Aplikasi MOXA Mitra Alibaba Cloud, Solusi Finansial Layanan Keuangan

Reportasee.com – Pandemi yang belum juga mereda sangat berdampak bagi banyak perusahaan pada berbagai jenis. Keadaan ini mendorong Astra Financial (PT Sedaya Multi Investama).

Sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang jasa keungan, untuk melakukan upaya transforrmasi digital perusahaan.

Salah satu upaya yang digarap adalah kolaborasinya dengan Alibaba Cloud.

Kolaborasi ini dilakukan dalam rangka menjalankan aplikasi MOXA yang telah rilis pada Bulan Maret tahun 2021 ini.

Alasan Astra Financial Gandeng Alibaba Cloud dalam menjalankan Aplikasi MOXA

Kerjasama antara kedua perusahaan ini berupa pemanfaatan teknologi canggih, infrastruktur komputasi awan terpercaya dan berkinerja tinggi.

Tujuan utamanya untuk dapat membantu para pengguna nya dari segi sektor keuangan secara proaktif dengan menggunakan sistem cloud serta teknologi digital.

Hal ini dapat mempercepat pertumbuhan dan penawaran layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

MOXA berperan sebagai Astra Financial Wealth Hub yang merupakan aplikasi finansial untuk membantu penggunanya dalam mencari berbagai jenis layanan keuangan.

Mulai dari pembiayaan untuk membeli kendaraan, umroh, smartphone, gadget, haji, dana tunai, bahkan hingga asuransi jiwa maupun asuransi kendaraan.

Ungkapan dari berbagai pihak

Suparno Djasmin, Direktur Astra yang juga merupakan Director in Charge Astra Financial, mengatakan bahwa Astra Financial menyambut baik kerjasama ini.

Pihak Astra Financial pun sangat yakin dan percaya untuk bermitra dengan Alibaba Cloud sebagai perusahaan penyedia layanan cloud terpercaya Indonesia.

“Pengelolaan data nantinya dilakukan sejalan dengan prinsip pengelolaan data pemerintah Indonesia. Yaitu prinsip yang sah secara hukum, layak, dan transparan,” Tambah Suparno.

General Manager dari Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen, mengatakan, Alibaba Cloud sangat senang karena dapat mendukung Astra Financial.

Dengan cara mempercepat perjalanan transformasi digitalnya dengan cara menawarkan sarana cloud yang tangguh dan canggih.

Dimana teknologi canggih yang dimaksud adalah termasuk container, security, dan database.

Layanan Alibaba Cloud yang Astra Financial manfaatkan yaitu Container for Kubernetes, Content Delivery Network (CDN), Object Storage Service (OSS), dan RDS Potgres.

Selain dari layanan tersebut, Astra Financial juga memanfaatkan layanan keamanan Alibaba Cloud via data center lokal.

Misalnya Web Application Firewall (WAF), Cloud Monitor, dan Log Service, untuk memastikan bahwa aplikasi MOXA memiliki keamanan tingkat tinggi yang memenuhi standar.

Leon pun menambahkan “Industri keuangan butuh solusi cloud yang aman dan Alibaba cloud memiliki kemampuan yang komprehensif supaya dapat mewujudkan hal tersebut.

Dengan mempunyai pusat data lokal dan scrubbing center di Indonesia, kami percaya bahwa kami dapat menjadi mitra terpercaya bagi instansi-instansi keuangan di Indonesia,”

Handoko Liem, Project Leader MOXA, menjelaskan, kemitraan strategis ini memungkinkan Astra Financial memberikan layanan jasa keuangan yang fleksibel dan stabil.

Aplikasi MOXA pun dilengkapi dengan keamanan yang ketat dan sistem pemulihan yang terpercaya.

“Jadi, pengguna tidak perlu curiga karena kami bekerja sama dengan perusahaan  yang sudah terkenal dan sangat piawai dalam bidangnya,” katanya.

MOXA sebagai solusi kebutuhan finansial

Dengan kerjasama ini maka masyarakat akan lebih mudah dalam menjangkau masalah keuangan yang perlu mereka hadapi.

Sesuai dengan maksud dari Astra Financial sendiri dalam mendirikan aplikasi MOXA bahwa aplikasi ini dapat akses melalui internet, sehingga para penggunanya akan lebih mudah dalam menggunakan aplikasi dalam keadaan apapun selama 24 jam setiap hari.

Selain itu, harapan dari aplikasi ini pun adalah untuk memfasilitasi para penggunanya dengan cara yang lebih simple, praktis, dan efisien.

Selain daripada itu, MOXA memiliki beberapa fitur unggulan seperti conversational chat yang dapat membantu para penggunanya.

Membantu untuk memilih produk hingga bertransaksi dengan bantuan asisten, wishlist, share, kalkulator simulasi (pengajuan kredit).

Hal ini agar dapat mempermudah perhitungan estimasi cicilan.

Bahkan dapat mengecek status pengajuan produk pinjaman multiguna. Berbagai fitur ini akan membuat MOXA menjadi one stop financial service.

Hampir keseluruhan fitur yang ada pada aplikasi MOXA merupakan fitur “beginner friendly”.

Pasalnya, setelah mendaftar, pengguna akan tuntun oleh asisten yaitu Mona.

Mona akan menuntun untuk mengetahui lebih jauh tentang produk–produk finansial lengkap.

Dengan perbandingan skema yang paling sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.

Kemampuan Aplikasi MOXA

Aplikasi inipun mampu menjaring lebih dari 2.400 kontak valid dari berbagai unit bisnis. Pasalnya Handoko dalam konferensi pers sempat mengatakan, kalau dari soft launching selama empat bulan ini, seluruh bisnis unit di Astra Financial sudah berkontribusi atas kontrak valid.

Jadi mulai dari pembiayaan kendaraan, asuransi kendaraan, kredit multiguna juga ada. Jadi bisnis–bisnis unit tersebut telah mengkontribusikan lebih dari 2.400 kontrak valid per akhir Januari 2020.

Untuk dapat mengakses aplikasi MOXA, masyarakat perlu mengetahui syarat dan ketentuan yang sudah terjabarkan pada laman website MOXA.

Hal ini merupakan upaya dari pihak MOXA agar para penggunanya. Sesuai dengan standar keamanan dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Agar nantinya tidak akan terjadi hal yang tidak menyimpang pada penggunaan aplikasi ini.

Pihak MOXA sendiri pernah menegaskan bahwa tidak ada target khusus terkait dana yang harus tercapai.

Ini bukan hanya tentang jumlah, tapi bagaimana aplikasi MOXA dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan literasi keuangan dan menjadikan MOXA sahabat.

“Sahabat yang membantu meraih kemakmuran dalam hidup,” tutur Handoko.

Alibaba Cloud dapat memberi keuntungan berupa pencapaian cloud tanpa batas kepada para pengguna MOXA.

Sebagai penyedia cloud terbesar di China, Alibaba dapat menjamin perlindungan data para pengguna MOXA agar tidak tersebar dan menjadi masalah yang lebih serius di kemudian hari.

Visi dan Misi Astra Financial untuk aplikasi MOXA

Astra Financial mengungkapkan keinginannya untuk terus meningkatkan pelayanannya terhadap para penggunanya dan memperbesar lingkup tawaran yang dapat Astra Financial ajukan melalui teknologi.

Supaya para penggunanya dapat meraih kebebasan secara finansial.

Sekilas Mengenai Astra Financial

Astra Financial merupakan brand yang berkiprah pada bidang pelayanan keungan dari PT. Astra International Tbk yang berdiri sejak tahun 1982 dan merupakan salah satu bisnis dari keseluruhan tujuh bisnis dari Astra International.

Perusahaan ini memiliki 11 bisnis yang melingkupi: PermataBank, Astra Credit Companies, Federal International Finance, Toyota Astra Finance.

Surya Artha Nusantara Finance, Komatsu Astra Finance, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Ventura, Astra Welab Digital Artha, Dana Pensiun Astra.

Selain itu, mereka pun merupakan lini bisnis yang berkontribusi besar terhadap laba induk perusahaan tetapi tetap saja masih ada banyak tantangan yang harus mereka hadapi.

Sekilas Mengenai Alibaba Cloud

Alibaba Cloud beridiri pada tanggal 10 September 2009 yang memiliki misi untuk membangun layanan cloud computing data-sentris yang canggih dan menjadi platform untuk berbagi data di internet.

Perusahaan ini berkomitmen supaya berinovasi pada teknologi di bidang internet dan e-commerce dan menarik kerjasama baik dengan perusahaan domestic maupun dengan perusahaan internasional.