Obat Untuk Sembelit Berikut Sangat Efektif

Mengkonsumsi obat untuk sembelit harus Anda lakukan dengan selektif dan hati-hati. Hal ini karena banyak sekali jenis obat sembelit yang beredar di pasaran yang belum diketahui efek sampingnya bagi tubuh. Jangan sampai terjadi salah memilih obat yang akhirnya justru membahayakan kesehatan.

Sembelit adalah keadaan di mana terjadi gangguan pada sistem pencernaan yaitu sulit untuk buang air besar. Keadaan ini bisa pemicunya bisa berbagai hal, termasuk oleh faktor makanan. Apa saja obat yang aman untuk mengatasi sembelit ini, berikut di antaranya.

Dulcolax Tablet

Obat sembelit Dulcolax Tablet merupakan obat pencahar stimulan yang direkomendasikan untuk pasien sebelum melakukan operasi. Obat pencahar ini bisa bekerja setelah 6-12 jam setelah Anda minum, dan menimbulkan rasa mulas sebagai reaksi dari kerja obat.

Dulcolax Tablet bekerja dengan cara merangsang kerja usus besar untuk melakukan kontraksi usus. Kandungan bahan aktif Bisakodil dalam obat ini, akan membuat feses bisa terbuang sekaligus. Obat ini hanya cocok untuk orang dewasa, sehingga tidak direkomendasikan untuk anak-anak.

Laxtulac Sirup

Obat untuk sembelit Lactulax Sirup adalah obat sembelit berbentuk sirup yang bisa untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Lactulax sirup adalah obat yang mengandung lactulose, yaitu gula dari senyawa fruktosa dan galaktosa  yang biasanya ada dalam makanan.

Senyawa gula tersebut akan membantu menaikkan kadar air di dalam usus besar. Dengan kandungan ini, maka feses akan menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk keluar. Yang perlu Anda perhatikan, mengkonsumsi obat sembelit ini sebaiknya Anda imbangi dengan minum banyak air putih.

Laxadine Sirup

Seperti halnya obat sembelit lainnya, Laxadine Sirup juga bekerja dengan cara meningkatkan kadar air dalam usus besar, sehingga pengeluaran feses menjadi lebih mudah. Obat ini mengandung Phenolphtalein, Parafin cair, dan gliserin, yaitu zat aktif untuk mengobati masalah sembelit.

Microlax

Berbeda dengan obat lainnya, Microlax merupakan salah satu obat yang tidak untuk pasien minum. Obat ini merupakan obat sembelit berbentuk oral, yang berada dalam bentuk tube yang berisi gel dan penggunaannya melalui dubur atau anus.

Microlax terbuat dari bahan yang mengandung natrium lauril sulfoasetat, sorbitol, dan PEG 400. Ketiga bahan utama tersebut berfungsi untuk menurunkan tegangan permukaan feses, sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Microlax bisa untuk anak di atas 3 usia tahun.

Vegeta Herbal

Bagi yang menyukai obat dalam bentuk herbal, Vegeta Herbal bisa menjadi pilihan untuk mengobati sembelit. Vegeta Herbal ini merupakan obat yang berbentuk serbuk minuman, dan penggunaannya dengan menyeduhnya menggunakan air.

Kandungan yang terdapat dalam Vegeta Herbal adalah tumbuhan herbal  yang mengandung kombinasi serat dan laksatif alami. Cara kerja dari tumbuhan herbal ini adalah dengan cara melancarkan kerja usus dan membersihkan tubuh dari racun.

Laxing Tablet

Laxing Tablet adalah produk untuk mengobati sembelit berbentuk tablet yang sangat efektif untuk mengobati sembelit dengan cara meminumnya sebelum tidur. Obat yang satu ini bisa melancarkan BAB tanpa menimbulkan rasa mulas sehingga tidak mengganggu istirahat di malam hari.

Kompolax

Kompolax juga merupakan obat yang sangat efektif dan aman untuk mengobati sembelit. Obat ini mengandung zat aktif parafin cair, phenolphthalein, dan gliserol yang merupakan zat aktif untuk membantu melembabkan feses sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Kompolax ini bisa Anda beli di apotek, akan tetapi sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter sebelumnya. Obati ini juga tidak recommended untuk wanita hamil dan menyusui, serta juga sebaiknya tidak Anda berikan kepada anak-anak.

Syfa Kids Mbelit

Syfa Kids Mbelit adalah salah satu obat yang khusus untuk anak-anak. Produk ini selain untuk mengobati sembelit, juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan anak. Syfa Kids Mbelit tersedia dalam rasa madu yang manis sehingga kebanyakan anak-anak sukai.

Maximum Dietary Herbal

Maximum Dietary Herbal merupakan obat yang bisa Anda beli secara bebas di apotek tanpa harus menggunakan resep dokter. Kandungan yang terdapat dalam obat ini berasal dari serat dan ekstrak tanaman Plantago Ovata dan Senna yang efektif untuk mengobati sembelit.

Selain untuk mengatasi sembelit, Maximus Dietary Herbal juga bisa Anda gunakan untuk mengurangi atau meringankan penyakit wasir. Setelah mengkonsumsi obat ini, sebaiknya Anda minum air putih dalam jumlah yang banyak untuk membantu kerja obat agar lebih efektif.

Dulcolactol Sirup

Satu lagi obat yang cukup aman untuk Anda konsumsi, yaitu Dulcolactol Sirup. Obat ini bisa Anda minum langsung, bisa juga dengan mencampurnya dengan menggunakan air putih. Disarankan mengkonsumsi obat ini setelah makan, untuk menghindari gangguan pada lambung.

Jenis obat untuk sembelit yang dijual di apotek dan toko obat ada bermacam-macam. Sebelum memilih obat, sebaiknya perhatikan kandungan dan komposisi obat, serta efek samping yang timbul, untuk menghindari dari resiko mengkonsumsinya.