Penyakit Kulit Pada Anak, Kenali dan Waspadai!

Reportasee.com – Penyakit Kulit Pada Anak, Kenali dan Waspadai! Anak-anak, paling utama yang masih balita ataupun bayi lebih berisiko hadapi penyakit kulit sebab keseharian tiap hari mereka mengenakan popok.

Tidak hanya itu, penyakit kulit juga bisa jadi terjadi karena bersentuhan dengan anak lain yang telah mempunyai kendala kulit karena bakteri ataupun virus tertentu. Pasti saja, terdapat juga penyakit kulit karena keturunan, serta tipe penyakit kulit ini umumnya permanen.

Penyakit Kulit yang Umum Terjadi Pada Anak- anak

Tipe penyakit kulit yang di alami oleh anak-anak biasanya sama dengan orang dewasa. Tetapi, ada sebagian tipe penyakit kulit yang lebih umum kamu rasakan anak-anak, antara lain yaitu:

Ruam popok (diaper dermatitis)

Ruam popok merupakan peradangan pada wilayah yang tertutup popok, seperti bokong serta lipatan paha. Penyakit ini timbul akibat sangat lama bersentuhan dengan air kencing serta tinja, ataupun iritasi terhadap bahan tertentu pada popok.

Ruam popok ialah salah satu wujud dermatitis kontak iritan. Beruntung, kendala kulit ini umumnya terbatas pada posisi yang tertutupi popok saja, sehingga penindakan bisa kamu fokuskan pada wilayah tersebut.

Kerak kepala balita (cradle cap)

Keadaan ini umumnya terjadi pada balita yang baru lahir sampai berumur 3 tahun. Perihal ini terlihat dengan terdapatnya sisik putih ataupun kuning yang tebal di permukaan kulit kepala. Dalam dunia kedokteran, keadaan ini di sebut dengan cradle cap sebutan lain dari dermatitis seboroik.

Eksim

Eksim atau dermatitis atopik ini ialah penyakit kulit yang terlihat dengan adanya kulit merah serta gatal. Walaupun kerap terjadi pada anak-anak, tetapi bukan berarti orang dewasa terbebas dari penyakit ini.

Eksim merupakan tipe penyakit kulit jangka lama (kronik) serta cenderung kambuh secara seketika, tetapi setelah itu mereda. Pada sebagian orang, eksim dapat diiringi dengan asma.

Campak

Tipe penyakit kulit yang umum mengenai anak-anak yang lain merupakan campak. Campak ialah penyakit yang diakibatkan oleh virus dengan penyebaran yang cepat. Pada permasalahan yang tidak sering terjadi, penyakit campak bisa menyebabkan komplikasi pada anak-anak, seperti pneumonia (peradangan pada paru- paru).

Saat ini telah terdapat vaksinasi campak sebagai langkah penangkalan. Pemberian vaksin campak pada anak-anak bisa meminimalkan resiko terserang penyakit ini.

Kutil

Kutil ialah perkembangan kulit yang diakibatkan oleh virus HPV( human pappillomavirus). Terdapat lebih dari 60 tipe virus HPV, tetapi cuma sebagian yang menimbulkan tumbuhnya kutil pada kulit. Penyakit ini bisa meluas lewat kontak raga langsung pada kulit. Kutil pada anak bisa muncul di jari, telapak tangan, telapak kaki, lutut, maupun siku.

Impetigo

Keadaan ini ialah tipe penyakit kulit yang di akibatkan oleh peradangan kuman serta dapat pulih dengan pemberian antibiotik. Penyakit ini biasanya melanda wilayah dekat mulut serta hidung anak, walaupun bisa jadi juga timbul di bagian badan lain.

Karakteristik impetigo yaitu timbul ruam yang menghasilkan cairan kekuningan. Cairan ini dapat berganti jadi kerak bercorak kekuningan. Bila di garuk, penyakit ini dapat menyebar serta jadi kian parah.