32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaPenyebab Charger Laptop Rusak yang Perlu Dipahami

Penyebab Charger Laptop Rusak yang Perlu Dipahami

Jika baterai laptop tidak mengisi saat di charger, kemungkinan ada masalah pada baterai atau charger laptop. Jika baterai laptop yang terganggu, mungkin baterai sudah cukup usia. Sedangkan penyebab charger laptop rusak bisa karena adaptor atau kabel charger yang rusak atau bermasalah.

Selain penyebab utama tersebut, ada juga alasan-alasan lain yang menyebabkan charger laptop menjadi rusak. Kira-kira apa saja penyebab tersebut? Simak pembahasan di bawah ini agar Anda bisa menghindari hal-hal yang mungkin bisa merusak cas laptop.

Ada Masalah Pada Steker

Penyebab utama yaitu bisa berasal dari sambungan kabel power charger dengan stop kontak, misalnya longgar atau salah satunya rusak. Beberapa steker charger laptop memerlukan konektor khusus dalam mengubungkan ke stop kontak, contohnya bisa menggunakan steker berkaki tiga.

Steker berkaki tiga membutuhkan penghubung khusus pada stop kontak standar (dua lubang). Umumnya konektor steker kaki tiga mempunyai saklar sendiri dengan adanya lampu indikator. Lampu indikator tersebut bisa menunjukkan bermasalah atau tidaknya saklar.

Masalah Pada Adapter

Peran adapter atau kepala charger adalah mendeteksi arus listrik yang mengalir. Jika terjadi gangguan pada adapter, maka arus listrik yang terhubung bisa naik turun. Hal tersebut bisa menyebabkan catu daya pada elemen di dalam charger laptop.

Jika Anda biarkan terus menerus, ini akan mengakibatkan masalah lebih besar yaitu adapter berhenti bekerja beberapa saat. Selain itu, adapter yang tidak segera Anda perbaiki bisa mengalami masalah seperti panas berlebihan hingga mengalami kebakaran yang dapat menimbulkan asap.

Masalah adapter seperti ini minim terjadi pada adapter original bawaan laptop. Jika Anda membeli charger yang tidak original, masalah seperti ini bisa saja terjadi. Hal itu karena pemakaiannya tidak sesuai dan kualitasnya di bawah standard.

Masalah Kabel Charger

Kerusakan charger laptop juga bisa berasal dari kabelnya. Kondisi kabel yang tidak baik seperti robek sehingga komponen dalamnya terlihat, ada bekas lipatan, isolasi kabel yang rusak atau terbuka, dan tekadang berbau saat digunakan bisa menjadi penyebab kerusakan charger.

Pembungkus kabel yang lepas akan berdampak buruk pada peforma charger. Proses pengisian akan terganggu akibat kabel berbau, kadang berbunyi seperti akan terjadi konsleting. Kondisi seperti ini akan membuat seluruh komponen charger lambat laun juga terganggu dan mengalami kerusakan.

Masalah Sambungan Kabel

Jika charger sudah sesuai standard, cara pemakaian sudah benar, tapi terjadi masalah pada sambungan kabelnya, maka bisa saja menjadi penyebab charger laptop rusak yang tidak Anda sangka. Charger laptop bisa saja tidak mau menyala walaupun sudah dihubungkan di sumber listrik.

Baca:  Anime Netflix Resident Evil: Infinite Darkness Tayang Juli 2021

Beberapa tipe charger laptop memiliki kabel terpisah dari adapter, sehingga terdapat tempat untuk menyambungnya. Jika Anda merasa laptop tidak kunjung mengisi daya dengan cepat, coba cek bagian sambungan kabel dan adapter tersebut.

Baca:  Apa Saja Risiko Investasi Saham? Simak Disini

Dalam beberapa kasus, sambungan keduanya mengalami kelonggaran. Ada juga yang penyebabnya karena kotoran yang menempel pada penghubung kabel power dengan adapter. Hal-hal seperti ini perlu Anda perhatikan agar charger tidak cepat rusak.

Gangguan Pada Port Charger Pada Laptop

Apabila saat mencharger laptop tak kunjung mengisi, kemungkinan kerusakan terjadi pada port charger. Periksa kembali apakah pada port tersebut terdapat kerikil atau debu yang menghalangi. Gangguan tersebut bisa aja menghalangi koneksi konektor dengan port charger laptop.

Terlalu Lama Terhubung Pada Stop Kontak

Penyebab charger laptop rusak lainnya yaitu charger terlalu lama Anda colokkan di kabel olor atau stop kontak. Kebiasaan ini bisa membuat adapter charger panas dan berumur pendek.

Sebaiknya saat mengisi daya, matikan laptop dan cabut charger dari stop kontak jika proses pengisian baterai sudah penuh.

Mengoperasikan laptop saat melakukan pengisian baterai juga membuat charger lama-kelamaan rusak. Hal tersebut karena pemakaiannya sembarangan tidak sesuai prosedur dan akan merusak komponen baterai laptop nantinya. Apa salahnya untuk menunggu 2-3 jam hingga jumlah baterai laptop penuh.

Menggulug Kabel Charger Laptop

Ternyata kebiasaan melipat atau menggulung charger secara sembarangan membuat charger cepat rusak. Hal ini karena dapat membuat bagian dalam kabel berubah posisi dan akhirnya terjadi gangguan, bahkan bagian dalam kabel bisa saja terputus sehingga fungsi charger sudah tidak seperti semula.

Masalah Pada Driver Baterai

Faktor lain yang menyebabkan charger rusak adalah baterai laptop itu sendiri. Umur baterai yang sudah lama biasanya akan membuat dayanya menurun dan kapasitasnya cepat berkurang daripada saat masih dalam kondisi optimal.

Keadaan seperti ini bisa membuat laptop harus di charger selama Anda gunakan, sehingga bisa saja mempengaruhi charger laptop yang baru menjadi ikut terganggu. Driver baterai penting untuk diservis ulang karena terhubung langsung oleh sistem operasi laptop, termasuk charger laptop.

Melihat ulasan penyebab charger laptop rusak di atas, Anda harus lebih hati-hati dalam menggunakan semua perangkat laptop. Selalu perhatikan standar dalam pemakaian maupun perawatan laptop. Jika salah satu komponen perangkat rusak, maka bisa berdampak pada komponen lainnya.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer