Penyebab Vertigo Kambuh Tiba-Tiba Ternyata Ini

Jika Anda merupakan seorang penderita vertigo harap selalu waspada karena bisa saja kambuh secara mendadak. Hal ini tentu akan menganggu aktivitas Anda dalam menjalani rutinitas harian. Oleh sebab itu Anda perlu memperhatikan penyebab vertigo kambuh pada uraian yang ada di bawah ini.

Perubahan Posisi Kepala

Penyebab pertama mengapa vertigo Anda menjadi kambuh adalah karena sering merubah posisi kepala saat sedang duduk atau tidur. Misalnya, ketika Anda meletakkan kepala dalam posisi berbaring lalu ingin membalikkan tubuh maka terkadang akan langsung terasa pusing.

Kepala Anda juga akan langsung terasa berputar-putar atau berkunang-kunang dan hal itu adalah tanda awal vertigo kambuh lagi. Lalu, ketika Anda menundukkan kepala dan tiba-tiba mengangkatnya, maka akan langsung terasa pusing. Itu adalah tanda bahwa vertigo kambuh.

Jadi, ketika Anda hendak mengubah posisi kepala pastikan melakukannya dengan pelan-pelan saja karena khawatir vertigo mendadak kambuh. Kepala Anda belum siap menerima perubahan posisi akibatnya menjadi pusing dan berkunang-kunang.

Terputusnya Lapisan Kristal Kalsium Karbohidrat

Lapisan yang bernama Kristal kalsium karbohidrat berada di bagian dalam telinga Anda. Jika lapisan yang satu ini terputus dari bagiannya maka vertigo Anda akan mendadak kambuh.

Sebenarnya ketika terlepas dari bagiannya tidak akan langsung memicu vertigo kambuh. Prosesnya dimulai saat pecahan Kristal tadi mulai memasuki kanal di bagian telinga.

Apabila kanal tersebut berisi cairan dan dimasuki oleh pecahan Kristal dari lapisan tersebut maka vertigo Anda akan langsung kambuh.

Ketika Anda menggerakkan kepala, pecahan Kristal tadi akan langsung mengirim sinyal ke bagian otak yang menyebabkan pusing dan berkunang-kunang. Anda juga akan langsung mengalami kebingungan sehingga sulit berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan.

Memiliki Riwayat Keluarga Dengan Penyakit Vertigo

Penyebab vertigo kambuh yang berikutnya adalah adanya salah satu anggota keluarga dengan penyakit sama. Jadi ketika keluarga Anda ada yang mengidap vertigo dan juga sering kambuh kemungkinan besar hal itu akan menurun juga ke orang lain. Itulah mengapa vertigo Anda jadi sering kambuh mendadak.

Kepala Mengalami Cedera

Penyebab yang berikutnya adalah jika di suatu perjalanan Anda sedang bepergian dan terjadi kecelakaan sehingga menyebabkan cedera pada bagian kepala, kemungkinan besar vertigonya juga akan kambuh. Hal ini karena adanya gangguan yang terjadi pada bagian otak khususnya batang.

Selain mengalami sakit pada bagian kepala hal yang juga akan Anda rasakan adalah mendadak pusing, pengelihatan semakin berkabur dan berkunang-kunang. Hal ini adalah ciri-ciri dari vertigo Anda sudah kambuh.

Mengonsumsi Makanan Tertentu

Penyebab lain mengapa vertigo Anda mendadak kambuh adalah sering mengonsumsi makanan tertentu. Makanan yang bisa memicu vertigo misalnya daging merah, jeroan, gorengan, kopi dan minuman beralkohol. Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut karena bisa menyebabkan vertigo.

Jika Anda sering mengonsumsi makanan tersebut tentu akan menyebabkan bagian dinding pada pembuluh darah rusak karena memunculkan plak. Plak tersebutlah yang akan mengganggu kinerja pembuluh darah menuju otak. Akibatnya adalah terjadinya pengentalan darah.

Dinding pembuluh darah juga akan mengalami pengerasan dan lama kelamaan vertigo Anda menjadi kambuh. Selain itu, efek lainnya adalah pola makan Anda akan menjadi tidak sehat dan kacau. Hal ini malah akan membahayakan kesehatan karena bisa mendatangkan penyakit lain.

Tidak Bisa Mengontrol Stress

Penyebab vertigo kambuh yang berikutnya adalah pengelolaan stress kurang baik. Jadi ketika Anda mendapatkan banyak pekerjaan dari kantor dan pikiran mendadak kacau alangkah baiknya untuk mengistirahatkan tubuh sejenak. Hal ini untuk menghindari stress pemicu vertigo kambuh.

Oleh sebab itu Anda harus bisa menjadi pengontrol stress yang baik agar vertigonya juga tidak mendadak muncul sehingga menganggu aktivitas harian.

Sering Mengonsumsi Jenis Obat Tertentu

Jika Anda sering mengonsumsi jenis obat tertentu cobalah untuk mengurangi sedikit dosisnya. Barangkali hal ini yang menjadi penyebab utama vertigo mendadak muncul. Beberapa jenis obat yang menjadi menjadi pemicu utama vertigo kambuh adalah anti depresan dan antibiotic.

Oleh sebab itu jika Anda memang mengonsumsi obat tersebut alangkah baiknya untuk tetap mengikuti anjuran dari dokter. Anda juga bisa sekaligus meminta saran agar vertigonya tidak kambuh lagi.

Sering Mengalami Migrain

Penyebab vertigo kambuh yang berikutnya adalah sering mengalami migraine. Jika Anda mempunyai penyakit migrain alangkah baiknya untuk tetap waspada karena hal ini bisa menjadi pemicu utama terjadinya vertigo. Tentu hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas kehidupan Anda sehari-hari.

Setelah Melahirkan

Biasanya seorang ibu yang habis melahirkan akan mengalami banyak kekurangan darah  dan perubahan hormone signifikan. Hal ini ternyata bisa menjadi penyebab kambuhnya vertigo apabila ibu tersebut mempunyai riwayat penyakit itu.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena adanya perkembangan janin dari dalam tubuh seorang ibu dan menyebabkan penekanan pada bagian arteri.