Pengumuman UTBK-SBMPTN 2021

Reportasee.com – Sudahkah Anda mengetahui semua informasi pengumuman UTBK-SBMPTN 2021? Pendaftaran yang telah buka pada hari senin kemarin membuat para calon mahasiswa tidak sabar melihat hasil dari kerja keras mereka. UTBK-SBMPTN ini terselenggarakan setiap satu tahun sekali di 74 pusat Perguruan Tinggu Negeri (PTN).

SBMPTN sendiri adalah proses seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri. Hal ini berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan prosedur yang sudah sepakat sebelumnya.

Seluruh calon mahasiswa se-Indonesia berlomba-lomba untuk masuk PTN impiannya. Mereka mempersiapkan segala keperluan berkas, mental dan kemampuannya agar bisa lolos.

Jadwal UTBK-SBMPTN 2021

Jika Anda merupakan siswa yang ingin mengikuti ujian UTBK-SBMPTN 2021 jangan sampai ketinggalan informasi apapun. Semua informasi bisa Anda dapat dari website resmi atau dari beberapa platform pendidikan lainnya.

Berikut ini adalah jadwal UTBK-SBMPTN 2021:

KegiatanJadwal
Pendaftaran/ Registrasi di akun LTMPT7 Februari – 12 Maret 2021
Pendaftaran UTBK dan SBMPTN15 Maret – 1 April 2021
Pelasanaan Ujian: Gelombang 1 Gelombang 2    12 – 18 April 2021 26 April – 2 Mei 2021
Pengumuman SBMPTN12 Juni 2021 Pukul 15.00 WIB

Selain jadwal pengumuman UTBK-SBMPTN 2021, Anda juga harus memperhatikan informasi penting lainnya. Salah satunya yaitu perubahan peraturan pada UTBK-SBMPTN 2021. Apa saja perubahan itu? Simak selengkapnya berikut ini:

1. Perubahan Kelompok Ujian

Pada UTBK tahun 2020 lalu, LTMPT memberikan keputusan resmi bahwa materi ujian hanya ada satu yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS). Hal ini karena adanya pandemi virus Corona yang membuat segala aktivitas pendidikan menjadi terhambat.

Sedangkan pada UTBK tahun 2021 sekarang, pihak LTMPT menyatakan kembali bahwa Tes Potensi Akademik (TKA) kembali diadakan. Begitu juga pelaksanaan tes yang harus berdasarkan protokol kesehatan.

2. Materi ujian TKA Soshum Berkurang

Mungkin perubahan ini menjadi kabar gembira bagi peserta ujian, karena materi ujian kelompok Soshum ada yang dihilangkan.

Apa materi yang hilang itu? Kabar yang tidak kalah menggembirakannya, yaitu matematika IPS tidak ada dari TKA Soshum.

Hal tersebut karena materi matematika TPS sudah setara dengan matematika yang ada di IPS. Maka dari itu, mata pelajaran yang ada di ujian Soshum TKA adalah Georgrafi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiolgi.

3. Alokasi waktu lebih panjang

UTBK yang dilaksanakan pada tahun 2020 lalu, memiliki durasi waktu 180 untuk kelompok Saintek dan Soshum. Sedangkan untuk kelompok ujian Campuran alokasi waktunya yaitu 225 menit. Pada UTBK 2021, alokasi waktunya lebih panjang lagi.

Untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum, alokasi waktunya yaitu 195 menit. Sementara untuk kelompok ujian campuran yaitu 285. Durasi tersebut tentunya akan sangat cukup untuk mengerjakan semua soal.

Pendaftaran UTBK 2021

Pendaftaran UTBK-SBMPTn 2021 sudah buka pada hari senin 15/3/2021 kemarin. Jika Anda sudah siap untuk mendaftar dan mengikuti ujian, ikuti alur pendaftarannya berikut ini:

  1. Buat akun LTMPT dengan memasukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir lengkap.
  2. Login ke akun LTMPT menggunakan Email dan Password yang sudah terdaftar sebelumnya.
  3. Masuk ke menu verifikasi dan validasi data peserta, dengan mengisi data diri, mengunggal pas foto, dan verifikasi biodata.
  4. Pilih menu pendaftaran UTBK, kemudian pilih lokasi UTBK, jenis ujian, dan sesi ujian.
  5. Kemudian Anda akan mendapat slip pembayara ujian, lakukan pembayaran di bank BNI, BTN, atau Mandiri 1×24 setelah registrasi Anda akukan.
  6. Login kembali ke akun LTMPT.
  7. Pilih menu pendaftaran UTBK, kemudian langsung cetak kartu peserta.
  8. Ikuti prosesi UTBK sesuai dengan lokasi dan waktu yang sudah dipilih tadi.

Anda bisa memilih lokasi pelaksaan UTBK ini sesuai keinginan, lebih baik jika memilih yang dekat dengan tempat tinggal. Pihak LTMPT biasanya akan menyediakan lokasi yang mudah untuk siswa akses, agar pelaksanaan ujian bisa berjalan lancar tanpa hambatan apapun.

Pendaftaran SBMPTN 2021

Alur pendaftaran SBMPTN 2021 pun tidak jauh berbeda dengan UTBK, berikut uraiannya:

  1. Buka website LTMPT, pendaftaran dilakukan bersamaan dengan UTBK. (Siswa SNMPTN 2021 tidak perlu lagi mengisi data diri)
  2. Pilih PTN dan Program Studi yang Anda minati, boleh memilih dua program studi di satu PTN, atau di dua PTN yang berbeda.
  3. Unggah dokumen yang sudah ditentukan.
  4. Unggah portofolio (karya atau pencapaian prestasi) bagi peserta yang memilih program studi di bidang seni dan olahraga.
  5. Ikuti ujian sesuai waktu dan tempat yang telah ditentukan.
  6. Tunggu hasil penguman SBMPTN 2021.

Berikut ini pengumuman UTBK-SBMPTN 2021 yang perlu Anda simak:

Metode TesUjian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
Kelompok UjianSaintek, Soshum, dan Campuran.
Materi UjianTes Potensi Skolastik (TPS) Tes Potensi Akademik (TPA)
Waktu Ujian1x ujian dibagi menjadi 2 gelombang, dilakukan selama 14 hari dan ada 28 sesi. (1 hari ada 2 sesi)
Biaya UjianRp. 200.000 untuk Saintek atau Soshum Rp. 300.000 untuk Campuran.

Perlu Anda ingat juga bahwa siswa yang sudah lulus pada tes SNMPTN 2021 tidak boleh untuk mengikuti UTBK-SBMPTN 2021. Namun siswa yang tidak lulus SNMPTN masih bisa mengikuti UTBK asalkan harus menunggu pengumuman hasil terlebih dahulu.

Jika melakukan pendaftaran sebelum ada pengumuman tidak akan terproses. Keikutsertaannya pun tidak akan dianggap. Begitu juga dengan uang pendaftaran yang sudah terbayar, maka tidak akan bisa ditarik kembali. Hal ini sudah menjadi peraturan resmi dan tidak bisa diganggu gugat.