32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaObat Alami Untuk Sariawan yang Sudah Populer

Obat Alami Untuk Sariawan yang Sudah Populer

Selain menggunakan obat yang dari apotek, sariawan juga bisa Anda sembuhkan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Obat alami untuk sariawan ini lebih banyak orang pilih, karena mereka nilai lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia, dan tentunya juga lebih murah.

Bahan-bahan untuk mengobati sariawan ini bisa berasal dari bahan-bahan yang ada di sekitar, termasuk berasal dari bahan yang Anda gunakan untuk memasak. Apa saja obat sariawan yang berasal dari bahan alami, dan bagaimana menggunakannnya? Berikut ini penjelasannya.

Air Garam

Garam sudah bisa kita pastikan ada di setiap rumah. Selain sebagai bumbu masak, ternyata garam juga bisa untuk mengobati sariawan. Garam terkenal bersifat antiseptik, sehingga bahan ini bisa Anda gunakan untuk membunuh kuman dan bakteri yang menjadi penyebab sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan menggunakan garam adalah dengan cara melarutkan ½ sendok teh garam dengan segelas air hangat. Kemudian, larutan air garam tersebut digunakan untuk berkumur. Kandungan antiseptik pada garam akan membantu membunuh bakteri dan menyembuhkan sariawan.

Madu

Madu juga merupakan obat alami untuk sariawan yang bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Bahan ini ini memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Dengan sifat ini, madu bisa membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut sebagai penyebab sariawan.

Penggunaan madu untuk mengobati sariawan bisa Anda lakukan dengan mengoleskan pada mulut yang luka. Karena madu merupakan bahan alami yang bisa Anda konsumsi, sehingga  obat  ini juga aman untuk Anda berikan kepada anak-anak.

Minyak Kelapa

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sariawan adalah minyak kelapa. Seperti madu, minyak kelapa ini juga memiliki sifat antiradang dan antimikroba, sehingga bisa Anda gunakan untuk mengobati sariawan karena jamur atau mikroba dan juga akibat peradangan.

Penggunaanya juga hampir sama dengan menggunakan madu, yaitu dengan mengoleskan pada bagian mulut yang luka. Selain bisa membunuh jamur dan bakteri, minyak kelapa ini juga bisa sebagai pelembab, sehingga bisa membuat mulut atau bibir yang luka menjadi lemas dan tidak kaku.

Cammomile

Cammomile sering tersedia dalam bentuk kemasan minuman teh. Teh  Cammomile berasal dari tanaman bunga cammomile yang juga memiliki sifat anti radang dan antibakteri. Dengan demikian minuman ini juga bisa untuk menyembuhkan sariawan yang terjadi akibat peradangan.

Penggunaannya cukup dengan mengompres kantong teh cammomile yang sudah Anda basahi dengan air hangat pada bagian yang terkena sariawan. Diamkan selama beberapa menit, sampai luka terasa lebih lemas. Selain itu, teh cammomile ini juga bisa digunakan dengan cara berkumur.

Baca:  Doa Minta Hujan Berhenti Seketika

Lidah Buaya

Bukan hanya sebagai bahan kecantikan atau bahan minuman. Lidah buaya juga bisa Anda gunakan sebagai obat alami untuk sariawan. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi serta mengandung zat antioksidan dan bersifat antiradang dan antibakteri.

Baca:  Aplikasi Trading Saham, Ketahui Cara Memilihnya

Zat-zat yang ada dalam lidah buaya tersebut terbukti bisa mempercepat penyembuhan pada sariawan. Selain itu lidah buaya juga bisa melembabkan bibir, sehingga bagian yang luka tidak kaku dan terasa sakit. Caranya cukup dengan mengolesakan daging lidah buaya pada bagian yang luka.

Yoghurt

Yoghurt dikenal sebagai minuman yang mengandung bakteri baik yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Tetapi yoghurt juga bisa Anda gunakan sebagai obat untuk membantu menyembuhkan sariawan, dengan kandungan bakteri baiknya.

Yoghurt bisa mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat yang ada di dalam mulut. Minum yoghurt secara teratur akan membuat bakteri baik di dalam mulut tetap terjaga, sehingga bisa terhindar dari sariawan. Sebaiknya pilih yoghurt tawar untuk pengobatan sariawan tersebut.

Lemon

Lemon sudah terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Dengan demikian lemon ini mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C, dan juga membantu menyembuhkan sariawan yang terjadi di area mulut.

Menggunakan lemon untuk mengobati sariawan cukup dengan menambahkan perasan air lemon ke dalam air hangat dan meminumnya. Selain itu, bisa juga Anda lakukan dengan cara berkumur dengan menggunakan campuran air lemon tersebut.

Kunyit

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobatai sariawan adalah kunyit. Kunyit terkenal sebagai bumbu masak sekaligus bahan membuat jamu. Kandungan yang ada dalam kunyit adalah kurkumin yang bersifat antiinflamasi,dan bisa juga bersifat antijamur.

Dengan demikian, kunyit juga bisa untuk menyembuhkan sariawan. Sifat antijamurnya bisa untuk membunuh jamur penyebab sariawan. Penggunaannya bisa dengan cara Anda minum sebagai jamu, atau bisa juga dengan mengoleskannya ke bagian yang sakit.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antijamur yang terbukti ampuh untuk membunuh jamur candida yang menyebabkan sariawan di mulut. Penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh cuka apel dengan segelas air dan menggunakannya untuk berkumur.

Banyak bahan-bahan yang ada di dalam rumah yang bisa Anda gunakan sebagai obat alami untuk sariawan. Dengan memilih obat alami ini, bisa terhindar dari efek samping penggunaan bahan kimia. Selain itu, obat alami juga lebih murah, dan yang pasti,sariawan bisa segera sembuh.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer