Obat untuk Luka Bakar Dari Bahan Alami yang Ampuh

Berita Viral

Mengobati luka bakar selain dengan resep yang dapat dibeli di apotek dapat juga dengan obat untuk luka bakar dari bahan alami. Keunggulan dari obat-obatan herbal adalah minim efek samping, harganya murah, dan tidak menyebabkan ketergantungan. Obat-obat berbahan alami yang sering dijumpai disekitar tempat tinggal kita ada yang memiliki bahan aktif tanpa perlu dicampur bahan lainnya. 

Banyak bahan-bahan alami yang sudah dipercaya sebagai penyembuh luka bakar oleh masyarakat sejak zaman dahulu. Namun, tidak semua telah terbukti secara ilmiah dalam uji laboratorium. Berikut ini adalah bahan-bahan alami sebagai obat luka bakar yang terbukti dapat membantu mengurangi nyeri pada luka bakar dan mempercepat penyembuhannya.

Lidah Buaya

Penelitian membuktikan bahwa kandungan dalam lidah buaya bermanfaat mengobati luka bakar tingkat II. Aloe vera bekerja dengan mempercepat sirkulasi darah, bertindak sebagai anti-inflamasi, dan mencegah perkembangbiakkan bakteri di daerah luka.

Cara pengaplikasiannya adalah dengan membelah satu pelepah lidah buaya, kemudian mengeluarkan gel-nya, dan oleskan langsung pada kulit yang terbakar. Gel yang akan Anda gunakan ini tidak perlu Anda cuci terlebih dahulu.

Madu

Madu terkenal banyak sekali khasiatnya untuk tubuh salah satunya efektif sebagai anti-inflamasi dan mencegah pertumbuhan jamur juga bakteri untuk luka bakar yang terbuka. Bahan ini sangat cocok untuk mengobati luka bakar tingkat I atau ringan.

Sebelum mengaplikasikan madu ada baiknya terlebih dahulu membersihkan luka bakar dengan air supaya kotoran di sekitar luka tidak ikut serta karena tekstur madu yang lengket. Setelah itu, madu dapat Anda oleskan sekitar 20-35 ml, atau sesuaikan dengan besar luka.

Kayu Cendana

Meskipun penelitian khusus mengenai kayu cendana dapat mengobati luka bakar belum pernah ada, tetapi beberapa kandungan yang mempercepat penyembuhan luka bakar terbukti terdapat pada kayu cendana.

Kayu cendana dapat Anda gunakan setelah halun hingga menjadi bubuk dan larutkan dalam air sampai menyerupai pasta. Pasta kayu cendana selanjutnya dapat langsung Anda aplikasikan pada luka dan didiamkan hingga 1 jam atau sesuai kebutuhan.

Biji Pinang

Biji pinang mengandung senyawa saponin, flavonoid, tanin, dan alkaloid yang berperan sebagai obat luka bakar. Hal ini terbukti dari penelitian pada punggung tikus percobaan. Senyawa tanin merangsang percepatan penutupan pori-pori pada luka yang terbuka.

Pengobatan dengan biji pinang dapat langsung Anda lakukan dengan meletakkan biji pinang yang sudah Anda tumbuk sampai halus di atas luka bakar. Cara lainnya adalah dengan merebus biji pinang dengan air sedikit kemudian air hasil rebusanigunakan untuk membersihkan luka bakar. 

Pacar Kuku

Henna atau inai yang berasal dari tanaman pacar kuku sering kaum perempuan gunakan untuk menghiasi kulit mereka. Namun, sebenarnya tanaman penghasil henna atau inai ini dapat mengurangi pembengkakan jika terjadi luka sehingga ampuh menjadi obat luka bakar.

Daun pacar kuku mengandung senyawa flavonoid sebagai anti jamur yang baik dalam penyembuhan luka bakar. Cara pengobatan luka bakar dengan daun pacar kuku adalah membersihkan daun pacar kuku dengan air kemudian haluskan dan tempelkan pada luka bakar.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki komposisi asam asetat, kandungan aspirin yang memiliki efek pereda nyeri pada luka. Komponen lain yang terdapat dalam cuka apel adalah antiseptik untuk mencegah perkembangbiakkan mikroba dan astrigen untuk mempercepat penutupan luka.

Cara mengobati luka bakar dengan cuka apel adalah dengan menuangkan cuka apel secukupnya pada kain sebagai kompresan atau dapat Anda ganti dengan kapas dan letakkan di atas luka bakar. Lalu, tutup dengan plester agar cuka apel bisa lebih meresap ke dalam lapisan kulit.

Tanaman Akasia

Tanaman akasia terbukti dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit yang terbakar. Selain itu, ini juga bisa meredakan rasa sakit, dan mempercepat pembentukan jaringan baru pada kulit yang rusak. Kandungan senyawa kimia pada akasia yang berperan dalam hal ini adalah alkaloid, glikosid, dan flavonoid.

Saat ini khasiat dari tanaman akasia sudah tersedia dalam bentuk permen akasia maupun krim akasia yang terjual di toko farmasi. Akan tetapi jika ingin mengolahnya langsung pun bisa dengan menumbuk hingga halus daun beserta tangkai daun akasia. Setelahnya, berikan pada kulit yang terluka.

Obat luka bakar di atas adalah obat luka bakar yang hanya memiliki efek maksimal jika Anda aplikasikan pada luka bakar tingkat I (ringan) dan II (sedang). Apabila Anda merasa mengalami luka bakar dengan gejala yang parah perlu segera mendapat penanganan medis. Tujuannya upaya tidak akan memperparah kerusakan jaringan tubuh lainnya, memperbesar area infeksi dan riskan pembusukan.

Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada masyarakat umumnya adalah mengolesi bagian tubuh yang terbakar dengan pasta gigi, minyak zaitun, air dingin, dan sebagainya. Air dingin dapat memberikan sensasi cooling yang mengurangi panas dan nyeri disekitar luka tetapi akan memperlambat proses penyembuhan luka (healing).

Berita Terbaru