebelum anda melakukan investasi, baiknya anda mengetahui tips agar anda memilih investasi secara efisien

Mulai dari sekarang

Bagi anda yang masih ragu – ragu  untuk berinvestasi, anda harus mulai meyakinkan diri untuk berinvestasi karena resiko yang anda pikirkan akan sesuai dengan keuntungan yang anda dapatkan. Jangan terus menerus menunggu hingga anda memiliki uang lebih tetapi dapatkanlah uang lebih dari berinvestasi. Percayalah anda tidak akan pernah merasa siap 100% sampai kapanpun.

Baca:  Manfaat Bawang Merah Yang Tak Banyak Diketahui Terutama Kaum Muda

Sekarang ini cukup banyak jenis investasi yang tidak memiliki resiko tinggi dengan modal yang cukup rendah. Selain itu, anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi dari internet yang tentunya mudah pengaksesannya.

Pilih investasi yang kuat

Investasi yang kuat adalah investasi yang dapat melawan ketika terjadi inflasi karena inflasi itu nyata adanya. Contoh dari hal kecil yang mungkin tidak anda rasakan bahwa harga kebutuhan pokok pada tahun ini lebih tinggi daripada 5 tahun kebelakang.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa rata – rata inflasi yang terjadi pada Indonesia mencapai 3,16% selama 5 tahun terakhir. Bahkan setelah terhitung pertahunnya kenaikkan inflasi bisa mencapai 3% sampai 5%.

Maka dari itu, anda perlu memilih jenis investasi yang kuat dan dapat melawan inflasi. Contoh investasi yang dapat melawan inflasi adalah ivnestqasi property, emas, saham, dan lain – lain. Adapun investasi yang tidak dapat melawan inflasi yaitu investasi berupa uang yang anda tabung baik pada bank maupun mandiri.

Memiliki lebih dari satu jenis investasi

Hal ini penting anda ketahui dan lakukan, tujuan dari pembagian modal kedalam beberapa jenis investasi adalah menghindari kegagalan total saat investasi anda mengalami kerugian. Bayangkan saja jika anda hanya memiliki satu jenis investasi dan investasi tersebut mengalami kerugian, anda tidak bisa mendapatkan keuntungan dari jenis investasi lainnya. beda hal nya jika anda berinvestasi di banyak tempat, sehingga jika satu bisnis gagal masih ada beberapa lainnya yang dapat memberikan anda keuntungan.

Pilih jenis investasi yang sesuai dengan anda

Anda harus memilih jenis invetasi yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan yang ingin anda capai agar investasi yang anda jalankan bisa efisien. Semua jenis investasi tentunya memiliki resiko yang harus anda pikirkan secara matang dan tiadk boleh tergesa – gesa. Jangan sampai anda memilih jenis investasi hanya karena anda mengikuti trend yang sedang berlangsung saja karena investasi tersebut belum tentu cocok dengan anda.

Contohnya saja jika tujuan investasi anda untuk jangka panjang maka anda bisa memilih investasi saham, reksadana, dan obligasi. Lalu untuk tujuan keuangan jangka menengah anda bisa memilih reksadana dan emas. Kemudian untuk jangka pendek, emas bisa menjadi pilihan.

Mulai dengan investasi kecil

Berinvestasi tidak perlu langsung besar, mulailah dari investasi kecil – kecilan terlebih dahulu. Kunci dari berinvestasi adalah sisihkan uang untuk investasi, misalnya 5% dari gaji bulanan. Jangan sampai uang anda hanya digunakan untuk keperluan yang tidak penting, pakailah untuk berinvestasi agar bisa membantu and id masa depan.

Setelah membaca penjelasan diatas apakah anda siap untuk berinvestasi? Yuk mulai dari sekarang jangan menunda – nunda lagi ya!

Semoga dapat membantu:)

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer