32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaPesona Keindahan Air Terjun Sumbermanik Nganjuk Jatim

Pesona Keindahan Air Terjun Sumbermanik Nganjuk Jatim

Reportasee.com – Pesona Keindahan Air Terjun Sumbermanik Nganjuk Jatim. Lokasi tepatnya berada di Desa Blongko, Kecamatan Ngetos.

Desa Blonko merupakan salah satu wilayah yang letaknya paling dekat dengan lereng Gunung Wilis. Desa ini berada di wilayah Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur (Jatim).

Di sekeliling kawasan wisata Air Terjun Sumbermanik Nganjuk merupakan wilayah perbukitan hutan pinus. Kemudian lembah sungai, hingga area persawahan warga yang semula juga hutan lebat.

Tempat wisata yang ramai wisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand. Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari.

Harga tiket masuk gratis alias tidak ada pungutan biaya. Tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang kawasn wisata Air terjun ini tawarkan.

Indahnya Air Terjun Sumbermanik Nganjuk Jatim

Di kedalaman hutan desa inilah, sejak Januari 2016, air terjun nan eksotis ini berwujud aliran air jernih. Air tersebut merambat di dinding tebing dan membentuk dua cabang.

Posisinya menghadap ke barat, di lereng Bukit Punjul, di tengah rangkaian perbukitan Gunung Wilis.

Untuk menuju lokasi, dari pusat Kota Nganjuk perlu waktu dengan jarak tempuh sekitar 30 menit sampai di wilayah Desa Blongko. Pengunjung harus memarkir kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Karena jalur menuju lokasi air terjun masih alami berupa jalan setapak. Anda harus menyusuri pematang sawah, sungai dan kawasan hutan lebat di lereng Gunung Wilis.

Sayang jika Anda berada di Kabupaten Nganjuk dan tidak menggunjungi wisata Air Terjun Sumbermanik yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya.

Wisata air terjun ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda. Apalagi saat libur panjang seperti libur nasional, Hari libur Lebaran, Hari libur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idul fitri dan Hari libur tahun baru.

Lokasi

Lokasi wisata Air Terjun Sumbermanik Nganjuk terletak di Desa Klodan, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

Tetapi jika masih bingung soal lokasi atau letak wisata air terjun sumbermanik, baiknya anda mencarinya di google maps.

Di Google maps sudah tertandai lokasi tempat wisata tersebut.

Daya Tarik

Wisata Air Terjun Sumbermanik Nganjuk merupakan tempat wisata alam yang harus Anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.

Baca:  Aplikasi Penghasil Uang Rupiah Halal

Penduduk lokal daerah klodan juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun dari luar kota bahkan wisatawan dari luar negeri.

Kota Nganjuk juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya. Salah satunya wisata air terjun Sumbermanik yang memiliki keindahan. Tidak hanya pada air terjun, tapi keindahan pemandangan di sekitar lereng Gunung Wilis pun menambah kesan alami.

Baca:  Resiko Trading Forex Berikut Harus Diwaspadai

Air terjun yang bercabang dua ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan lebar 20 meter. Grojokan airnya menyelimuti bukit batu berbentuk bulat.

Sekilas air terjun ini memiliki kombinasi kontur seperti Air Terjun Roro Kuning dan Air Terjun Sedudo. Airnya dari atas merambat batu sekaligus terjun bebas jadi grojokan besar.

Masih Perawan

Warga menilai wajar jika wisatawan jarang menjamah kawasna air terjun ini, sebab letaknya berada di kedalaman desa.

Untuk menuju ke sini harus melewati wilayah perbukitan hutan pinus, lembah sungai dan jurang, hingga area persawahan warga.

Nama Sumbermanik sendiri muncul secara spontan. Karena sejak zaman kakek dan nenek moyang dahulu, kawasan hutan setempat terkenal dengan sebutan Sendang Sumbermanik.

Konon jauh di atas air terjun itu, ada sebuah embung alami atau sendang tempat pertapaan Damarwulan. Damarwulan merupakan tokoh legendaris yang hidup pada zaman kerajaan Mapajahit.

Sehingga air terjun ini di namakan air terjun Sumbermanik, karena letaknya berada di lereng Gunung Sumbermanik.

Sejumlah wisatawan merasakan sensasi khusus saat berendam atau menikmati guyuran air merambat di Sumbermanik. “Cukup satu menit guyuran di kepala, badan dan wajah langsung jadi segar dan galau jadi hilang.

Menurut penuturan beberapa sumber sejarah, Damarwulan adalah kerabat Patih Logender. Patih Logender merupakan pejabat Mapajahit pada masa pemerintahan Ratu Kencana Wungu, sekitar abad ke 15.

Saat itu, Damarwulan berjasa karena berhasil menaklukkan sepak terjang pemberontak bernama Minak Jinggo dari Blambangan.

Semasa pengabdiannya di Majapahit, Damarwulan kabarnya sering berkelana ke berbagai daerah untuk menempa ilmu kanuragan hingga melakukan pertapaan.

Harga Tiket Mauk Air Terjun Sumbermanik

Semua pengunjung dapat menikmati keindahan tempat wisata air terjun ini dengan ongkos retribusi atau tiket masuk Rp. 0 alias gratis.

Selain gratis tiket masuk, pengunjung hanya cukup merogoh kocek untuk parkir motor sebesar Rp 2.000. Sedangkan untik==uk kendaraan mobil sebesar Rp 5.000. (CW004)

Editor : M Imam Fatoni

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer