Obat Keputihan Alami dengan Bahan-bahan Rumahan

Keputihan merupakan hal yang pasti dialami oleh setiap wanita setiap bulannya.Tetapi keputihan bisa juga terjadi karena bakteri dan jamur, sehingga harus segera diobati. Selain dengan obat-obatan dokter, keputihan juga bisa diobati dengan obat keputihan alami dan lebih aman untuk digunakan.

Keputihan memang sering membuat wanita merasa tidak nyaman. Apalagi keputihan yang terjadi karena penyakit, akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Obat alami untuk mengatasi keputihan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri ini ada bermacam-macam, dan ini di antaranya.

Kunyit

Selama ini  kunyit sudah terkenal sebagai tanaman apotek hidup yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain sebagi bumbu dapur, bahan jamu, kunyit juga dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab keputihan yang sering dialami oleh wanita.

Kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit, banyak yang mempercayai mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida Albicans dan bakteri penyebab keputihan.

Caranya penggunaannya juga cukup mudah. Bisa dengan cara Anda minum sebagai jamu,bisa juga dengan mengoleskan langsung ke area vagina.

Daun Sirih

Daun sirih juga sudah lama banyak yang mempercayai sebagai obat keputihan alami yang cukup ampuh. Hal ini karena daun sirih memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga mampu menyembuhkan keputihan.

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan daun yang sudah Anda tumbuk ke daerah vagina. Selain dengan cara mengoleskan daun sirih yang sudah ditumbuk, pengobatan juga bisa Anda lakukan dengan merebus daun sirih yang dicampur dengan sedikit garam.

Selanjutnya gunakan  air rebusan daun sirih dan garam tersebut untuk membersihkan atau mencuci vagina ketika masih hangat.

Yoghurt

Yoghurt adalah minuman yang probiotik yang mengandung bakteri Lactobacillus Acidophilus. Bakteri ini merupakan bakteri baik yang diperlukan untuk kesehatan ogan pencernaan ini ternyata juga baik untuk membunuh bakteri pada area vagina yang sering menjadi penyebab  keputihan.

Cara mengobati keputihan adalah dengan mengoleskan yoghurt pada area vagina secara teratur. Sebelumnya pastikan  tangan dan area vagina sudah Anda bersihkan terlebih dahulu. Selain itu, yoghurtnya adalah yoghurt tawar tanpa gula, karena gula justru memicu berkembangnya bakteri.

Minyak Kelapa Murni

Kelapa memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya adalah minyak kelapa murni yang bisa Anda gunakan untuk mengobati infeksi jamur pada vagina yang menyebabkan keputihan. Cara pengobatannya, hanya dengan mengoleskan minyak kelapa murni ke area vagina.

Jahe

Mengobati keputihan yang penyebabnya karena jamur dan bakteri, juga bisa menggunakan jahe. Untuk mengobati keputihan ini, biasanya jahe sudah terolah dalam bentuk ekstrak yang bercampur dengan krim. Ekstrak jahe ini juga bisa mengobati keputihan yang terjadi akibat adanya infeksi.

Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa Anda jadikan obat keputihan alami yang cukup efektif. Menurut penelitian, lidah buaya ini memiliki kandungan antiradang, antibakteri, dan antioksidan di dalamnya. Oleh karena itu, lidah buaya juga sering menjadi pilihan untuk mengobati keputihan.

Cara pengobatannya cukup dengan mengoleskan lendir lidah buaya ke area vagina. Selain bisa membunuh bakteri dan jamur penyebab keputihan, lidah buaya juga bisa mengurangi gatal-gatal yang terjadi di area vagina akibat adanya iritasi pada daerah tersebut.

Madu

Bukan hanya dikonsumsi sebagai campuran minuman dan makanan  yang menyehatkan, madu ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan keputihan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Hal ini karena madu memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan juga antijamur.

Penggunaan bakteri untuk obat keputihan adalah dengan mencampur madu dengan sedikit yoghurt. Ini karena campuran madu dan yoghurt sangat efektif untuk membuhuh bakteri dan jamur penyebab keputihan. Kemudian, oleskan campuran ini ke daerah vagina yang mengalami keputihan.

Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki manfaat kesehatan paling banyak. Kandungan allicinnya, serta sifat antibakteri dan antijamur,membuat bawang putih juga mampu mengobati keputihan yang penyebabnya adalah bakteri dan jamur.

Bawang putih bisa mencegah berkembangnya bakteri dan jamur dengan cara mengkonsumsinya dalam makanan. Sedangkan untuk pengobatan, bisa Anda lakukan dengan cara mengoleskan bawang putih yang sudah Anda tumbuk halus ke daerah vagina yang mengalami keputihan.

Minyak Oregano

Minyak oregano ternyata juga bisa Anda gunakan untuk mengobati keputihan. Jenis minyak ini juga memiliki kandungan antiradang, antibakteri dan antijamur sehingga efektif untuk menyembuhkan keputihan karena jamur, bakteri dan akibat peradangan yang terjadi.

Cara mengobati keputihan dengan menggunakan bahan ini  adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak oregano dengan sedikit minyak kelapa murni atau minyak zaitun, dan oleskan ke daerah vagina. Pengobatan bisa Anda lakukan 2 kali sehari setiap harinya, sampai keputihan menghilang.

Keputihan memang bisa terjadi pada setiap wanita. Tetapi bila keputihan yang terjadi karena bakteri dan jamur, maka harus segera Anda obati agar tidak semakin parah. Di sini menggunakan obat keputihan alami dinilai cukup aman karena tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.