22.6 C
New York
Jumat, Juni 18, 2021
BerandaBeritaSerba-Serbi Minuman Teh Bagi Kesehatan Tubuh 2021

Serba-Serbi Minuman Teh Bagi Kesehatan Tubuh 2021

Reportasee.com – Minuman teh menjadi salah satu minuman favorit masyarakat yang sering di minum pada pagi hari atau sebagai teman cemilan.

Sehingga aktivitas minum teh menjadi kebiasaan masyarakat di belahan dunia. Rasanya ada yang kurang apabila sehari tidak minum teh, anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat atau dingin.

Teh memang memiliki rasa nikmat dan aroma yang khas dan bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi minuman teh juga tidak bagus bagi tubuh.

Apakah ada dampak buruk sering mengkonsumsi teh? Dan apa saja kandungan yang ada di dalamnya? Simak ulasan berikut ini!

Dampak Mengkonsumsi Minuman Teh Bagi Tubuh

Sebenarnya ketika anda sering mengkonsumsi apapun secara berlebihan tentu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Inilah pembahasan mengenai dampak buruk mengkonsumsi teh secara berlebihan.

Mengganggu Siklus Tidur

Anda pasti sudah tahu bahwa teh juga memiliki kandungan kafein seperti halnya kopi. Kandungan kafein yang ada pada teh memang tidak sebanyak pada kopi akan tetapi mampu mengganggu siklus tidur anda.

Selain itu, kandungan kafein pada teh juga dapat menghambat tubuh dalam memproduksi hormon melatonin. Apa itu hormon melatonin? Yakni hormon yang memiliki tugas untuk memberikan sinyal rasa kantuk pada tubuh anda.

Nah apabila anda sering mengkonsumsi teh bisa mengganggu siklus tidur anda menjadi tidak teratur dan tubuh sering merasa lelah. Maka dari itu, anda bisa mengkonsumsi teh secukupnya saja.

Penyerapan Zat Besi Berkurang

Teh mempunyai peranan penting dalam mengikat zat besi yang ada di makanan, namanya senyawa tanin. Sehingga ketika anda sering mengkonsumsi teh zat besinya tidak akan terserap secara baik dan mengganggu saluran pencernaan.

Apalagi anda memiliki masalah riwayat kesehatan kekurangan kadar zat besi, tentu saja akan sangat mengganggu aktivas anda sehari-hari.

Sering Mengalami Sakit Kepala

Ketika anda sering mengkonsumsi minuman teh juga akan membuat anda mengalami rasa nyeri pada kepala. Karena di dalam teh terdapat kandungan kafein yang apabila tidak di kontrol secara benar akan berpengaruh pada kesehatan tubuh anda.

Anda bisa mencari alternatif lainnya sebagai pengganti minuman teh, misal membuat jus alpukat, jus jambu biji, jus manggat atau air putih hangat.

Sehingga anda tidak akan ketergantungan untuk mengkonsumsi minuman teh. Anda juga bisa melakukan aktivitas positif seperti pola hidup sehat, makan sayur dan buah, olahraga, dan mengkonsumsi air putih.

Mengakibatkan Asam Lambung

Anda juga akan mengalami asam lambung apabila tidak mampu mengontrol dalam mengkonsumsi minuman teh.

Teh yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan rangsangan berupa asam lambung dan bisa berakibat pada gejala refluks asam.

Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa orang yang memliki katup lambung lemah. Sehingga bisa mengakibatkan asam dari lambung bisa naik pada kerongkonga anda.

Kandungan kafein yang ada dalam teh yang membuat kondisi asal lambung bisa naik, sehingga mampu menimbulkan rasa tidak nyaman pada kerongkongan dan dada. Tidak ada salahnya mengkonsumsi teh, akan tetapi pastikan anda juga bisa mengaturnya.

Menimbulkan Gelisah

Ternyata kandungan kafein pada teh juga bisa mengakibatkan timbulnya rasa cemas, gelisah, dan meningkatkan detak jantung.

Kandungan kafein pada teh apabila sering dikonsumsi akan memberikan pengaruh yang berbeda pada setiap orang tergantung daya tahan tubuh yang dimilikinya. Jika sudah berujung pada rasa gelisah tentu memberikan rasa tidak nyaman setiap harinya.

Mengakibatkan Anemia

Dampak buruk selanjutnya dari mengkonsumsi teh secara berlebihan adalah menyebabkan anemia.

Banyak ilmuwan yang melakukan penelitian di Colorado State University, sering mengkonsumsi minuman teh dapat mengurangi penyerapan zat besi sebanyak 60%.

Karena tidak ada zat besi yang terserap pada tubuh itulah yang menimbulkan anemia.

Manfaat Mengkonsumsi Teh

Selain dampak buruk ketika mengkonsumsi teh, ada juga beberapa manfaat yang bisa anda rasakan.

Tentunya dalam mengkonsumsi apapun tidak boleh melampui batas, karena sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi diri sendiri.

Simak ulasan berikut ini tentang manfaat mengkonsumsi minuman teh.

Memiliki Kandungan Antioksidan

Tahukah anda selain memiliki kandungan kafein, teh juga mempunyai kandungan antioksidan yang dapat mencegah penuaan.

Sehingga bisa membuat anda lebih awet muda, mengurangi kerutan, dan melindungi kulit anda dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi.

Banyak orang yang minum teh putih karena kandungan di dalamnya yang mampu memberikan antioksidan lebih banyak daripada teh hitam atau teh hijau. Karena teh putih tidak mengalami banyak proses.

Mengurangi Risiko Jantung

“Ada banyak kaitan teh dengan kesehatan jantung” kata Anna Ardine, selaku manajer nutrisi di Rumah Sakit Magee-Womens. Bahkan ada juga yang melakukan penelitian terhadap kandungan dari teh.

Hasilnya adalah ada sekitar 20% teh bisa mengurangi risiko serangan jantung dan sekitar 35% mengurangi risiko penyakit stroke bagi yang mengkonsumsi sebanyak 1 hingga 3 cangkir teh hijau.

Sedangkan ada sekitar 32% mengurangi risiko jantung dan kadar kolestrol LDL pada tubuh menjadi lebih rendah yakni bagi orang yang mengkonsumsi sekitar 4 cangkir teh hijau setiap harinya.

Mengurangi Berat Badan

Apakah anda saat ini sedang melakukan program diet? Nah pas sekali anda bisa mengkonsumsi teh setiap paginya.

Namun bukan berarti anda mengkonsumsinya pagi sampai malam, tentu saja harus dibarengi dengan pola hidup sehat dan mengurangi makananan junk food.

Karena percuma juga anda mengkonsumsi teh akan tetapi malas untuk berolahraga dan menjaga pola makan.

Menyehatkan Tulang dan Gigi Pada Tubuh

Dari hasil penelitian teh hijau memberikan manfaat yakni dapat mencegah tulang keropos. Selain teh putih anda juga bisa mengkonsumsi teh hijau untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Jenis teh moringa yang memiliki asupan bagus dalam menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

Selain menyehatkan tulang, teh hijau juga bisa memperkuat gigi, sebab teh memiliki kandungan yang dapat mengubat Ph pada mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Tidak hanya itu saja, teh juga tidak akan merusak enamel pada gigi justru menjaganya agar tetap kuat dan sehat.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi teh dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Praktisi Ayurvedic melakukan penelitian terhadap jenis teh basil dan teh tusil berabad-abad lamanya.

Sehingga mampu membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat setelah mengalami cedera ataupun penyakit yang disebabkan oleh anti jamur, anti bakteri, dan anti inflamasi.

Membantu Melawan Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia, berbagai cara sudah dilakukan untuk mengobatinya. Kanker bisa menyerang siapa saja, dari mulai berusia muda, produktif, ataupun lansia.

Tenang saja, kini sudah ada alternatif dalam melawan kanker yakni mengkonsumsi teh daun dalan yang memiliki kandungan antioksidan.

Sehingga dapat membantu menurunkan risiko kanker, anda bisa mengkonsumsinya dalam keadaan hangat.

Melancarkan Sistem Pencernaan Pada Tubuh

Selain dapat mengurangi risiko jantung, kandungan teh juga bisa melancarkan sistem pencernaan pada tubuh anda.

Khusus jenis teh herbal bernama Chamomile yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita sindrom iritasi usus. Pasalnya teh Chamomile memiliki kandungan antispasmodik, dan anda bisa mencampurkannya dengan jahe.

Bebas Kandungan Kalori

Tidak heran banyak yang memilih teh sebagai program diet, pasalnya teh tidak memiliki kandungan kalori sehingga sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

Anda bisa menyajikannya dalam keadaan hangat ataupun dingin. Teh memang mudah untuk dinikmati dan sehat dikonsumsi dalam porsi yang wajar.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan teh, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular